CARA IDENTIFIKASI KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF)

Warga belajar Paket C
Proses identifikasi kelompok belajar adalah proses penemuan kelompok sasaran yang akan dijadikan sebagai mittra kerja FPBI dalam melaksanakan kegiatan usaha yang telah ditetapkan, melalui kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan ini meliputi bagian-bagian seperti di bawah ini :

A. Tujuan
Kegiatan identifikasi kelompok belajar ini, bertujuan untuk mencari calon mitra kerja FPBI dalam melaksanakan usahanya, supaya dapat memenuhi kebutuhan dari aspek-aspek yang diperlukan oleh FPBI, Supaya pelaksanaan usaha dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan.

B. instrumen
Instrumen yang dapat dipergunakan dalam kegiatan identifikasi kelompok belajar adalah, sebagai berikut:
    No.
    Indikator
    Kondisi
    Ket
    Baik
    Tidak baik
    1.
    Warga Belajar



    2.
    Panti Belajar



    3.
    Sarana Prasarana



    4.
    Tenaga Pendidik



    5.
    Pengelola



    6.
    Dana



    7.
    Hasil Belajar



    8.
    Proses Belajar



    9.
    Ragi belajar



    10.
    Evaluasi



1. Nama kelompok belajar, dengan kriteria-kriteria sebagai berikut  :
- Nama Kelompok Belajar
- Jenis Usaha
- Berdiri
- Jumalh warga belajar
- Alamat 

2. Istrumen yang bisa dipergunakan untuk menggali potensi yang dimiliki kelompok belajar sebagai berikut : 



C. Proses
  1. Mendatangi kelompok yang mempunyai aspek yang dibutuhkan oleh FPBI dan mengidentifikasi aspek yang ada pada kelompok belajar, sebagai bahan untuk menentukan kelompok belajar yang akan menjadi mitra usaha.
  2. Menyebarkan informasi melalui selebaran yang berisi tentang FPBI yang sedang membutuhkan kelompok belajar untuk dijadikan mitra usaha.
  3. Mendatangi SKB/BPKB untuk meminta informasi berkenaan dengna kelompok belajar yang mempunyai aspek yang dibutuhkan oleh FPBI untuk melaksanakan usaha.
  4. Melaksanakan konfirmasi dengang TLD maupun penilik, tentang keberadaan kelompok belajar yang sesuai dengan kebutuhan untuk melaksanakan usaha.
  5. Mendapatkan data tentang kelompok belajar yang bisa dijadikan mitra kerja oleh FPBI, beserta aspek-aspek yang dipunyai oleh kelompok belajar masing-masing dibandingkan dengan kriteria yang dibutuhkan oleh FPBI sendiri. Setelah proses perbandingan ditempuh, maka tentukanlah kelompok belajar yang akan menjadi mitra kerja dalam melaksanakan usaha.
D. Hasil dari tahapan kegiatan identifikasi kelompok belajar, adalah terdapatanya data-data kelompok belajar yang bisa dijadikan mitra kerja, sebagai bahan untuk memilih dan menentukan kelompok belajar mana yang akan ditentukan sebagai mitra kerja.

adapun data-data tersebut akan memuat tentang :
  1. Daftar nama-nama kelompok belaja yang mempunyai aspek yang dibutuhkan oleh FPBI untuk melaksanakan usaha.
  2. Daftar alamat mitra kerja
  3. Daftar aspek-aspek (komponen-komponen) yang dimiliki oleh kelompok belajar, yang akan menjadi mitra kerja FPBI dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha.
Sumber : Dirangkum dari buku Model Pemberdayaan Forum Pamong Belajar Indonesia (FPBI) tahun 2009.



October 02, 2014

0 comments:

Post a Comment