Home » , , , » PENGARUH IPTEK TERHADAP MASYARAKAT DAN PERKEMBANGAN BUDAYA

PENGARUH IPTEK TERHADAP MASYARAKAT DAN PERKEMBANGAN BUDAYA

Visiuniversal---IPTEK yang berkembang di masyarakat sangat banyak ragamnya, sesuai dengan perkembangan Zaman. Perkembangan IPTEK dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan. Teknologi yang merupakan hasil dari proses inovasi akan disebarluaskan kepada masyarakat. Dalam memperkenalkan teknologi yang telah disempurnakan tadi, tidak selalu dapat diterima oleh masyarakat karena berbagai hal. Sementara itu, suatu pemakaian produk inovasi dalam diri seseorang atau kelompok, juga akan menyebabkan timbulnya perubahan. Perubahan tersebut dapat terjadi pada aspek wujud konkret dari suatu kebudayaan, dapat pula pada sistem sosial dan pada sistem budaya. Apabila ada ketimpangan perubahan dalam ketiga wujud kebudayaan tersebut, Sering terjadi cultural lag atau keterlambatan kebudayaan.

Seperti contoh gejala cultural lag berikut ini :

Seperti halnya dengan fenomena cultural lag dalam menghadapi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknolog, juga akan berakibat timbulnya goncangan kebudayaan (cultural shock). Alvin Toffler menggambarkan berbagai sebab akibat dan perubahan yang terjadi sebagai dampak pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang akhirnya mengakibatkan perubahan pola-pola organisasi, gaya hidup dan cinta yang telah melanda Amerika.

Menjelang akhir abad ke-20, umat manusia dihadapkan pada suatu revolusi baru. Revolusi itu adalah berupa ditemukannya mikro prosesor (micro chips) sehingga laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat jarak antara suatu tempat dengan tempat lainnya, semakin dekat. Berbagai informasi yang terjadi di belahan bumi, misalnya peristiwa meletusnya Perang Teluk, runtuhnya menara WTC, Perang Irak, dan sebagainya dapat disaksikan oleh umat manusia secara bersamaan waktunya yang hanya terpaut dalam detik. Demikian pula kemajuan perkembangan internet, menyebabkan semua manusia di belahan bumi manapun dapat bersama-sama memperoleh akses dan memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan yang kompleks.

Sistem sosial dan sistem budaya suatu suku bangsa mamupun suatu bangsa, harus berpacu sama cepatnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di satu pihak, pada belahan dunia di negara-negara yang sedang berkembang masih dihadapkan pada cultural lag, sementara itu budaya masyarakat di negara industri maju dituntut selalu berubah yang kecepatannya sama dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ternyata,  tidak semua manusia di negara manju dapat menyesuaikan perubahan sistem sosial dan sistem ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar siap dan dapat mengikutinya, diperlukan seperangkat sistem nilai budaya tertentu, antara lain tingkat disiplin dan etos kerja yang tinggi dan inovatif, serta berjiwa kompetitif. Sementara itu mereka masih ingin merasakan dirinya itu makhluk manusia dan bukan mesin robot. Mereka yang tidak berhasil, akan menjadi frustasi, dan lari kedunia mimpi yang dapat dibangun melalui produk suatu ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri, seperti obat-obat terlarang, ganja, narkotika dan sebagainya.    

Demikian tentang Pengaruh IPTEK terhadap Masyarakat dan Perkembangan Budaya, Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Cari Artikel