MEMBACA WACANA ELEPHANT


Warga--belajar-visiuniversal, kita akan mencoba membahas suatu wacana yang menarik mengenai hewan. Hewan yang diketengahkan di sini adalah hewan yang langka yang dilindungi keberadaanya. Hewan ini dapat dilatih menjadi hewan yang menolong manusia. Di Sumatra bagian selatan ada tempat yang namanya Way Kambas. Di Way Kambas, hewan langka ini dilatih menjadi hewan yang terlatih untuk membantu pekerjaan manusia, mengangkut barang-barang yang berat seperti kayu misalnya.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bacaan atau wacana tentang gajah, dan bagaimana kehidupan gajah yang sebenarnya.

ELEPHANT

In some parts of Indonesia there are still elephants living in the jungle. Elephants don't like to live alone.

They always live in groups, they help each other when there is trouble. The leader of the group is usually a female elephant. She walks in front of the group and the other females and their young follow her. The male elephant walks behind. If there is trouble the male elephants make a circle around the other.

If one of the elephants is sick, all of the other elephants help it. Two will walk on each side of it to help it walk. 'All the elephants in a group help to look after the young elephants. They help the young ones swim across rivers. And when a female elephant is going to have a baby, another female elephant stands beside her, to help her,like a nurse. So we can learn a lot from elephants about helping other people.

Begitulah kehidupan hewan langka yang tidak boleh diburu oleh siapapun karen hewan itu akan punah bila terus menerus diburu. Orang memburu gajah untuk mencari kekayaan pribadi dengan menjual gading gajah itu yang mahal harganya.

Latihan :

Pilihlah salah satu kata yang tepat untuk kalimat di bawah ini menurut bacaan di atas :

Pilihlah jawaban yang benar

1. Elephants don't like to live .............

                in group
                together
                alone

2. The leader of the group is .......a female elephant

                a male
                an old

3. The male elephants usually walk .... in front of the other

                elephants
                behind
                in the middle of

4. Elephants .....................don't swim'
            can
            cannot.

HUBUNGAN BERBAGAI VARIABEL DALAM PENELITIAN

Pada intinya penelitian ilmiah adalah mencari hubungan antara variabel, sedangkan data-data yang diperoleh dari lapangan merupakan unsur-unsur yang akan mencantumkan apakah variabel-variabel tersebut memiliki hubungan atau tidak.

Dalam hubungan antara variabel ini ada beberapa jenis hubungan yang perlu diketahui, yaitu:
1. hubungan simetris
2. hubungan timbal balik, (reciprocal), dan
3. hubungan asimetris

Secara lebih jelasnya beberapa jenis hubungan tersebut dapat dilihat dalam uraian di bawah ini:

1. Hubungan simetris

Hubungan simetris terjadi apabila :
a. Kedua variabel adalah akibat dari suatu vaktor yang sama, misalnya meningkatnya penggunaan internet dikalangan masyarakat dengan, naiknya jumlah oplah surat kabar, merupakan dua variabel yang tidak saling mempengaruhi, namun diakibatkan oleh faktor yang sama, yaitu meningkatnya kebutuhan informasi ditengah masyarakat.

b. Kedua variabel berkaitan secara fungsional, misalnya hubungan antara petani dengan cangkul, hubungan guru dengan murid, hubungan dokter dengan pasien, dan sebagainya.

c. Kedua variabel mempunyai hubungan karena kebetulan semata-mata, misalnya secara kebetulan semua murid berkacamata gemar membaca. Hubungan antara variabel murid berkacamata dengan gemar membaca adalah hubungan simetris.

2. Hubungan timbal balik

Hubungan timbal balik merupakan hubungan antar dua variabel yang saling timbal bali, maksudnya adalah satu variabel dapat menjadi sebab dan juga akibat terhadap varibel lainnya, demikian pula sebaliknya, sehingga tidak dapat ditentukan varibel mana yang menjadi sebab atau variabel mana yang menjadi akibat. misalnya dalam waktu variabel x mempengaruhi y, dan dalam waktu lain variabel y dapat mempengaruhi x.

Contoh, hubungan antara motivasi belajar dengan minat membaca, motivasi belajar dapat mempengaruhi minat membaca, demikian pula sebaliknya, minat membaca dapat mempengaruhi motivasi belajar.

Contoh lain, penenaman modal (investment) mendatangkan keuntungan, dan sebaliknyak keuntungan akan memungkinkan timbulnya penanaman modal. Berdasarkan contoh-contoh ini, variabel terpengaruh pada berubah menjadi variabel pengaruh di waktu lain, demikian pula sebaliknya.

3. Hubungan Asimetris

Hubungan asimetris adalah hubungan antara variabel, yakni suatu variabel mempengaruhi variabel lain, namun sifatnya tidak timbal balik.

Pada dasarnya inti pokok analisis-analisis sosial terletak pada hubungan asimetris ini. Misalnya, hubungan antara keamanan suatu negara dengan penanaman modal asing. Keamanan suatu negara akan mempengaruhi tingkat penanaman modal (investasi) asing dinegara tersebut. Tingginya angka pengangguran dapat mempengaruhi tingkat kriminalitas di masyarakat; tingkat pendidikan mempengaruhi pola hidup sehat; tingkat pendapatan mempengaruhi pola konsumsi masyarakat, dan sebagainya.

7 HEWAN TERKECIL BERBAHAYA DAN MEMATIKAN BAGI MANUSIA

Warga--belajar visiuniversal-- sekalian, berikut ini kita akan mempelajari tentang hewan kecil yang ada disekitar kita. Ada beberapa hewan kecil yang sering kita lihat, tetapi ada juga yang jarang kita lihat, dan ada beberapa hewan terkecil yang cukup berbahaya jika menyerang dan menggigit kita, selain menyebabkan luka dengan rasa sakit yang luar biasa, juga racun yang dimilikinya dapat membuat efek yang menyakitkan dalam jangka waktu lama jika tidak segera diatasi.

Dari sekian banyak hewan kecil yang ada diseluruh belahan dunia, Hewan hewan kecil berikut ini sebenarnya mudah untuk dibasmi namun karena ketidak tahuan manusia terkadang ketika ingin membunuh hewan ini malah manusia yang mengalami luka akibat serangan hewan ini. Nah berikut ini ada beberapa hewan kecil yang bisa menyakiti manusia ingin tahu hewan kecil apa aja itu simak 7 Hewan Kecil Yang Menyakitkan dan Berbahaya berikut ini.


1. Black Corsair

Black Corsair merupakan jenis kumbang yang berbahaya berikutnya hewan ini juga seing disebut sebagai kumbang pembunuh sepertinya julukan dan bentuk kumbang ini sesuai kumbang yang berwarna hitam ini memang menyeramkan jika sampai gigitanya mengenai manusia maka racun yang ada akan membuat kulit manusia menjadi iritasi. Bahkan kumbang ini merupakan kumbang yang memiliki gigitan paling menyakitkan.


2. Killer Bristle Worm

Binatang lunak, killer bristle worm, senantiasa berada di perairan dangkal dan berpasir untuk mengincar mangsanya. Setelah ia mengunci gerakan mangsanya ia akan mencabik-cabik mangsanya hingga beberapa bagian sebelum memakannya. Dengan tenaganya yang besar, rahang yang kuat dan duri beracun yang tumbuh di punggung, maka killer bristle worm merupakan ancama serius bagi manusia.


3. Wheel Bug

Wheel Bug merupakan hewan jenis kumbang dengan tampilan yang sangat menyeramkan namun kamu jangan sembarangan menagkap atau memainkan kumbang ini sebab kumbang ini memiliki gigitan yang berbahaya jika terkena manusia sebab gigitan kubang ini beracun dan perlu waktu lama untuk menyebuhkan luka akibat gigitanWheel Bug ini.


3. Southern Flannel Moth
 
Southern Flannel Moth merupakan jenis ngangat kecil yang biasa menempel di dedaunan bentunya pun sangat unik dan lucu karena memiliki bulu bula yang mirip dengan kucing persia namun dibalik kelucuanya ini ternyata hewan kecil ini memiliki racun yang sangat berbahaya yang bisa menggangu jalur penapasan manusia.


4. Giant Water Bug
 
umbang air raksasa atau Giant water bug, merupakan salah satu serangga yang hidup di wilayah perairan. Jenis kumbang air ini terbagi dua, jenis aphid merupakan kumbang yang hidup dengan cara memakan tanaman air. Sementara kumbang air karnivora dikenal dengan sebutan masquitos, karena ia memakan cairan dari hewan mangsanya. Bahkan kumbang air karnivora yang tumbuh lebih dari 4 inchi mampu memangsa anak kura-kura dan ular kecil. Dan biasanya ia akan menyerang manusia yang berenang di perairan kekuasaannya. Gigitannya sangat menyakitkan, maka tak heran jika berada di tingkat keempat sebagai serangga dengan gigitan terkuat. Rasa sakitnya tidak seberapa, namun gigitanya bisa menyebabkan luka permanen.


5. TomCat's
 
Hewan kecil yang mirip semut merah tapi bersayap ini, pertama jadi trend setelah ditemukan warga Jawa Timur dan masuk berita di televisi. Hati-hati jika berurusan dengan binatang kecil ini tomcat's dapat berakibat serius bagi manusia yang terkena gigitannya, kulit akan melepuh seperti terbakar dan bengkak-bengkak yang menjalar di daerah sekitar gigitan.


6. Tarantula Hawk

Tarantula Hawk yang dalam bahasa Indonesianya, adalah laba-laba predator yang terkenal sangat agresif dan aktif mencari makanan untuk calon anak-anaknya. Hati-hati jika berhadapan dengan binatang ini, terutama saat mereka sedang melindungi anak-anaknya, mereka akang ganas sekali, Gigitannya sangat berbahaya dan menimbulkan luka bengkak yang serius, itu untuk satu, bagaimana jika mereka dalam jumlah banyak dalam kawanannya, rasakan sendiri lah..hehe.


7. Anopheles
 
Kecil mungil, terlihat tidak berbahaya, tetapi jangan meremehkan nyamuk yang satu ini, karena ia adalah mahluk kecil yang berbahaya di dunia. Anopheles telah menyebabkan 300 juta kasus malaria terjadi setiap tahunnya, yang menyebabkan satu hingga dua juta manusia meninggal.

Demikian warga belajar--visiuniversal sekalian semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terimakasih. wassalam.

Sumber: http://malambegadang.blogspot.com.

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN MASYARAKAT DESA DAN KOTA

Warga belajar--sekalian, Dalam pembahasan Mata pelajaran sosiologi-antropologi kemarin dikelas kita sudah mempelajari tentang pengertian masyarakat yang dapat kita simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekumpulan individu yang menempati suatu wilayah tertentu dengan batas-batas yang jelas dan adanya hubungan yang kuat di antara mereka sesama anggota kelompoknya.

Berikutnya akan kita pahami tentang masyarakat menurut jenisnya atau tipenya yang secara umum dibedakan menjadi dua bagian yaitu :
a. Masyarakat tradisional (sederhana) dan masyarakat modern.
b. Masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan.

Disini kita akan membahas pengertian masyarakat desa dan Masyarakat kota, serta perbedaan dari keduanya. sebagai berikut :
 
A. Masyarakat Desa (Rural Society)

Secara awam masyarakat desa sering diartikan sebagai masyarakat tradisional dari masyarakat primitif (sederhana). Namun pandangan tersebut sebetulnya kurang tepat, karena masyarakat desa adalah masyarakat yang tinggal di suatu kawasan, wilayah, teritorial tertentu yang disebut desa. Sedangkan masyarakat tradisional adalah masyarakat. yang menguasaan ipteknya rendah sehingga hidupnya masih sederhana dan belum kompleks. Memang tidak dapat dipungkiri masyarakat desa dinegara sedang berkembang seperti Indonesia, ukurannya terdapat pada masyarakat desa yaitu bersifat tradisional dan hidupnya masih sederhana, karena desa-desa di Indonesia pada umumnya jauh dari pengaruh budaya asing/luar yang dapat mempengaruhi perubahan-perubahan pola hidupnya.

Adapun ciri-ciri masyarakat desa antara lain :

  1. Anggota komunitas kecil
  2. Hubungan antar individu bersifat kekeluargaan
  3. Sistem kepemimpinan informal
  4. Ketergantungan terhadap alam tinggi
  5. Religius magis artinya sangat baik menjaga lingkungan dan menjaga jarak dengan penciptanya, cara yang ditempuh antara lain melaksanakan ritus pada masa-masa yang dianggap penting misalnya saat kelahiran, khitanan, kematian dan syukuran pada masa panen, bersih desa.
  6. Rasa solidaritas dan gotong royong tinggi
  7. Kontrol sosial antara warga kuat
  8. hubungan antara pemimpin dengan warganya bersifat informal
  9. Pembagian kerja tidak tegas, karena belum terjadi spesialisasi pekerjaan
  10. Patuh terhadap nilai-nilai dan norma yang berlaku di desanya (tradisi)
  11. Tingkat mobilitas sosialnya rendah
  12. Penghidupan utama adalah petani. 


B. Masyarakat Perkotaan

 
Warga belajar--sekalian, Membahas masyarakat perkotaan sebetulnya tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat desa karena antara desa dengan kota ada hubungan konsentrasi penduduk dengan gejala-gejala sosial yang dinamakan urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa kekota. Masyarakat perkotaan merupakan masyarakat urban dari berbagai asal/desa yang bersifat heterogen dan majemuk karen terdiri dari berbagai jenis pekerjaan/keahlian dan datang dari berbagai ras, etnis, dan agama.

Mereka datang ke kota dengan berbagai kepentingan dan melihat kota sebagai tempat yang memiliki stimulus (rangsangan) untuk mewujudkan keinginan. Maka tidaklah aneh apabila kehidupan di kota diwarnai oleh sikap yang individualistis karena mereka memiliki kepentingan yang beragam. Lahan pemukiman di kota relatif sempit dibandingkan di desa karena jumlah penduduknya yang relatif besar maka mata pencaharian yang cocok adalah disektor formal seperti pegawai negeri, pegawai swasta dan di sektor non-formal seperti pedagang, bidang jasa dan sebagainya. Sektor pertanian kurang tepat dikerjakan di kota karena luas lahan menjadi masalah apabila ada yang bertani maka dilakukan secara hidroponik. Kondisi kota membentuk pola perilaku yang berbeda dengan di desa, yaitu serba praktis dan realistis.

Ciri-ciri masyarakat kota (urban) antara lain :
  1. Kehidupan keagaam berkurang, karena cara berpikir yang rasional dan cenderung sekuler
  2. Sikap mandiri yang kuat  dan tidak terlalu tergantung pada orang lain sehingg cenderung individualistis
  3. Pembagian kerja sangat jelas dan tegas berdasarkan tingkat kemampuan/ keahlian
  4. Hubungan antar individu bersifat formal dan interaksi antar warga berdasarkan kepentingan.
  5. Sangat menghargai waktu sehingga perlu adanya perencanaan yang matang.
  6. Masyarakat cerderung terbuka terhadap perubahan didaerah tertentu (slum) 
  7. Tingkat pertumbuhan penduduknya sangat tinggi
  8. Kontrol sosial antar warga relatif rendah
  9. Kehidupan bersifat non agraris dan menuju kepada spesialisasi keterampilan
  10. Mobilitas sosialnya sangat tinggi karena penduduknya bersifat dinamis, memamanfaatkan waktu dan kesempatan, kreatif, dan inovatif.
Untuk lebih jelasnya dan memudahkan memahami tentang perbedaan masyarkat desa dan masyarakat kota ini dapat kita lihat dalam tabel dibawah ini :
            -----
TABEL PERBEDAAN MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN
NO
ASPEK
MASYARAKAT PEDESAAN
MASYARAKAT PERKOTAAN
1.
Lingkungan dan orientasi terhadap alam
Kenyataan alam sangat menunjang kehidupan
Cenderung bebas dari kenyataan alam
2.
Pekerjaan/ mata pencaharian
Yang menonjol adalah bertani, nelayan, beternak
Beraneka ragam dan terspesialisasi
3.
Ukuran komunitas
Lebih kecil dengan tingkat kepadatan rendah
Lebih besar dan kompleks dengan tingkat kepadatan tinggi
4.
Homogenitas/ heterogenitas
Homogenitas dalam ciri-ciri sosial, kepercayaan, bahasa, adat istiadat.
Heterogenitas dalam ciri-ciri sosial, kebudayaan, pekerjaan, dll.
5.
Pelapisan sosial
Ukuran pada kepemilikan tanah, kepercayaan, bahasa, adat istiadat
Ukuran pada kekayaan materi, tingkat pendidikan, Kesenjangan sosial relatif besar.
6.
Mobilitas Sosial
Relatif kecil karena masyarakat homogen
Relatif besar karena masyarakat heterogen
7.
Interaksi Sosial
Bentuk umum adalah kerjasama konflik sedapat mungkin dihindari, cenderung bersifat informal
Bentuk umum adalah persaingan, karena motif ekonomi, cenderung bersifat formal.
8.
Pengawasan Sosial
Kualitas pribadi tentukan oleh kejujuran, kebangsawanan dan pengalaman
Kualitas pribadi lebih ditentukan oleh sistem hirarki dan birokrasi
9.
Pola Kepemimpinan
Kualitas pribadi ditentukan oleh kejujuran, kebangsawanan, dan pengalaman
Kualitas pribadi lebih ditentukan oleh sistem hirarki dan birokrasi
10.
Solidaritas Sosial
Solidaritas sangat tinggi tampak dalam gotong-royong, musyawarah dalam berbagai macam kegiatan
Solidaritas masih berorientasi pada kepentingan tertentu.
11.
Nilai dan sistem Nilai
Cenderung memegang teguh nilai agama, etika, dan moral
Cenderung berorientasi pada ekonomi dan pendidikan.
http://visiuniversal.blogspot.com/

Demikian pengertian, perbedaan antara masyarakat desa dan masyarakat kota. Semoga bermanfaat. Selamat menempuh semester akhir, semoga kalian semua lulus dalam ujian nantinya. Terimakasih. wassalam....

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN GANGGUANNYA

Pencernaan manusia adalah pencernaan yang mengubah bahan makanan menjadi molekul-molekul yang dapat diserap usus. Prosesnya setelah makanan dimasukan ke dalam tubuh mengalami sejumlah perubahan, pemasukan makan ke dalam tubuh dinamakan ingesti. Proses pengubahan makanan menjadi molekul sederhana dinamakan digesti (pencernaan) diikuti  dengan proses absorpsi (penyerapan) dan proses asimilasi (pembentukan zat), pengeluaran zat yang tidak berguna (dalam bentuk ampas) dinamakan egesti. Pencernaan pada manusia secara umum dibagi dua bagian yaitu : Pencernaan Makanan dan Alat-alat Pencernaan makanan dengan mekanisme Pencernaan. 

Secara lebih jelasnya dapat dilihat dalam uraian berikut :

a. Pencernaan Makanan

Makanan yang masuk ke dalam rongga mulut mengalami proses perubahan sebagai berikut :
  1. Proses mekanis, pemecahan oleh geligi dan pengadukan oleh lidah.
  2. Proses fisis, pelarutan oleh air atau cairan yang dikeluarkan kelenjar-kelenjar pencernaan makanan
  3. Proses kemis, pemecahan oleh enzim-enzim pencernaan yaitu mengubah molekul besar menjadi molekul kecil.

b. Alat-alat Pencernaan dan Mekanisme Pencernaan
 
Alat pencernaan makanan pada manusia dimulai dari mulut, kerongkongan (eksofagus), lambung, usus halus, usus besar, rectum, dan anus. Selain itu terdapat organ yang membantu sistem pencernaan yaitu pancreas, hati, dan kandung empedu.

1. Mulut
Didalam mulut makanan dicerna dengan bantuan gigi, lidah dan air liur (ludah). Dengan demikian di dalam mulut terjadi pencernaan mekanisme dan kimia.

a). Gigi
Gigi berfungsi untuk memotong, mengoyak, dan mengunyak makanan. Gigi yang baru tumbuh disebut gigi susu (dens lacteus) kemudian tumbuh menjadi gigi sulung (dens desidui) yang berjumlah 20 buah.
Sejak umur 6 sampai 14 tahun , berturut-turut gigi tersebut tanggal dan diganti dengan gigi tetap / permanen Gigi tetap jumlahnya 32 buah.

b) Lidah
Lidah berfungsi untuk mengaduk makanan, membantu mendorong makanan masuk menuju kerongkongan dan sebaga alat kecap.

c) Ludah
Air ludah berfungsi untuk memudahkan menelan, dan membantu mencernakan makanan juga sebagai pelindung selapung mulut terhadap panas, dingin, asam, dan basa.

Air ludah mengandung ezim ptialin yang befungsi memecah amilium menjad gula disakarida. Enzim ptialin disebut juga amilase yang bekerja dalam suasana netral dengan  pH = 7.

Air ludah dihasilkan pada kelenjar ludah, ada 3 pasang kelenjar ludah, yaitu :
  • Glandula parotis (kelenjar dekat telinga) menghasilkan ludah berbentuk cair (serosa).
  • Glandula submaksilaris (kelenjar di rahang bawah),dan
  • Glandula sublingualis (kelenjar di bawah lidah) keduanya menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.

2. Kerongkongan (esofagus)

Makanan yang terlah diproses di mulut selanjutnya diteruskan ke kerongkongan. Kerongkongan merupakan otot sepanjang kurang lebih 25 cm yang dindingnya tersusun atas otot memanjang dan otot melingkar, secara bergantian otot-otot tersebut mengerut sehingga mengakibatkan gerak peristaltik untuk mendorong makanan bergerak ke arah lambung.

3. Lambung (ventrikulus) 

Lambung merupakan kantung besar yang terdapat di sebelah kiri rongga perut di bawah diafragma (sekat rongga dada).
Lambung terdiri dari:
- Kardiak, daerah lambung yang paling dekat dengan esofagus.
- Fundus, daerah lambung yang berbentuk membuat.
- Pylorus, bagian bawah lambung yang berdekatan dengan usus halus.

Dinding lambung terdiri atas lapisan-lapisan otot yang tersusun memanjang, melingkar dan menyerong. Karena konraksi otot tersebut makanan teraduk dan bercampur dengan getah lambung, hingga makanan dalam lambung berbentuk bubur (hime).


4. Usus Halus (Intestinum Tenue)

Usus Halus atau Intestinum Tenue terdiri dari 3 bagian yaitu :
- Duodenum (usus duabelajar jari) 25 Cm
- Yeyenum (usus kosong) 7 cm
- Ileum (usus penyerapan) 1 m

Pencernaan yang terjadi dalam usus halus berlangsung secara kimiawi  atau secara enzimatis, jika makanan dari lambung (yang bersifat asam) masuk ke usus 12 jari (deudenum), dinding duodenum akan mensekresikan hormon sekretin dan kolesiskinin. Sikretin akan merangsang pankreas mengeluarkan getah pankreas, kolesosotokinin merangsang dinding usus mengeluarkan hormon enterokinin yang mempengaruhi pengeluaran getah usus, getah pankreas diproduksi di dalam organ pankreas yang disalurkan duodenum.

5. Usus Besar (kolon)

Bahan makanan yang tidak dapat dicernakan masuk ke dalam kolon, di dalam kolon sisa makanan dibusukan oleh bakteri (aschericia coli) menjadi fases. Di samping itu di dalam kolon juga terjadi penyerapan air yag masih tersisa pada makanan, sehingga fases menjadi padat.Gerak peristalic kolon mendorong fases sedikit demi sedikit mendekati poros usus (rektum), yang mengakibatkan timbul rangsangan untuk buang air besar (defekasi). Rangsanganny disebut gastrikolik.Antara usus halus dan usus besar terdapat saluran usus buntu, pada usus buntu terdapat umbai cacing (apendik). Pada apendiks ini sering terjadi peradangan yang disebut apendiksis atau radang usus buntu.

6. Anus 

Anus adalah lubung pada bagian bawah tubuh manusia yang merupakan muara akhir dari saluran pencernaan, disebut lubang pelepasan (anus). Dinding anus terdiri dari dua lapis otot yang konsentrasinya sesuai kehendak manusia.

Gangguan-gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia

ada beberapa gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi pada manusia yang juga terkait dengan masalah kesehatan yaitu :

a. Gangguan pada mulut
Gangguan pada mulut yang umum terjadi pada manusia meliputi :
  1. Paratis, yaitu infeksi pada kelenjar parotis. Penyakit ini biasa disebut gondong.
  2. Xerostomia, adalah produksi air liur yang sangat sedikit.
b. Gangguan pada Lambung
Gangguan pada Lambung yang sering terjadi adalah :
  1. Gastrifis, timbulnya radang yang akut pada dinding lembung. Hal ini terjadi karena kita mengkonsumsi makanan yang kotor
  2. Ulkus. Timbulnya radang pada lambung, sementara makanan yang masuk sedikit
  3. Kolik, terjadi karena salah cerna akibat makanan yang masuk terlalu banyak
  4. Rusaknya sel-sel kelenjar getah lambung yang menyebabkan produksi getah lambung sedikit.
c. Gangguan pada usus
1) Diare, infeksi kuman pada kolon yang mengakibatkan pengaturan air pada fases terganggu, sehingga kerja kolon terpacu pada fases terlalu cepat keluar
2) Sembelit atau kontipasi, sulit buang air besar penyerapan air feses berlebihan
3) Apendisitis, yaitu apendeks yang meradan
4) Peritonitis, infeksi selaput rongga perut (pariostium).

MACAM-MACAM VITAMIN DAN MANFAATNYA UNTUK TUBUH

Warga belajar--sekalian, vitamin adalah zat makanan yang mutlak diperlukan oleh tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit, karena vitamin berfungsi sebagai coenzim dalam metabolisme, pertumbuhan dan pengaturan fungsi-fungsi tubuh. Beberapa vitamin dapat larut dalam air seperti vitamin B dan C, sedang yang lainnya dalam lemak seperti A, D, E dan K. Untuk lebih jelanya tentang macam-macam vitamin, sumber dan fungsinya serta akibat defisiensi atau kekurangaanya terhadap tubuh, dapat dilihat dalam tabel di bawah ini :

VITAMIN, SUMBER DAN FUNGSINYA
MACAM
SUMBER
FUNGSI
AKIBAT DEFISIENSI
(KEKURANGAN)
Vitamin A
(Aseroptol)
Mentega, ginjal, susu, hati, bayam, wortel, ubi merah
Pertumbuhan tulang mempengaruhi kerja rodopsin dalam penglihatan
Rabun senja, kornea mengering, kulit kering, pertumbuhan tulang terganggu
Vitamin B1
(Aneurin / Tiamin)
Hati, jantung, ginjal, otak, susu, kuning telur, kulit ari, beras, ragi wortel.
Sebagai koenzim keseimbangan ari, metabolisme karbohidrat dan penyerapan lemak
Beri-beri, gangguan transpor cairan tubuh, neuritis
Vitamin B2
(Riboflapin)
Ragi, telur, otak, jantung, ginjal, hati
Memindahkan rangsang sinar ke saraf mata dan sebagai koenzim dalam metabolisme makanan
Katarak, keilosis, terganggu proses pertumbuhan, kratitis mata.
Vitamin B6
(Piridoksin)

Hati, ikan, daging, sayuran
Membentuk koenzim A pembentukan eritrosit, pekerjaan saraf pertumbuhan tulang
Anemia pelagra kejang-kejang terhambatnya pertumbuhan obstipasi
Asam Pantotenat
Hati, daging, beras, ragi
Pembentukan koenzim A
Dermatitis dan interitis
Paraamino asam bensoat
Ragi dan hati
Mencegah timbulnya uban
Tumbuhnya uban
Vitamin B11
(asam folin)
Hati, tomat, kentang, ragi, buah-buahan
Pembentukan eritrosit
Anemia
Vitamin B12
Hati, ikan, susu
Pembentukan eritrosit
Anemia
Niasin (asam nikotin)
Hati, susu, kol, ragi, bayam, tomat, kedelai
Pertumbuhan sel, perombakan karbohidrat, dan mencegah pelagra
Dermatitis, diare pelupa
Vitamin C (asam karbohidrat)
Sayuran, buah-buahan, hati, dan ginjal
Oksida dan dehidrasi dalam sel, pembetnukan trombosit, aktifator macam-macam fermen perombakan protein dan lemak
Kerusakan sel endothelium, skorbit, kerusakan sumsum tulan dan sendi, menurunnya permiabilitas sel darah
Vitamin D
Susu, keju, mentega, ikan dan proitamin D pada kulit
Mengatur kadar kapur dan pospor, mempercepat penulangan dan mempengaruhi kerja kelenjar endokrin
Richetsia, penyakit rachitis, gangguan metabolisme zat kapur dan fosfor.
Vitamin D
Kecambah, susu, hati, ginjal, kuning telur
Menjegah pendarahan pada ibu hamil dan membantu proses pembelahan sel
Keguguran, sterilitas (kemandulan), layu otot
Vitamin K
Dalam tubuh dapat dibentuk oleh Esterichitia colt, bayam, kol, daging, susu, keju, mentega.
Pembentukan darah, pembetnukan protrombin
Darah sukar membeku.
Desigen: visiuniversal.blogspot.com

ZAT GARAM MINERAL DAN FUNGSINYA UNTUK TUBUH

Warga belajar--sekalian, sebagai sebuah pengetahuan untuk kita, zat-zat penting yang diperlukan tubuh perlu dipahami. Salah satu zat penting itu adalah garam mineral. Garam mineral diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Dalam tubuh tidak mengalami proses pencernaan, tetapi langsung diserap dibagian usus yaitu pada jonjot usus karena garam mineral ini mudah larut.

Terdapat kurang lebih 14 unsur yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel, melaksanakan reaksi kimia di dalam sel mengirim impul saraf dan mengangkut oksigen.

Tetapi dalam pembahasan kita kali ini akan coba kita bahasa beberapa unsur penting yaitu : Calsium (Ca), Fosfor (P), Besi (Fe), Tembaga (Cu), Natrium (Na), Kalium (K), Chloor (Cl), Fluor (F), Belerang (S), Jodium (J). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel di bawah ini :


Demikian semoga bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan warga belajar sekalian, terimakasih.

HAK SUAMI ATAS ISTRINYA MENURUT ISLAM

Hukum islam, Agama dan Pernikahan, kewajiban Istri, hak suami
Warga belajar--sekalian, pembahasan PAI kali ini terkait dengan masalah perkawinan, kemarin di kelas. diantara kawan-kawan kalian yang sudah menikah ada yang bertanya bagaimana sebenarnya hak seorang laki-laki atau suami itu kepada Istrinya, berikut akan kita coba ulas dengan melihat pembahasannya di bawah ini:

Allah SWT berfirman : Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. 4:1) 

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi para suami, mempunyai saru tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 2:228) :

1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya: wanita yang bagaimanakah yang paling baik ? maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab : yang menyenangkannya (suaminya) jika ia memandangnya, taat kepadanya jika dia memerintahkan, dan dia tidak menyelisihinya dalam dirinya dan hartanya dengan sesuatu yang dibencinya. (HR. Nasa'i).

2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : jika seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya, lalu dia tidak datang kepadanya, kemudian suaminya bermalam dalam keadaan marah, maka malaikat melaknatnya sampai pagi. Muttafaq 'alaih.

3. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : tidak halal bagi seorang wanita untuk puasa sedang suami berada padanya kecuali dengan izinnya, dan tidak boleh dia memberikan izin di rumahnya kecuali dengan seizin suaminya pula. Muttafaq 'alaihi.

Keterangan : 
 
Kaum lelaki mempunyai hak yang agung atas kaum wanita, karena kaum lelaki memperhatikan, memelihara dan melaksanakan kewajiban-kewajibannya terhadap mereka dan sebagai balasan atas kewajiban-kewajiban yang telah diwajibkan oleh Allah atas kaum lelaki yang dapat merealisasikan kebaikan bagi pasangan suami istri dan keluarga secara utuh.

Kandungan ayat dan hadits di atas :
  1. Besarnya hak kaum lelaki atas kaum wanita.
  2. Kewajiban kaum wanita (istri) untuk taat kepada suami dalam hal kebajikan  dan tidak bertentangan dengan perintah Allah, dan bahwa hal tersebut adalah sebab masuk surga bagi kaum wanita. 
Demikian pembahasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kita tentang Hak suami Atas Istrinya , semoga bermanfaat. terimakasih

MISTERI KEHIDUPAN KEDUA REINKARNASI

Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula"[1]) atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu.Sains telah gagal mengungkap misteri tentang adanya kehidupan kedua. Reinkarnasi sampai hari ini masih merupakan misteri, di luar pemahaman orang yang percaya dan orang-orang non-Muslim

Reinkarnasi Pada saat jiwa lahir kembali, roh yang utama kekal namun raga kasarlah yang rusak, sehingga roh harus berpindah ke badan yang baru untuk menikmati hasil perbuatannya. Pada saat memasuki badan yang baru, roh yang utama membawa hasil perbuatan dari kehidupannya yang terdahulu, yang mengakibatkan baik-buruk nasibnya kelak. Roh dan jiwa yang lahir kembali tidak akan mengingat kehidupannya yang terdahulu agar tidak mengenang duka yang bertumpuk-tumpuk di kehidupan lampau. Sebelum mereka bereinkarnasi, biasanya jiwa pergi ke surga atau ke neraka.

Dalam filsafat agama yang menganut faham reinkarnasi, neraka dan sorga adalah suatu tempat persinggahan sementara sebelum jiwa memasuki badan yang baru. Neraka merupakan suatu pengadilan agar jiwa lahir kembali ke badan yang sesuai dengan hasil perbuatannya dahulu. Dalam hal ini, manusia bisa bereinkarnasi menjadi makhluk berderajat rendah seperti hewan, dan sebaliknya hewan mampu bereinkarnasi menjadi manusia setelah mengalami kehidupan sebagai hewan selama ratusan, bahkan ribuan tahun. Sidang neraka juga memutuskan apakah suatu jiwa harus lahir di badan yang cacat atau tidak.

Jadi dalam konsep ini diyakini banyak anak berbakat seperti Mozart menggubah musik yang sederhana pada usia empat dan abad ke-17 matematikawan Blaise Pascal, yang telah menguraikan sistem geometrik baru pada saat ia telah mencapai usia 11 tahun mungkin adalah reinkarnasi dari orang-orang berbakat pada waktu sebelumnya. Annie Besant, feminis abad ke-19 dan pemimpin di London Theosophical Society, yakin bahwa ia akan bereinkarnasi. Pada abad ke-20, kasus Shanti Devi yang mengaku dapat mengingat kehidupan masa lalunya, terlalu terkenal. Meskipun semua kejelasan kasus, ilmu belum mampu menerimanya. Hal itu masih menuntut penjelasan ilmiah dan penelitian yang panjang.

Source: http://id.wikipedia.org/

RANGKUMAN BIOLOGI - STRUKTUR HEWAN

Hwan Kucing, strukutur kucing, hewanWarga belajar --sekalian, setelah pembahasan materi pelajaran Biologi kemarin tentang struktur hewan maka berikut ini akan kita rangkum beberapa hal penting tentang Struktur Hewan tersebut yaitu:  
Pada hewan bersel satu seluruh kegiatan metabolisme dilakukan oleh dan di dalam sel itu sendiri, pada hewan ber sel banyak kegiatan kehidupan terjadi baik di sel, juga melibatkan organisasisel yang lebih kompleks karena kegiatan kehidupan lebih spesifik. Struktur tubuh hewan terdiri dari jaringan, organ dan sistem organ.

Sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama akan menyusun jaringan, perubahan ini melalui proses spesialisasi yaitu proses perubahan bentuk dan fungsi sel macam jaringan pada hewan adalah jaringan epitelium, jaringan otot, jaringan ikat dan jaringan saraf.

Jaringan epitelium sel penyusunannya rapat tanpa ruang antar sel, berdasarkan bentuknya jaringan epitelium dapat dibedakan epitelium pipih, epitelium kubus, batas. Menurut banyaknya lapisan penyusunan epitelium dapat dibedakan menjadi epitelium selapis dan epitelium berlapis banyak.

Jaringan otot dapat dibedakan otot lurik, otot polos dan otot jantung. Fungsi jaringan otot sebagai alat gerak aktif.

Jaringan ikat berkembang dari masenkum, jaringan ini berfungsi sebagai penyokong dan penghubung antar organ spesialisasi dari sel-sel dalam jaringan ikat dapat membentuk leukosil, tulang ligamen dan tendon.

Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf berupa neuron. Fungsi sel saraf adalah menerima dan menghantarkan rangsang, ada tiga jenis neuron sensorik, neuron motorik dan neuron ajustor.

Organ tersusun atas berbagai jaringan yang mempunyai fungsi tertentu seperti paru-paru, jantung, telingan dan kulit. Organ-organ akan membentuk sistem organ yang mengandung spesifik fungsi tertentu. Contoh sistem organ adalah sistem pencernaan makanan, sistem transportasi, sistem eksresi dan sistem koordinasi. Sistem organ meskipun mendukung suatu fungsi tertentu pada hakekatnya dalam aktivitasnya tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berinteraksi dan saling melengkapi. Suatu sistem berpengaruh terhadap sistem lainnya. Dari keseluruhan kerjasama antara berbagai sistem organ membentuk satu individu.
 
Demikian rangkuman tentang Struktur hewan dalam pembahasan Mata pelajaran biologi, semoga bermanfaat, terimakasih.