ARTI DAN MAKNA LAMBANG LOGO SEKOLAH DASAR SD NEGERI

Visiuniversal ---Sekolah Dasar adalah salah satu program pendidikan sekolah formal yang ada di negara kita. Sekolah dasar (disingkat SD; bahasa Inggris: Elementary School atau Primary School) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sehingga pendidikan di sekolah dasar dengan ruang lingkupnya mencakup materi ke SD-an yang merupakan bagian intergral dari pendidikan Indonesia yang melakukan pembelajaran yang seyogyannya diselenggarakan sepanjang hayat sebagai bagian pendidikan seumur hidup. 

Berikut ini adalah arti dan makna lambang Sekolah dasar SD negeri yang sering kita lihat dipakai di sekolah atau pakaian seragam anak-anak sekolah dasar. sebagai berikut :

Logo SD


Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga

Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.


Buku terbuka

Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.


Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas

Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.


Warna coklat 

Warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.


Warna merah putih 

Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.


Tulisan SD 

Artinya tingkatan Sekolah Dasar.


Bangunan /Rumah 

Tempat putra putri menuntut ilmu.


Demikian pengertian dan makna lambang dan logo Sekolah Dasar SD Negeri sebagai salah satu pendidikan Formal di Indonesia. terimakasih sudah berkunjung ke blog visiuniversal ini. Semoga sukses selalu.



March 07, 2014

6 comments: