GAYA GRAVITASI DAN GRAVITASI BUMI

Pengertian Gaya Gravitasi
Gaya gavitasi bumi adalah gaya tarik bumi terhadap benda-benda yang berada di atasnya. Ada beberapa teori gravitasi yang masih dalam penelitian. Ada juga teori yang mengatakan bahwa ini terjadi karena adanya partikel "gravitron" di dalam setiap atom. Atau ada teori yang mengatakan karena massa bumi sangat besar berbanding benda-benda yang berada di atasnya sehingga akan menimbulkan gaya tarik. Saya juga belum bisa memahami latar belakang gaya gravitasi itu terjadi secara ilmiah. Selain bumi, antar planet juga terjadi tarik menarik. Matahari juga mempunyai gaya gravitasi yang mengakibatkan planet-planet mengitarinya secara terus menerus.

Penemu Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi ditemukan oleh Isaac Newton seeorang yang disebut sebagai "Bapak fisika". Isaac Newton merupakan ahli fisika, matematika, kimia, astronomi dan filsafat. Bisa anda bayangkan betapa sudah pintarnya otak orang zaman dulu yang bisa menguasai beberapa ilmu kelas berat secara sekaligus. Alkisah katanya Isaac Newton menyadari adanya gaya gravisati karena buah apel yang jatuh mengenai kepalanya. Tapi saya juga tidak memastikan validitas informasi ini. Sambil belajar duduk dibawah pohon apel tersebut, Isaac Newton mengamati dan terpikir dalam benaknya bahwa adanya suatu kekuatan yang membuat apel itu terjatuh.

Contoh Gaya Gravitasi
Buah-buahan yang jatuh dari pohonnya adalah merupakan contoh gaya gravitasi. Semua benda yang ada di bumi ini akan jatuh ke tanah apabila tidak ada yang menyangganya di suatu ketinggian. Yang pasti Tuhan merancang gaya gravitasi ini dengan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan semua mahluk bumi. Coba anda bayangkan jika bumi tempat kita berpijak ini tidak ada gaya gravitasi, betapa susahnya semua benda tidak bisa disusun karena bertebaran, dan banyak lagi masalah lain yang akan timbul jika tidak ada gaya gravitasi bumi. Contoh lain gravitasi bumi adalah gaya tarik bumi terhadap bulan sebagai satelit.

Sumber referensi : Wikipedia

CARA MENYUSUN RANCANGAN PENELITIAN SOSIAL




Buku untuk penelitian, literatur,
Para Warga Belajar sekalian, berikut ini pada mata pelajaran  Sosiologi  kita akan membahas tentang bagaimana “Menyusun Rancangan Penelitian Sosial”. Diharapkan dengan mempelajari cara menyusun rancangan penelitian sosial ini kalian akan mampu membuat penelitian mulai dari tahapan perencanaan dan perancangan penelitian hingga pada akhir evaluasi dan pelaporan penelitian. Adapun materi pokok yang akan kita bahas adalah mengenai :
1.         Pengertian penelitian
2.         Menentukan topik penelitian
3.         Merumuskan dan memilih pertanyaan-pertanyaan penting penelitian
4.         Memilih subyek (populasi dan sampel) penelitian
5.         Mengenal jenis-jenis data yang akan dikumpulkan (data primer dan data skunder)
6.         Mengenali dua pendekatan utama penelitian (pendekatan kuantitatif dan kualitatif).

RAHASIA DI BALIK PENCIPTAAN KEYBOARD PAPAN KETIK KOMPUTER

Tahukah kamu papan ketik yang sedang ada dihadapan kamu itu, ternyata memiliki rentang sejarah dari kelahiran dan penciptaannya. Pada awalnya penciptaan papan ketik komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Papan ketik komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat masukkan dan keluaran.

PENEMUAN LALAT GANAS TERKECIL PEMENGGAL KEPALA

Beberapa waktu yang lalu, Sekelompok peneliti dan ahli serangga menemukan jenis baru lalat yang dinobatkan sebagai lalat terkecil di dunia. Dalam peneltian tersebut terungkap walaupun lalat ini termasuk lalat yang terkecil, tetapi jangan dianggap remeh karena ternyata cukup berbahaya, lalat terkecil ini ternyata mampu memenggal kepala serangga kecil lainnya, seperti seekor semut yang dengan mudah dibinasakannya.

Lalat tersebut ditemukan oleh tim peneliti yang tergabung dalam Thailand Inventory Group for Entomological Research di Taman Nasional. Penemuannya dipublikasikan di jurnal Annals of the Entomological Society of America.

9 PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM KESETARAAN PAKET A, B, C

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

MENGENAL DAN MEMAHAMI ARTI HURUF HIJAIYAH

Huruf Hijaiyah merupakan huruf penyusun kata dalam Al Qur an. Seperti halnya di Indonesia yang memilki huruf alfabet dalam menyusun sebuah kata menjadi kalimat, huruf hijaiyah juga memiliki peran yang sama

Arti huruf ;
Menurut bahasa artinya : Mata, tepi sesuatu, ujung
Menurut Istilah artinya : Suara yang berpegang/ tertekan kepada Makhrajnya.

Jika ditanyakan dari mana lahirnya huruf itu ?

Jawabannya:

Jika keluar nafas dan suara secara bersama-sama dari paru-paru manusia kemudian menekan salah satu bagian mulut, seperti ; tenggorokan, lidah atau bibir, maka itulah yang dinamakan huruf. dan Bagian mulut seperti tenggorokan, lidah, bibir dan sebagainya itulah yang dinamakan "Makhraj Huruf" (tempat keluarnya bunyi huruf).

Huruf-huruf hijaiyah yang terkandung di dalam Al-Qur'an, menurut para ulama' ahli Tajwid jumlahnya ada 29 huruf yaitu: 


Huruf Hijaiyah di atas dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Huruf Asliyah:

 Huruf Asliyah adalah huruf yang asli yang jumlahnya ada 29 huruf : dari huruf Alif s.d  Ya
ا ب ت ث خ ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه ء ي








2. Huruf Far'iyah 

Huruf Far'iyah, adalah huruf yang keluarnya dari dua makhraj huruf asliyah dan pengucapannyapun daru dua pengucapan huruf asliyah.
Huruf Far'iyah ini ada 8 buah yaitu :
a. Huruf Hamzah musahhalah
  • Ada yang keluar dari hamzah dan alif
  • Ada yang keluarnya dari antara hamzah dan ya'
  • Ada yang keluarnya dari antara hanzah dan wawu.
b. Huruf alif mumalah
c. Huruf shod musyammah
d. Huruf ya' musyammah
e. Huruf alif mufakhkhomah
f. Huruf lam mufakhkhomah
g. Huruf Nun mufakhkhomah
h. Huruf mim musakkana.

KURIKULUM 2013 DOWNLOAD DAN MATERIAL

Kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat. Secara etimologis, kurikulum merupakan tejemahan dari kata curriculum dalam bahasa Inggris, yang berarti rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin currere yang berarti berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha untuk. Banyak defenisi kurikulum yang pernah dikemukakan para ahli. Defenisi-defenisi tersebut bersifat operasioanl dan sangat membantu proses pengembangan kurikulum tetapi pengertian yang diajukan tidak pernah lengkap. Ada ahli yang mengungkapkan bahwa kurikulum adalah pernyataan mengenai tujuan (MacDonald; Popham), ada juga yang mengemukakan bahwa kurikulum adalah suatu rencana tertulis (Tanner, 1980).

MANFAAT DAN KHASIAT BUNGA ROSELLA UNTUK KESEHATAN

Warga belajar sekalian, berikut ini kita mencoba untuk mengenal salah satu tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk diusahakan dalam keterampilan kewirausahaan, secara ekonomi tanaman ini juga mengandung nilai ekonomis manambah penghasilan jika diusahakan dan dijual, selain manfaatnya untuk kesehatan kita sendiri tentunya. Umumnya masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan nama Rosela, Rosella atau Roselle (Hisbiscus sabdariffa L). Dari segi kesehatan, ternyata Rosela mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar.