PENGERTIAN DAN ISTILAH PING DALAM KOMPUTER

Warga belajar sekalian-- Dalam ilmu pengetahuan komputer kita mengenal istilah Ping, dan kita sering mendengar dan menggunakannya, tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Ping tersebut.

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

CARA MENDAPATKAN HARGA-HARGA ATAU NILAI DALAM MATEMATIKA

Warga belajar sekalian-- Dalam pelajaran Matematika seperti yang sudah pernah kita bahasa, untuk mendapatkan harga-harga atau nilai dari :
  • Pangkat dua dari suatu bilangan
  • Akar pangkat dua daru suatu bilangan
  • Logaritma dari suatu bilangan
  • Antilogaritma dari suatu bilangan
  • Sinus, Cosinus dan Tangen.
  • Log, Snus. Log. Cosinus dan Log. Tangen.
  • Resiprok atau kebalikan
  • dan harga bunga.
Hal tersebut bisa diperoleh dengan jalan :
  1. Menghitung atau dengan operasi inverse
  2. Menggunakan Grafik
  3. Menggunakan Tabel atau Daftar
  4. Menggunakan Mistarhitung
  5. Menggunakan Komputer atau Kalkulator.
Dalam memilih salah satu cara tersebut di atas hendaklah disesuaikan dengan alat yang tersedia dan derajat ketelitian yang diperlukan. Salah satu cara yang lebih baik, praktis dan sangat mudah penggunaannya ialah menggunakan "Tabel". Karena jika menggunakan Tabel, dapat mencapai tingkat ketelitian yang tinggi. Dengan hasil yang dapat memberikan kemantapan dan kepuasan dalam bagi yang mengkaji dan meneliti.

PANCASILA

Warga belajar sekalian, Setelah bapak identifikasi ternyata masih ada diantara kalian yang belum hapal dengan isi kelima sila dari Pancasila, silakan dibaca lagi dan segera dihapal karena ini sangat penting sebagai pengetahuan dan kesadaran kita sebagai warga negara Indonesia yang baik. Silakan di hapal ke lima sila Pancasila berikut ini, minggu depan kalian maju satu persatu menghapal ke depan kelas:
Pancasila, Garuda, Ideologi Bangsa Indonesia, Garuda Pancasila

PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan Yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA DARI ANTARIKSA

Kegiatan Pembelajaran yang biasa kita temukan adalah kegiatan belajar mengajar dengan bertemunya secara langsung guru dan murid di sebuah ruang kelas. Hal ini juga terjadi pada sebuah program pembelajaran fisika di Cina. Namun uniknya, pelajaran ini diberikan lewat siaran langsung dari antariksa. Seorang astronot Cina yang bernama Wang Yaping, memberi pelajaran secara langsung di depan jutaan murid dan guru di Cina.  Wang bersama dua astronot lain berada di stasiun angkasa luar Cina yang bernama Tiangong -1. Mereka ke Tiangong dengan menggunakan roket Shenzhou 10, yang dilucurkan dari bumi, pada tanggal 11 Juni 2013 lalu.

Di stasiun angkasa ini selain mendukung pembangunan stasiun Tiangong -1 dan sejumlah eksperimen lain, misi tiga astronot Cina itu juga memberi pelajaran dari antariksa. Maka karena satu-satunya perempuan di Stasiun antariksa itu, terpilihlah Wang sebagai 'ibu Guru.' Murid dan guru dari sekitar 80 ribu sekolah menengah di penjuru Cina menyaksikan secara langsung pelajaran dari antariksa.


Selama mengajar, ada kegiatan khusus yang dilakukan dengan memberikan contoh dan praktik langsung dari guru di angkasa ini. bu guru Wang menggunakan gasing, bola, air dan seorang rekan astronotnya untuk menjelaskan ilmu fisika dalam gravitasi nol. Pilot angkatan udara Cina berusia 33 tahun itu memberi contoh konsep berat dan massa di angkasa luar. Setelah memberi penjelasan, Wang memberi kesempatan beberapa murid dan guru di bumi untuk bertanya agar mereka lebih memahami lagi apa yang telah dijelaskan oleh Wang.

Jadi kira-kira kapan ya kita murid-murid di Indonesia bisa belajar langsung dari antariksa seperti ini?....Sepertinya masih lama deh..hi hi hi..!!

KEUTAMAAN MEMBACA DAN TADARUS AL-QUR'AN

Tadarus berasal dari kata "Tadrusun" yang artinya mengkaji atau mempelajari, jadi tadarus Al'Qur'an artinya mengkaji dan mempelajari Al'Qur'an. Membaca (wa qari') dan mempelajari Al'Qur'an terutama dibulan Ramadhan yang disebut sebagai bulan Al'Qur'an akan mendapatkan sejumlah keutamaan yaitu :

Seseorang akan mendapatkan ciri sebagai seorang beriman. Allah SWT berfirman yang artinya: "Orang-orang yang telah kami berikan Al-kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya" (QS. Al-Baqarah : 121)

Dibuatkan dinding perantara dari orang-orang yang tidak beriman, Allah SWT berfirman yang artinya: Dan apabila kamu membaca Al'Qur'an niscaya kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup (QS. Al-Israa : 45)

Mendapatkan obat jiwa dan rahmat. Allah SWT berfirman yang artinya: Dan kami turunkan dari Al'Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman..." (QS.Al-Israa : 82).

Mendapatkan ketenangan jiwa lahir batin. Allah SWT berfirman yang artinya: Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al'Qur'an yang berupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya, dan barang siapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun (QS Az-Zumar : 23).

Sementara itu, di dalam hadis-hadis diterangkan bahwa wa qari' (pembaca) Al'Qur'an akan mendapatkan sejumlah keutamaan lain, yaitu:

Mendapatkan syafaat dari Al'Qur'an itu sendiri. Nabi SAW bersabda yang artinya: Bacalah Al-Qur'an, nanti di hari kiamat ia akan datang memberikan syafaat kepada pembacanya (HR.Muslim).

Mendapatkan predikat umat terbaik. Nabi SAW bersabda yang artinya: Sebaik-baiknya orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al'Qur'an dan mengajarkannya (HR.Bukhari Muslim).

Terhindar dari penyakit piku, Nabi SAW bersabda yang artinya: Barang siapa yang membaca Al'Qur'an (secara terus menerus) tidak akan terjerumus kedalam kepikunan (HR. Muslim)

Mendapatkan pengakuan Allah SWt sebagai Ahlulah (keluarga Allah SWT). Rasulullah SAW menerangkan bahwa "Allah SWT mempunyai dua keluarga yaitu Ahlulah-Qur'an (pembacanya) dan orang-orang terkemukanya. "(HR. Nasa'i dan Ibnu Majah).

Mendapatkan ketentraman. Nabi SAW bersabda yang artinya: tidaklah berkumpul suatu kaum di rumah Allah untuk membaca dan mempelajari kitab Allah di antara mereka, melainkan turun kepada mereka ketentraman, mereka dikelilingi oleh para malaikat dan Allah SWT membanggakan mereka di sisi-Nya (HR. Muslim).

Mendapatkan kebajikan yang banyak. Nabi SAW bersabda yang artinya: Barang siapa membaca satu huruf Al'Qur'an kepadanya satu kebajikan dan satu kebajikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf lam satu huruf dan mim satu huruf. (HR. Tarmidzi).

Mendapatkan martabat yang tinggi di akhira. Nabi SAW menerangkan bahwa ; orang yang membaca Al'Qur'a, di akhirat disuruh lagi membacanya; dan martabanya adalah akhir bacaannya (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Hiban dan Tirmidzi).

Mendapatkan kedekatan dengan para malaikat. Nabi SAW berasabda yang artinya: Orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat. Nabi SAW bersabda yang artinya: orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat yang mulia lagi baik orang yang membaca Al'Qur'an terbata-bata karena sulit akan mendapatkan dua pahala (HR. Bukhari Muslim).

Memdapatkan predikat orang yang taat. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya bersabda yang artinya: Barang siapa yang membaca Al'Qur'an seratus ayat di malam hari tercatat sebagai orang yang taat dan terjauh daripada lalai (HR. Hakim dan Ibnu Huzaimah).

Mendapatkan anugrah paling utama yang didapatkan oleh orang yang berdo'a. Nabi Muhammad SAW menerangkan bahwa: Barang siapa yang sibuk membaca Al Qur'an sehingga tidak sempat berdo'a maka Aku (kata Allah SWT) akan memberikan kepadanya apa yang paling utama akan aku berikan kepada mereka yang berdoa. 

Begitulah keutamaan membaca dan tadarus Al-Qur'an, Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayahnya kepada ...Amin-amin ya Rabbal alamin.

Sumber: http://sisa-harimanusia.blogspot.com/2014/08/keutamaan-membaca-dan-tadarus-alquran.html
Gambar: images taken from Google

PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL

Warga belajar sekalian, berikut ini kita akan mencoba merangkum tentang pengertian 'stratifikasi sosial' dalam bahasan Materi Pelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Agar warga belajar memahami bagaimana stratifikasi atau pelapisan sosial dapat terjadi dan dibangun dalam masyarakat sebagai berikut :

Stratifikasi atau pelapisan sosial merupakan terjemahan dari Bahasa Inggris yaitu "social stratification" yang berarti stratifikasi sosial. Kata stratification berasal dari kata stratum yang dijamakan menjadi strata, yang berarti lapisan atau berlapis-lapis. 

FUNGSI TUJUAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAKET A, B, dan C

Memaknai Pendidikan di Indonesia secara umum, dalam pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pemerintah telah menetapkan bahwa pendidikan merupakan prioritas dalam pembangunan. Dalam penyelenggaraan pembangunan pendidikan ini acuan dasarnya ialah Undang-undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur formal, nonformal, dan informal. Pendidikan kesetaraan merupakan program jalur pendidikan nonformal yang terdiri dari program Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Peket C setara SMA/MA.

Salah satu fungsi program Paket A dan Paket B ialah untuk mendukung suksesnya program wajib belajar pendidikan Dasar 9 tahun dengan sasaran penduduk usia Pendidikan Dasar yang karena berbagai hal tidak mengikuti atau tertampung di SD/MI dan SMP/MTs. Sedangka program Paket C diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang ingin memperoleh pendidikan secara Sekolah Menengah Atas (SMA/MA).

Dalam program dan kegiatan Pembelajaran Program Paket A, Paket B, dan Paket C dilakukan melalui pendekatan tutorial, belajar kelompok, dan belajar mandiri dengan menggunakan bahan belajar yang sesuai. Salah satu bahan belajar berupa modul yang menerapkan prinsip ketuntasan belajar dan maju berkelanjutan. Dengan prinsip seperti ini peserta didik dapat belajar lebih mandiri didampingi tutoria pada waktu-waktu tertentu. Ketersediaan bahan belajar yang bermutu, bervariasi, dan dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan kesetaraan. 


Menurut pengalaman penulis dilapangan, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh warga belajar cenderung berorientasi pada kebutuhan fungsional, dimana warga belajar akan aktif melakukan kegiatan pembelajaran tersebut sejauh kegiatan pembelajaran tersebut dapat langsung mendukung kegiatan usaha atau kehidupan mereka sehari-hari. Orientasi belajar yang dilakukan lebih bersifat kepentingan ekonomi dan usaha yang dilakukan warga belajar sehari-hari.

Karena itu untuk kepentingan pembelajaran warga belajar,  seharusnya pihak terkait menyusun bahan belajar dan modul Paket A, Paket B, dan Paket C untuk memperluas keragaman pelayanan bahan-bahan belajar bagi peserta didik pendidikan kesetaraan, baik warga belajar setara maupun warga belajar paket A, Paket B, Paket C Fungsional. 

Sumber : disarikan dari berbagai sumber PNF Kesetaraan !!
 
 

PENEMUAN KACA TERTIPIS DI DUNIA

Sebelum berbentuk kaca yang digunakan rumah kita, baik untuk dipasang di jendela maupun untuk cermin, kaca tersebut mengalami proses pembuatan yang panjang. Dari segi ilmu fisika dijelaskan kaca awalnya adalah zat cair lewat dingin yang tegar dan tidak mempunyai titik cair tertentu serta mempunyai viskositas cukup tinggi sehingga tidak megalami kristalisasi. Di pihak lain dari segi kimia, kaca adalah gabungan berbagai oksida anorganik yang tak mudah menguap, yang di hasilkan dari dekomposisisi dan peleburan senyawa alkali dan alkali tanah, pasir serta berbagia penyusun lainnya sehingga menghasilkan produk yang mengahasilkan struktur atom yang acak. Kaca adalah produk yang mengalami vitrifikasi sempurna, atau setidak-tidaknya produk yang mengandung amat sedikit bahan nonvitreo dalam keadaan suspensi.

FAKTA PEREMPUAN LEBIH TAHAN STRES DARI PADA LAKI-LAKI

Jika dilihat secara fisik dan penampilan wanita yang cenderung Feminim, mungkin ada pemikiran, perempuan yang punya perasaan halus dan pemikir adalah sosok yang lebih mudah stres. Sementara pria yang dikenal cuek dan kurang sensitif dianggap lebih santai terlihat kuat dan tangguh sehingga tidak mudah stres. Ternyata anggapan ini salah besar.

FAKTA TENTANG ATMOSFER DI BUMI MENURUT AL-QUR'AN

Warga belajar sekalian, berikut ini kita akan mencoba memahami apa dan bagaimana yang disebut dengan admosfer itu, jika dilihat dari segi fakta dan penciptaannya. Secara gampang atmosfer bisa diartikan lapisan planet yang berupa gas. Fakta bahwa Bumi sebagai planet yang dihuni oleh mahluk hidup ternyata tidak bisa lebas dari yang namanya atmosfer. Nah, pada posting kali ini kita secara khusus akan membahas mengenai atmosfer sebagai keajaiban yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia juga atmosfer dalam pandangan Al-qur'an.

CARA MENANAM DAN BERCOCOK TANAM JAHE

Warga belajar--sekalian, pada pembahasan seri keterampilan berikut ini, kita akan membahas bagaimana cara bercocok tanam Jahe. Mengapa kita harus menanam jahe?, karena selain bisa untuk dipergunakan sendiri untuk berbagai macam keperluan, juga dapat dijadikan sumber penghasilan yang dapat memberikan nilai tambah dari segi penghasilan ekonomi kita. Baiklah berikut ini adalah cara menanam atau bercocok tanam jahe yang baik untuk dijadikan sumber usaha :

Pertama-tama harus kita persiapkan bahan dan alat yang akan dipergunakan untuk bercocok tanam jahe ini, bahan dan alat yang harus dipersiapkan antara lain :

A. Bahan-bahan
1. Bibit
Bibit jahe diperoleh dari rimpang yang sudah tua berumur 9 sampai 10 bulan. Rimpang-rimpang yang akan dijadikan bibit dipotong-potong dengan ukuran 2,5 cm sampai 5 cm atau sebesar 2 sampai 3 jari dengan bobbot 25 sampai 80 gram. Potongan-potongan bibit disimpan dahulu dalam ruangan sampai tumbuh tunasnya. Penyimpanan ini dilakukan di tempat yang kering serta terlindung dari terik matahari cara penyimpanannya dilakukan dengan menghampar bergitu saja. Lama menyimpan berkisar antara 1 sampai 2 minggu dimana pada periode ini biasanya tunas-tunasnya sudah mulai tumbuh. Pilih bibit yang mempunyai 2 sampai 3 mata tunas baru.

Gambar: Rimpang Jahe

2. Pupuk Kandang
Pupuk kandang yang dipergunakan betul-betul sudah mati atau kering. Artinya pupuk tersebut sudah diolah dan disimpan lebih dari 3 bulan.

3. Pupuk buatan
Pupuk buatan yang dipergunakan Urea, TSP atau KCI.

4. Obat tanaman
Obat tanaman tertentu yang sesuai untuk tumbuhan Jahe, digunakan untuk memberantas hama dan penyati tanaman jaeh. Yaitu insektisida fungsida.


B. Alat-alat

1. Cangkul
Dipersiapkan utnuk mengolah lahan

2. Sabit
Dipergunakan untuk membersihkan sekitar tanaman jahe

3. Parang
Dipergunakan untuk memotong kayu yang ada dilahan yang telah dipersiapkan untuk menanam jahe

4. Tali Pelastik
Dipergunakan untuk meluruskan dan mengukur jarak lobang tanaman

5. Keranjang
Keranjang ini dipergunakan untuk pemberian pupuk kandang agar mudah untuk dibawanya dan tidak tercecer kemana-mana.

6. Skop garpu
Dipergunakan untuk mencangkul, mencongkel ketika memungut hasil dan bisa juga untuk menggemburkan tanah lahan bercocok tanam jahe.

7. Alat penyiram
Digunakan untuk menyirami tanaman

8. Tugal
Sebuah batang balok dipergunakan untuk membuat lubang ditanah lahan untuk menabur tanaman, tugal yang dibuat runcingan sepanjang 5 cm atau selebar 4 jari tangan.

9. Semprotan
Dipergunakan untuk menyemprot penyakit dan hama tanaman.


C. Langkah-langkah Penanaman

Langkah Pertama
1. Tanaman jahe memerlukan tanah yang gembur, mula-mula tanah dicangkul secara kasar sedalam 30 cm atau sedalam 2 jengkal sambil membersihkan rumput dan tumbuhan liar lainnya. 


2. Kemudian tanah diperhalus agar menjadi gembur dan diratakan. Buatlah bedengan berukuran lebar 1 sampai 1,2 cm dan tinggi 25 sampai 30 cm atau lebar 3 hasta sampai 4 hasta dan tinggi 1 setengah jengkal sampai 2 jengkal. Panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan, sedangkan jarak antara bedeng-an dibuat 30 sampai 50 cm atau 2 jengkal sampai 4 jengkal.


3. Membuat lubang-lubang tanam dengna jarak 25 sampai 30 cm atau 1 setengah jengkal sampai 2 jengkal dalam satu baris dan 40 sampai 60 cm atau 2 setengah jengkal sampai 4 jengkal dari satu baris kebaris yang lain. Lubang tanam sedalam 5 cm atau secalam runcingan tuggal yang telah dipersiapkan.

4. Sebelum penanaman, lahan diberi pupuk kadang sebanyak 1 sampai 2 kg/meter persegi atau setengah sampai satu gantang. Disebar disekitar lubang tanam.

Langkah kedua
Penanaman jahe sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Bibit jahe dimasukan ke lubang tanam dengan bagian mata tunas menghadap ke atas. Sebalanjutnya ditimbun dengan tanah, tetapi bagian tunas sebaiknya agak muncul ke atas (sedikit terlihat).


Langkah ketiga
Pemupukan dilakukan dengan maksud untuk menyuburkan tanah. Pemupukan tanaman jahe dilakukan 3 kali. Selain menggunakan pupuk kandang perlu juga diberi pupuk buatan seperti Urea, TSP dan KCI. Pemupukan pertama dilakukan sebelum tanam, selain mnggunakan pupuk kandang sebanyak 1 sampai 2 kg/Meter persegi atau setengah sampai 1 gantang dan dapat dicampur juga dengan pupuk Urea, TSP dan KCI sebagai pupuk dasar.

Pemupukan kedua dilakukan padda umur 1 sampai 1 setengah bulan (saat tanaman mulai membentuk rumpun). Pemberian pupuk dengan ukuran :
a. Urea : 1,9 gram/ Meter Persegi atau 1 sendok penuh/ Meter Persegi.
b. TSP : 3,0 gram/meter persegi atau 1 sendok/meter Persegi
c. KCI : 4.0 gram/ meter persegi atau 1 setengah sendok/meter persegi
Pemupukan ketiga dilakukan pada umur 4 bulan dengan ukuran sama seperti pada pemupukan kedua. Pemupukan di lakukan dengan cara menaburkan di sekitar rumpun atau di antara barisan tanaman jahe.

Langkah keempat
Penyiangan dan penggemburan.
Penyiangan memegang peran penting dalam bercocok tanam jahe, tujuannya untuk menjaga agar tanaman jahe tidak terganggu oleh tanaman lain, tujuannya untuk menjaga agar tanaman jahe tidak terganggu oleh tanaman liar sehingga jahe dapat tumbuh dengan baik.

Bersama dengan penyiangan juga dilakukan penggemburan. Penggemburan ini penting sekali terutama pada lahan yang tanahnya mudah sekali padat, dengan demikian dapat membuat tumbuh dan perkembangan tanaman jelas akan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil tanamnya. Penggemburan ini dapat dilakukan dengan cangkul atau skop.

Langkah kelima
Penyiraman
Penyiraman perlu sekali terutama pada waktu tanaman kekeringan. Penyiraman ini dapat dilakukan dengan ember atau alat penyiram.

Langkah keenam
Pemberantasan hama dan penyakit

1. Hama
- Kepik hama yang menyerang daun dengan cara melubanginya
- Ulat penggerek yang menyerang akar jahe
Untuk mencegah kedua hama tersebut dilakukan penyemprotan insektisida yaitu thiodah 35 EC dengan ukuran 1 setengah sampai 2 cc/liter air atau 1 pertiga sampai setengah sendok makan dicampur dengan 5 gelas air.

2. Penyakit
Penyakit pada tanaman jahe ada 3 macam :
a. Penyakit layu,
ciri-cirinya: daun berubah warna menjadi kekuning-kunigan menyebar kehelaian daun bagian atas. Selain itu rampangnya membusuk dan berlendir. Upaya pencegahannya ialah dengan mencabut dan memusnahkan (dibakar). Tanaman diganti dengan bibit yang sehat, erta melakukan penyemprotan dengna fungisida seperti Dithane M-45 ukuran 2 gram/liter air atau setengah sendok dicampur dengan air 5 gelas.

b. Penyakit bercak daun.
ciri-cirinya: daun menjadi bercak-bercak. Upaya pencegahan melakukan penyemprotan dengan fungisida Dithane M-45 ukuran 5 gram/liter air atau setengah sendok di campur air 5 gelas.

c. Penyakit cendawan dan baktri
Penyakit ini menyerang rimpang tanaman jahe menyebabkan rimpang busuk. Upaya pencegahan dan penanggulangannya adalah memusnahkan tanaman yang diserang dicabut dan dibakar.
 

D. Masa Panen dan cara Pemanenan

Panenan jahe dapat dilakukan setelah jahe berumur 9 bulan sampai 10 bulan. Tanda-tandanya daun dan batang sudah mulai kering.

Panenan jahe dapat dilakukan secara total atau bersamaan dengan cara mencongkel atau membongkar seluruh bagian tanaman dengan cangkul atau skop garpu. Sedangkan panenan juga dapat dilakukan dengan cara memotong rimpang yang terdapat di bagian pinggir, dengan demikian sisa rimpangnya dapat tumbuh lagi dengan baik dan menjadi tanaman baru.


E. Kegiatan yang dilakukan Setelah Panenan

Setelah jahe diangkat dari rumpunnya lalu rimpang tersebut dibesihkan secara hati-hati agar tidak mengalami patah-patah yang dapat menurunkan mutu dan harga jahe.
Setelah rimapang dibersihkan lalu dipisahkan dari batannya kemudian dijemur atau dikeringkan dengan panas sinar matahari. Lama pengeringan 6 sampai 8 hari dan selanjutnya disimpan di tempat yang kering. Selain dengan cara tersebut di atas dapat pula dilakukan secara penyeduhan dengan air mendidih sebagai berikut :

1. Rimpang yang baru dipanen dibersihkan tanahnya dengan air kemudian rimpang diseduh dalam air mendidih. Lamanya penyeduhan 10 sampai 15 menit..

2. Jahe yang sudah diseduh lalu dijemur di panas matahari. Penjemuran sebaiknya di atas lantai penjemuran selama 6 sampai 8 hari.

Sumber : disarikan dari Modul Keterampilan Kewiraausahaan Warga belajar Kesetaraan 2011

10 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN SESEORANG

Warga belajar--sekalian, ketika kita memilih sebuah karir atau berfikir melanjutkan pendidikan maka kita sudah merencanakan dan mempersiapkan melangkah untuk mencapai sukses, setiap orang pasti ingin sukses, begitu juga dengan kita, setiap langkah yang kita tempuh harus diusahakan agar dapat mendukung langkah-langkah kita untuk mencapai kesuksesan tersebut. Berikut ini adalah 10 faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang tersebut :

Cari Artikel