Home » » PENGERTIAN SOSIOLOGI

PENGERTIAN SOSIOLOGI

Pengertian Sosiologi
Ditinjau secara etimologis, istilah sosiologi berasal dari bahasa Latin, yaitu Socius dan Logos. Socius berarti teman sebaya atau kawan. Manusia hidup tidak hanya mempunyai satu kawan, namun banyak kawan, hubungan antarkawan dapat diartikan pula sebagai pergaulan hidup. Logos, artinya kata atau berbidara.


Jadi, secara harfiah sosiologi berarti membicarakan atau memperbincangkan pergaulan hidup manusia. Pengertian terebut akhirnya diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang membahas dan memperlajari kehidupan manusia dalam masyarakat.    

Sedangkan menurut Wikipedia dalam terjemahan bebasnya, Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.[rujukan?] Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Berdasarkan sejarahnya Sosiologi termasuk ilmu yang paling muda dibandingkan dengan ilmu-ilmu sosial yang ada. Baca Sejarah Sosiologi dan Perkembangannya disini !!



                       

0 komentar:

Poskan Komentar

KOTAK PENCARIAN