PENGERTIAN ISTILAH TREND: HOAX, LOL, LMAO, COZ DLL?

Warga belajar dan siswa sekalian, kemaren dalam kegiatan belajar dan pembelajaran komputer, ada yang bertanya beberapa istilah yang sering ditemukan dalam komputer dan Internet Arti atau pengertian dari bahasa-bahasa yang sedang tren di dunia maya ini seperti: Hoax, Oot, Lol, Lmao, Coz, Flamming, dan sebagainya. Istilah yang sering kita dengar dan lihat dalam dalam beberapa komentar blog atau sosial media yaitu Hoax, Oot, Lol, Lmao, Coz, Flamming, dan sebagainya. Seperti pengertian berikut ini :

1. Hoax = (Inggris) artinya tipuan, menipu. berita bohong ,berita palsu atau kabar burung . Jadi dapat dikatakan bahwa Hoax adalah  kata yang berarti ketidak benaran suatu informasi .
Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri. Sedangkan definisi Hoax menurut wikipedia adalah :
"Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. ."

Contoh :
A : wah kemarin si Lilis pergi bermesraan seharian lho sama si Udin.
B : hoax tuh , wong si Lilis kemarin pergi kondangan ama gue atau seperti ini :
A: Lu tahu kagak kalau sule nyalonkan jadi presiden ??
B : hoax ah...
Selain dalam bentuk tulisan, sering juga kita melihat dan mendengar istilah hoax ditemukan dalam bentuk tayangan gambar, beberapa gambar-gambar diinternet yang dibuat dengan teknologi digital dan direkayasa :"Oldig" sering dikatakan merupakan poto-poto hoax seperti foto yang menyankut isu yang menggemparkan seperti: Gambar UFO, Ular besar, disungai amazon, manusia terbang dan sebagainya.






2. OOT adalah singkatan dari Out of Topic , artinya, pembicaraan yang kita lakukan keluar dari topik yang sedang dibicarakan.

Contoh :
Judul Topik : Meletusnya Gunung Kelud.
A : Bicarain soal meletusnya Gunung kelud  ! Eh gimana sih sekarang keadaan kelud ?apa statusnya tetep Awas ?
B : Mungkin masih tuh.. tapi kemarin gue baca gunung Ciremai katanya mau dijual ke chevron ?. Bener ga yah  ??
C : katanya sih iya tapi warga sekitar banyak yang nolak, bla bla bla…....

Nah B dan C itu sudah Oot atau keluar dari topik semula tentang meletusnya Gunung Kelud

3. Lol = Laughing out loud  artinya tertawa keras . 
Kadang biar tampak lebih gaul suka pake 'lolz' ato 'lulz', tapi yg ini sebenarnya tidak ada singkatannya, cuma variasi penulisan 'lol' saja...

4. Lmao: laughing my ass off  (ngakak berat) , atau Lmfao: laughing my floor ass off  (bener2 ngakak berat)

5. Rofl: rolling on the floor laughing ( ngakak ampe guling2)

6. Roflol: rolling on the floor laughing out loud (guling2 sambil ketawa keras)

7. Roflmao: rolling on the floorlaughing my ass off (guling2 sambil ngakak berat)

8. TS : Thread Started , Orang yg pertama kali Membuat Postingan

9. Coz = asal katanya cause dibaca coz artinya karena…

10. FLAMING : Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.

Demikian kurang lebihnya Arti atau pengertian dari bahasa-bahasa yang sedang tren didunia maya ini seperti: Hoax, Oot, Lol, Lmao, Coz, Flamming, dan sebagainya. Semoga bermanfaat. Terimaksih Sudah berkunjung ke blog ini.

Sumber:
- http://linktea.blogspot.com/
- http://malambegadang.blogspot.com/



July 07, 2015

1 comments: