Home » , , , » CARA MEMASANG HURUF ARAB DI KETIKAN KOMPUTER

CARA MEMASANG HURUF ARAB DI KETIKAN KOMPUTER

Warga belajar --visiuniversal, ketika kita disuruh mengetik bahan yang ada huruf arabnya kita kebingungan karena memang dikomputer atau laptop pada umumnya belum terpasang ketikan untuk hurup arab, Berikut ini kita posting cara memasang huruf arab di ketikan komputer tersebut ; .

Berikut langkah-langkah mengubah huruf arab di komputer/laptop Anda :


1. Klik tombol 'Start' kemudian klik 'Control Panel'

2. Setelah muncul halaman 'Control Panel', kemudian klik 'Change keyboard or other input methods'

3. Setelah muncul halaman 'Region and Language', pertama klik 'Keyboards and Languages' kemudian kedua klik 'Change Keyboards'.

4. Setelah muncul halaman 'Text Services and Input Languages', kemudian pertama klik tab 'General' kemudian kedua klik tombol 'Add'

5. Pada halaman 'Add Input Language', carilah font 'Arabic (Saudi Arabia), kemudian klik plus disamping kirinya, maka akan muncul 'keyboard' dibawahnya. Lalu klik tanda plus disamping kiri 'keyboard', maka akan muncul lima kotak centang dibawahnya. Tapi berilah tanda centang/list pada kotak 'Arabic (101) dan Arabic (102) saja. Kalau sudah selesai, klik OK pada semua halaman yang terbuka.


6. Setelah melakukan tahap 5, seharusnya Anda sudah berhasil Menambah Huruf Arab pda Komputer Anda. Untuk membuktikannya sudah berhasil atau belum, maka Anda harus cek. Dengan cara mengklik tulisan "EN" yang terdapat toolbar bawah sebelah kanan. Ketika diklik maka akan muncul En dan AR. Tapi jika komputer Anda hanya ada tulisan EN, berarti Anda belum berhasil melakukan tahap demi tahap cara mengubah huruf arab di komputer seperti yang tertulis diatas. Lihat gambar dibawah ini:

7. Untuk mengetik tulisan Arab, Anda harus ganti dari EN menjadi AR dengan cara mengkliknya seperti pada gambar cara ke-6. Lalu bukalah halaman baru Microsoft Word.
PENTING!!!

a. Pastikan Setting font/hurufnya adalah "AR"
b. Pastikan jenis huruf di Ms.Word adalah "Arial (Body CS)"
PRAKTIK...
Coba anda ketik huruf berikut:
FSL (spasi) HGGI (spasi) HGVPLK (spasi) HGVPDL
Kalimat apa yang akan muncul??? ^_^

8. Untuk mengetik huruf/tulisan arab lengkap dengan harakatnya secara cepat, Anda membutuhkan panduan keyboard Arabic. Anda bisa membaca tulisan Panduan Mengetik Arab Keyboard Arabic

Demikian tulisan Cara Mengubah Huruf Arab di Komputer versi saya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.


sumber : http://ehpakguru.blogspot.com/2014/01/cara-mengubah-huruf-arab-komputer.html

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel