Home » , , , » MENGENAL SISTEM JARINGAN KOMPUTER

MENGENAL SISTEM JARINGAN KOMPUTER

Kita mengenal jaringan komputer merupakan salah satu alternatif yang banyak dipakai dalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk memperlancar arus informasi dalam perusahaan tersebut.

Pada dasarnya jaringan komputer merupakan gabungan antara terknologi komputer dan teknologi komunikasi, sehingga melahirkan pengolahan data yang didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan hardware.

Sebuah jaringan umumnya terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CD/DVD ROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, geklombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

Jenis-jenis Jaringan

Jenis jaringan ada beberapa macam antara lain :

1. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, misalnya suatu kantor dalam sebuah gedung, sebuah sekolah dan lain sebagainya.

Pada LAN ini, ada satu komputer yang berfungsi sebagai file server yang berfungsi untuk menyimpan perangkat lunak yang mengatur aktivitas jaringan. Di samping itu ada komputer-komputer lain yang terhubung dalam jaringan yang biasa disebut dengan workstation yang biasanya mempunyai kemampuan di bawah file server.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan jaringan yang lebih besar dari LAN, misalnya antara kantor pusat yang berada di Jakarta dengan kantor cabang yang berada di Bogor. Pendek kata jaringan ini menghubungkan beberapa buah jaringan jaringan kecil ke dalam lingkungan yang lebih besar. Misalnya Perusahaan A yang berada di seluruh wilayah daerah tertentu.


3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang lingkupnya lebih luas yang biasanya menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut, misalnya keseluruhan jaringan Perusahaan A yang berada di Indonesia dan Negara-negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel