PENGERTIAN VIRUS KOMPUTER DAN CARA MENGATASINYA

Virus komputer, komputer terinfeksi virus
Pengertian Virus
Virus adalah suatu program atau software yang dibuat dengan maksud untuk merusak atau mengganggu kinerja suatu komputer. Software seperti ini dapat merusak isi file, bahkan ada yang sampai merusak sistem operasi dan jaringan komputer dengan cara merusak berbagai data yang ada di dalamnya. Keberadaan virus pada suatu komputer sulit terdeteksi, kecuali kita telah memasang software anti-virusnya. Biasanya pemakai komputer baru menyadari komputernya telah tertular virus setelah terjadi kerusakah pada sistem komputer itu.
Penyebaran Virus
Virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya lewat berbagai media misalnya lewat floppy disk, flash disk, memmory card atau media lainnya. Virus juga dapat menyebarkan pada jaringan computer melalui e-mail dan situs internet yang buruk.

Kebanyakan virus hanya merusak jenis file tertentu. Ketika file yang terinfeksi virus itu dibuka oleh computer, maka virus tadi akan menyebar ke file-file yang jenisnya sama, sehingga akan banyak file yyang terinfeksi virus. Jika salah satu file yang terinfeksi virus itu dikirim ke computer lain, maka virus tadi akan menyebar pada komputer yang akan menerima file tadi.

Cara Mengatasi dan Menanggkal Virus Komputer
Sangatlah penting untuk menjaga komputer kita agar terhindar dari infeksi dan serang virus. Salah satunya dengan menginstal software yang dapat mengecek keberadaan suatu virus sebelum virus tersebut merusak software sistem komputer kita. Software anti virus bisa didapatkan dengan membeli program tersebut. Program ini dapat mendeteksi dan menghilangkan virus yang ditemukan pada komputer kita. Program inipun secara otomatis akan mengecek floppy disk dan e-mail attachment agar bersih dari virus. Jika kita telah menginstal suatu software anti-virus, maka kita harus selalu meng-update-nya dengan edisi terbaru. Hal ini perlu dilakukan karena setiap saat selalu ditemukan varian virus-virus baru, sehingga perlu diadakan penyempurnaan pada software anti-virus yang dipakai agar dapat menangkal virus-virus baru tersebut.

Tetapi jika kita tidak bisa menginstal program anti-virus, maka hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencegah masuknya virus ke komputer kita adalah :
  • Hindari menggunakan flash disk milik orang lain yang tidak terjamin kebersihan datanya, karena disk tersebut mungkin saja mengandung virus.
  • Hati-hati membuka situs-situs internet yang tidak jelas asalnya
  • Gunakan selalu software original yang berlisensi.
  • Jangan pernah membuka attchment (file sisipan) pada email selain yang berasal dari orang yang kita percaya dan terjamin tidak mengandung muatan virus tertentu.
  • Buatlah selalu back-up dari seluruh data yang kita miliki untuk meminimalisasi kerugian akibat serang virus. Karena virus dapat membuat kita kehilangan data-data penting yang masih kita butuhkan.
Demikian pengertian virus komputer dan cara mengatasinya dan menangkalnya agar komputer kita aman dari infeksi serangan virus yang membahayakan ini, semoga bermanfaat. terimakasih. 



February 14, 2014

1 comments:

  1. kunjung balik
    http://jagatblogz.blogspot.com/

    ReplyDelete