HEBATNYA KHASIAT BUAH TERONG DAN SAYUR BAYAM

Suka dengan janis makanan dari masakan lalapan, dalam lalapan sering kita menyajikan buah terong dan sayur bayam. Dua jenis sayuran ini tidak boleh dianggap enteng, karena ia tidak hanya sedap dan enak dimasak sebagai sayur lalapan. Juga jika diolah secara sehat dan dikonsumsi teratur,  membantu kesehatan tubuh dan beberapa penyakit dapat dicegah, bahkan dapat disembuhkan.

Tidak ada orang yang tak mengenal terong dan bayam. Kedua bahan makanan ini termasuk populer dalam deretan sayur mayur. Terong terasa nikmat setelah dimasak menjadi sayur lodeh atau sambal terong. Makanan lezat juga bisa didapatkan dari olahan bayam, seperti sayur bening, gado-gado, pecel, dan lainnya.

FAKTA DIBALIK PENEMUAN KOREK API PERTAMA

Sebelum manusia mengenal korek api ada beberapa cara manusia menemukan sumber api. Salah satunya dengan menggunakan batu api yang bersumber dari alam. Pada jaman dahulu korek api juga dibuat dari urine (air seni)? Mengapa korek bisa membuat api? Korek api, meski kecil manfaatnya luar biasa. Dengan benda itu kita bisa membuat api. Tahukah kamu,
Korek api memang murah. Satu kotak berukuran kecil harganya sekarang berkisar seribu rupiah. 

7 MANFAAT PENTINGNYA MENGIKUTI OSIS

Bagi kamu sudah berada pada sekolah tinggkat lanjutan, maka pasti sudah mengenal OSIS yang ada disekolah kamu, pertama kali diperkenalkan ketika kita memasuki orientasi sekolah saat masuk sekolah lanjutan, baik sekolah lanjutan pertama (SMP) ataupun sekolah lanjutan atas (SMA). Organisasi intrasekolah atau sering disingkat menjadi OSIS adalah salah satu wadah yang disediakan oleh sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Osis adalah organisasi siswa yang ada di SMP dan SMA. Sementara itu, di perguruan tinggi, organisasi mahasiswa disebut dengan Senat, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)/ atau Dewan Mahasiswa (DM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Osis disediakan oleh sekolah bagi siswa untuk memberikan siswa kesempatan belajar berorganisasi, belajar memimpin dan dipimpin, bersosialisasi, berdiskusi, dan sebagainya.

PENGERTIAN ANTROPOLOGI

Antropologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang berdasarkan rasa ingin tahu yang tiada terbatas tentang manusia. Antropologi berasal dari bahasa Yunani, anthropos beberarti manusia, dan logos berarti kajian. Jadi makna harfiahnya adalah kajian tentang manusia. Alfred Kroeber (1948) mengartikan antropologi sebagai "the science of man and his work and behavior". yaitu Ilmu tentang tingkah laku manusia dan hasil pekerjaannya. 

Hal yang unik dari antropologi adalah pendekatannya yang bersifat holistik dalam mengkaji manusia. Ahli-ahli antropolig tidak hanya mengkaji seluruh kondisi manusia tetapi juga mengkaji banyak aspek pengalaman manusia. Misalnya, apabila mendeskripsikan sekelompok orang yang telah ia kaji, seorang ahli antropologi menggambarkan suatu bagian sejarah tempat yang ia kaji, lingkungan hidup, cara kehidupan keluarga, pola perkampungan, sistem politik, ekonomi, agama, seni, pakaian dan bahasa (Kottak 1975).


Baca juga Pengertian dan Ruang lingkup Antropologi di sini !!

JUKNIS PANDUAN LOMBA APRESIASI PTKPAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2014


di sini 
atau kalu belum bisa coban di sini!



SOAL SOSIOLOGI UK DINAMIKA KEBUDAYAAN KELAS XI

Soal Essay:

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat

1. Jelaskan pengertian kebudayaan baik secara etimologi maupun dari konsep ilmu pengetahuan
2. Budaya berkaitan dengan situasi masyarakat, Bagaimana pendapat anda tentang hal tersebut?
3. Apa yang dimaksud dengan pernyataan bahwa kebudayaan diperoleh dari proses belajar?
4. Dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan dinyatakan membantu manusia. Bagaimana menurut anda?
5. Mengapa bahasa dianggap sebagai salah satu unsur kebudayaan?
6. Apa yang dimaksud dengan sistem religi? Apakah sama atau berbeda dengan agama?
7. Bagaimana perbedaan antara kebudayaan tandingan dan kebudayaan menyimpang?
8. Apa yang terjadi dalam proses sosialisasi? Bagaimana dalam kebudayaan keseharian Anda?
9. Bagaimana perbedaan internalisasi dan sosialisasi?
10. Uraikan secara singkat tentang dinamika kebudayaan!

ARTI DAN MAKNA LAMBANG LOGO TUTWURIHANDAYANI

Berikut ini adalah arti dan makna lambang Logo Tutwurihandayani yang merupakan simbol dan lambang pendidikan nasional di Indonesia sebagai berikut :

ARTI DAN MAKNA LAMBANG LOGO SEKOLAH DASAR SD NEGERI

Logo SD
Berikut ini adalah arti dan makna lambang Sekolah dasar SD negeri yang sering kita lihat dipakai di sekolah atau pakaian seragam anak-anak sekolah dasar. sebagai berikut :

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga :
Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.

MULTIPLE INTELEGENCES (KECERDASAN JAMAK)

Kecerdasan merupakan ungkapan dari cara berpikir seseorang yang dapat dijadikan modalitas belajar. Kecerdasan bagi seseorang  memiliki manfaat yang besar bagi dirinya sendiri dan bagi pergaulannya di masyarakat karena dengan tingkat kecerdasan yang tinggi seseorang akan semakin dihargai di masyarakat apalagi apabila ia mampu berkiprah dalam menciptakan hal-hal baru yang bersifat fenomenal.

Howard Gardner menyatakan bahwa  kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menciptakan produk yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya dan masyarakat. Berbagai penelitian Gardner telah meruntuhkan dua asumsi  umum tentang kecerdasan, yaitu: kecerdasan manusia bersifat satuan dan bahwa setiap individu dapat dijelaskan sebagai makhluk yang memiliki kecerdasan yang dapat diukur dan tunggal. Dalam studinya tentang kecerdasan manusia ditemukan bahwa pada hakikatnya setiap manusia memiliki tujuh (kemudian ditambahkan dua menjadi sembilan) spektrum kecerdasan yang berbeda-beda dan menggunakannya dengan cara-cara yang sangat individual. Teori kecerdasan ini disebut dengan teori kecerdasan jamak atau dikenal sebagai multiple intelligences.
    
Multiple intellegence adalah sebuah penilaian yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu. Pendekatan ini merupakan alat untuk melihat bagaimana pikiran manusia mengoperasikan dunia, baik itu benda-benda yang konkret maupun hal-hal yang abstrak. Bagi Gardner tidak ada anak yang bodoh atau pintar, yang ada anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Dengan demikian, dalam menilai dan menstimulasi kecerdasan anak, orang tua dan guru selayaknya dengan jeli dan cermat merancang sebuah metode khusus.
    
Gardner mengemukakan definisi kecerdasan yang berbeda untuk mengukur cakupan yang lebih luas potensi manusia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Gardner membaginya dalam 8 kecerdasan yang terdiri dari Word Smart (kecerdasan linguistik), Logic Smart (kecerdasan logika matematika), Body Smart (kecerdasan fisik), Picture Smart (kecerdasan visual spasial), Self Smart (kecerdasan intrapersonal), People Smart (kecerdasan interpersonal), Music Smart (kecerdasan musikal), dan Nature Smart (kecerdasan naturalis). Kedelapan kecerdasan tersebut dapat saja dimiliki individu, hanya saja dalam taraf yang berbeda, selain itu kecerdasan ini juga tidak berdiri sendiri, terkadang bercampur dengan kecerdasan yang lain.
Implikasi teori multiple intelligences dalam proses pendidikan dan pembelajaran adalah bahwa pengajar perlu memperhatikan modalitas kecerdasan dengan cara menggunakan berbagai strategi dan pendekatan sehingga anak akan dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat dipilih sehingga sesuai dengan cara dan gaya belajar anak. Hal ini merupakan kekuatan agar anak dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan yang lebih penting adalah rasa senang dan nyaman dalam belajar dan dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya yang berbeda-beda tersebut.

Kita sebagai orang tua, sebagai guru dan sekaligus sebagai masyarakat yang menekuni bidang pendidikan haruslah sadar bahwa mempersiapkan generasi muda kita agar mampu menghadapi Era Globalisasi tahun 2020-2040 nanti adalah tugas dan tanggung jawab kita semua.  Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang itu itu kita akan berhadapan pada pertanyaan-pertanyaan seperti : apakah potensi bawaan itu, kapan dan bagaimana potensi bawaan itu terbentuk, apa saja yang mempengaruhi, bagaimana agar potensi bawaan itu berkembang ke arah yang optimal .  Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini hanya akan di dapatkan jika kita mau dan memulainya dari sekarang  untuk mencari tahu.  Oleh sebab itu, agar supaya potensi-potensi anak ini dapat terwujud dengan optimal terutama yang berhubungan dengan kecerdasan kinestetik, maka perlu ditetapkan baik tujuan secara umum maupun tujuan secara khususnya.

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber!!

MASALAH PENYALAH GUNAAN NARKOBA DIKALANGAN REMAJA SISWA

Masalah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan pelajar dapat dikatakan sulit di atasi, karena penyelesaiannya melibatkan banyak faktor dan kerjasama dari semua pihak yang bersangkutan, seperti pemerintah, aparat, masyarakat, media massa, keluarga, remaja itu sendiri, dan pihak-pihak lain. Dikatakan, penyalahgunaan narkoba terjadi karena korban kurang atau tidak memahami apa narkoba itu sehingga dapat dibohongi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (pengedar). Keluarga, orang tua tidak tahu atau kurang memahami hal-hal yang berhubungan dengan narkoba sehingga tidak dapat memberikan informasi atau pendidikan yang jelas kepada anak-anaknya akan bahaya narkoba. Kurangnya penyuluhan dan informasi di masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Untuk itu penyuluhan dan tindakan edukatif harus direncanakan, diadakan dan dilaksanakan secara efektif dan intensif kepada masyarakat yang disampaikan dengan sarana atau media yang tepat untuk masyarakat.

CONTOH INSTRUMEN SERTIFIKASI GURU



INSTRUMEN SERTIFIKASI GURU
IDENTITAS PESERTA

KUMPULAN LENGKAP ALAMAT PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS DI INDONESIA

Buat kalian para siswa yang sudah melewati tahap akhir perjalan sekolah lanjutan tinggkat atas dan mencari-cari alamat lengkap peguruan tinggi atau universitas di Indonesia, untuk melanjutkan kuliah diperguruan tinggi yang kalian inginkan, berikut kumpulan alamat peguruan tinggi atau universitas di Indonesia tersebut :

UNIVERSITAS INDONESIA (UI)
Alamat : Depok 16424 Jl Salemba Raya 4, Jakarta
Telp : (021) 786722
Fax : (021) 7270017
Email : weboffice@ui.ac.id, humas-ui@ui.ac.id
Website : http://www.ui.ac.id

KUMPULAN RUMUS MATEMATIKA BANGUN RUANG

Rumus Bangun ruang ,kubus, balok prisma segitia, kerucut
KUBUS

 VOLUME  = luas segi empat x tinggi x sisi x sisi x sisi 

a x a x a



BALOK

VOLUME = luas alas x tinggi luas persegi panjang x tinggi

a x t x T



CARA SEDERHANA MEMBUAT KERUPUK KETAN

Berikut ini cara sederhana untuk membuat kerupuk ketan buat warga belajar yang hasilnya dapat dinikmati bersama keluarga atau mungkin nanti ada yang ingin mengembangkan usaha membuat kerupuk ketan.

Bahan yang digunakan:

a. Beras ketan


PENGERTIAN BELAJAR DAN MACAM-MACAM TEORI BELAJAR

Siswa belajar
Dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terjadi sebuah proses yaitu interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa jika terjadi kegiatan belajar kelompok. Dalam interaksi tersebut akan terjadi sebuah proses pembelajaran, pembelajaran secara umum didefinisikan sebagai suatu proses yang menyatukan kognitif, emosional, dan lingkungan pengaruh dan pengalaman untuk memperoleh, meningkatkan, atau membuat perubahan’s pengetahuan satu, keterampilan, nilai, dan pandangan dunia (Illeris, 2000; Ormorod, 1995).

CONTOH SOAL CERDAS CERMAT UUD 1945 DAN KETETAPAN MPR RI

SOAL REBUTAN CERDAS CERMAT UUD 1945 DAN KETETAPAN MPR RI

1. Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik, yang pemerintahannya dipimpin oleh seorang presiden, Pasal, dan Ayat berapa dalam Undang-Undang Dasar menjelaskan hal tersebut? ..Jawaban: Pasal 1 ayat 1

2. Setelah perubahan, Undang-Undang Dasar terdiri atas Pembukaan dan Pasal-Pasal. Jumlah Bab, Pasal, dan Ayat dalam Undang-Undang Dasar setelah diubah adalah… Jawab: 21 Bab, 73 Pasal, dan 170 Ayat

CARA PENDEKATAN MEMBACA PUISI SISWA

Lomba Baca Puisi
Membaca puisi dalam konsepsi ini menurut penulis diarahkan pada dua pengertian yaitu: Pertama, membaca puisi dalam rangka memahami, mengapresiasi, dan menyelami puisi baik secara kontemplatif ataupun imajinatif. Kedua membacakan puisi dengan kemampuan reflektif dengan bentuk penyajian visual yang berpedoman pada pemahaman interpretasi (penghayatan), penghayatan ekspresi vokal, visual dan olahtubuh, dan pemahaman kreativitas. 

Membaca puisi termasuk dalam bagian apresiasi sastra. Oleh para ahli disepakati, bahwa pengajaran apresiasi ini hendaknya dijadikan aspek sentral dalam pengajaran sastra. Pengajaran itu sendiri pada hakikatnya adalah salah satu aspek dari pendidikan. Pendidikan bertujuan memberikan pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman. Oleh karena itu, keseimbangan dapat dicapai. Apabila keseimbangan itu telah dicapai, manusia akan dapat menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik (Rusyana, 1989: 17).

Cari Artikel