MEMAHAMI KALIMAT ELIPTIK (ELIPTIK SENTENCE) DALAM BAHASA INGGRIS

Warga belajar--sekalian berikut ini kita akan lanjutkan pembahasan Materi Pelajaran Bahasa Inggris, kali ini tentang memahami kalimat Eliptik atau Eliptik sentence seperti berikut ini:

Dialoque
Yanti    : Do you watch television everyday
Yanti    : Yes, I do. I always watch television. Because I can learn many things, for example I can learn english In the english program. I also can learn music and new technology.
Tati     :  I do too.
Yanti     : But I don't watch television in the afternoon, because I go to the market to help my motherf selling kichen utensil (Perkakas/alat-alat daput untuk rumah tangga). Do you watch television in the afternoon?


Dalama percakapan di atas terlihat pola kalimat eliptik yang kali ini akan kita bahas. Pada percakapan tersebut ada kalimat yang dikatakan Tati yaitu I do too. Di sini "Too" adalah kata yang mengungkapkan dua hal yang sama-sama positif.

I dont't either

either adalah kata yang mengungkapkan dua hal yang sama-sama negatif. Untuk jelasnya perhatikan penjelasan pola kalimat berikut. Dalam kegiatan ini diperkenalkan pola kalimat eliptik (eliptic) yang menggunakan kata-kata too, either, so, neither. Pelajarilah contoh-contoh serta keterangan di bawah ini:

1. Tati goes to SMP 1. I do too
2. Tati goes to SMP 1, and I do too
3. Tati goes to, SMP 1, and so do I
4. Budi doesn't speak english. I don't either
5. Budi doesn't speak english. Neither do I

Dua kalimat yang mengandung predikat yang sama, positif atau negatif, dapat dihubungkan dengan memendekan kalimat kedua dan memakai too/ so atau either dengan atau tanpa didahului oleh and.

Dalam penggunaannya dapat kita temukan dua bentuk frase kalimat eliptik, yaitu:

1. Kalimat Eliptik dengan frase Prediksi Positif
Untuk menghubungkan dua kalimat positif digunakan and...too atau so...too. Kalau kalimat pertama tidak mengandung verba bantu (auxilary) atau verba am, was, were, maka kalimat kedua yang dipendekan memakai verb do, does, atau did. Kalau kalimat pertama mengandung kata kerja bantu, maka verb bantu itu diulangi sesuai dengan bentuknya. Kalau kalimat pertama mengandung salah satu dari bentuk to be sebagai verbanya, maka kata am, is, are, was atau were digunakan dalam kalimat eliptik dengan bentuk yang sesuai dengan objek pada kalimat kedua. Perhatikan pola kalimat eliptik dengan predikat positif berikut ini.
(and)...too.


Isti went to library and sita did too
Bima goes to SMP 1 and You do too
They can speak english and We can too
Budiman is a student and you are too

(and) so ...

Isti went to library did sita
Bima goes to SMP 1 do You
They can speak english can we
Budiman is a student are you


2. Kalimat Eliptik dengan frase Prediksi Negatif
Dua kalimat negatif digabungkan dengan menggunakan (and) ... either atau (and) neither ...'
Perhatikan pola, kalimat eliptik negatif dengan contoh berikut: (and) .... either.

Budi doesn't speak english and I don't either
He didn't go and We didn't either
They can't come and I can't either
You aren't a student Nina Isn't either.



October 01, 2014

0 comments:

Post a Comment