MENGENAL SEL : DALAM ILMU BIOLOGI

Visiuniversal---Wargabelajar-dan siswa sekalian Dalam pembahasan materi pelajaran Biologi dapat kita lihat Pengertian dari Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup. Segala aktivitas makhluk hidup bersel banyak merupakan manifestasi dari aktivitas sel.

Menurut Wikipedia. sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel. Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal, atau disebut organisme uniseluler, misalnya bakteri dan amoeba. Makhluk hidup lainnya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari banyak tipe sel terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing. Tubuh manusia, misalnya, tersusun atas lebih dari 1013 sel. Namun, seluruh tubuh semua organisme berasal dari hasil pembelahan satu sel. Contohnya, tubuh bakteri berasal dari pembelahan sel bakteri induknya, sementara tubuh tikus berasal dari pembelahan sel telur induknya yang sudah dibuahi. 

Sel -  Gambar: www.sron.nl

Sel-sel pada organisme multiseluler tidak akan bertahan lama jika masing-masing berdiri sendiri. Sel yang sama dikelompokkan menjadi jaringan, yang membangun organ dan kemudian sistem organ yang membentuk tubuh organisme tersebut. Contohnya, sel otot jantung membentuk jaringan otot jantung pada organ jantung yang merupakan bagian dari sistem organ peredaran darah pada tubuh manusia. Sementara itu, sel sendiri tersusun atas komponen-komponen yang disebut organe(Wikipedia.org).

Menurut Robert Hooke (1635 – 1703); Sel adalah unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Kata sel itu sendiri dikemukakan oleh  yang berarti kotak-kotak kosong, setelah ia mengamati sayatan gabus dengan mikroskop. Selanjutnya disimpulkan bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan protoplasma.

Istilah protoplasma pertama kali dipakai oleh Johannes Purkinje. Menurut Johannes Purkinje protoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu sitoplasma dan nukleoplasma. Schwaan dan Schleiden (1838), menyatakan bahwa tumbuhan dan hewan mempunyai persamaan, yaitu tubuhnya tersusun oleh sel-sel. Selanjutnya, teori tersebut dikembangkan menjadi suatu teori sebagai berikut:

  1. Sel adalah satuan struktural terkecil organisme hidup.
  2. Sel merupakan satuan fungsional terkecil organisme hidup
  3. sel berasal dari sel organisme tersusun oleh sel



1. Struktur dan Fungsi Sel secara Umum

1.1 Dinding sel

Dinding sel pada sel-sel tumbuhan berfungsi sebagai batas yang memisahkan antara sel yang satu dengan sel lainnya. dinding sel tersusun atas selulose (polisakarida). Dinding sel juga sebagai pelindung dan penunjang selaput plasma dan sitoplasma.

Di bawah dinding sel terdapat membaran atau selaput tipis yang banyak mengandung pori yang bersifat diferensial fermeabel. Membran sel ini terdiri atas protein dan lipida (lipoprotein). 

1.2 Sitoplasma

Cairan kental yang bersifat koloid yang terdapat di dalam sel disebut protoplasma. Cairan sel yang terdapat diantara membran inti dengan membran sel disebut sitoplasma. Cairan ini terdapat di dalam inti sel yang dibatasi oleh membran inti disebut nukleoplasma. Penyusun utama dari sitoplasma adalah air (90%). Berfungsi sebagai pelarut zat-zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kimia sel. Organel sel adalah benda-benda yang terdapat dalam sitoplasma dan bersifat hidup serta menjalankan fungsi-fungsi kehidupan.

Organel-organel yang terapat di dalam sitoplasma:

1.2.1 Tubulus mikro, berfungsi sebagai alat transportasi air, ion dan molekul-molekul kecil
1.2.2 Filamen mikro, berfungsi menjaga bentuk serta struktur sel serta membentuk komponen kontraktil pada sel-sel otot.
1.2.3 Sentrosom, berfungsi di dalam pembelahan sel
1.2.4 Retikulum endoplasma, berfungsi sebagai sistem sirkulasi di dalam sel dan mengedarkan bermacam-macam zat kedalam dan keluar sel melalui mekanisme aliran membran. 
1.2.5 Aparatus golgi, fungsi utamanya adalah sebagai alat sekskresi.
1.2.6 Lisosom, berfungsi sebagai penghasil enzim-enzim pencernaan
1.2.7 Ribosom, berfungsi sebagai tempat berlangsunya sintesis protein
1.2.8 Mitokondria, berfungsi di dalam pernapasan sel (proses oksidasi biologis).
1.2.9 Plastida, merupakan organel yang hanya terdapat pada sel-sel tumbuhan.


Biologi, Plastida, sel

1.3  Inti sel

inti sel berfungsi mengontrol semua aktivitas stiplasma dan organel-organel terdiri atas:

1.3.1 Selaput inti, berfungsi sebagai pembatas antara plasma inti dengan plasma sel, selaput ini berhubungan dengan retikulum endoplasma dan selaput plasma.

1.3.2 Plasma inti atau nukleoplas, berisi gula ribose, nukleotida dan asam nukleat. 

Di dalam plasma inti juga terdapat suatu struktur memanjang menyerupai benang yang disebut kromatin. Benang ini waktu pembelahan sel akan memendek dan menebal yang selanjutnya disebut kromosom.

1.3.3 Nukleolus, secara kimiawi disusun oleh sejumlah protein ribosom dan robosom RNA (rRNA).





January 15, 2016

0 comments:

Post a Comment