MENGENAL JENIS-JENIS MUSIK DALAM KESENIAN

Musik Tradisional
Visiuniversal--Warga Belajar-dan siswa sekalian, dalam mata pelajaran dan pembahasan Materi Kesenian kita kali ini, kita akan menggali kembali beberapa jenis musik yang kita kenal secara umum. Jenis-jenis musik ini telah menjadi bahasan Pokok dalam memahami jenis musik di Indonesia Pada Khususnya di dunia Pada umumnya. 

Setelah mempelajari jenis-jenis musik ini, kalian diharapkan dapat; mempresentasikan tanggapan tentang keragaman seni nusantara dan negara lain dengan memperhatikan konteks kehidupan dan budaya masyarakat kita. Juga diharapkan warga belajar dan siswa dapat mendeskripsikan sejarah dan perkembangan musik tersebut.

Secara umum jenis musik terbagi menjadi 5 jenis musik yang akan kita bahas di sini. yaitu ; 
  1. Musik Klasik, 
  2. Musik Tradisional/Daerah
  3. Musik Modern
  4. Musik Kontemporer
  5. Komposer dan Arranger
 1. MUSIK KLASIK 

Kebanyakan dari kita jika mendengar tentang musik klasik beranggapan bahwa itu adalah salah satu jenis atau aliran musik, padahal musik klasik itu sebenarnya hanya merupakan salah satu periode perkembangan musik yang dianggap dapat mewakili seluruh periode tersebut pada zaman yang sudah ditentukan. Gambarannya musik pada jaman ini tidak menggunakan beat (drum-set) secara konstan. Sedangkan komposisi instrumennya beragam. Agar tidak terlalu jauh, akan kita mulai dari zaman yang sudah memiliki ciri-ciri yang jelas......


Baca tentang musik klasik Selengkapnya di bawah ini !!

Konser Musik Klasik

  1. Pembahasan tentang Musik Klasik, baca di sini !!
  2. Pembahasan tentang Musik Tradisional/Daerah baca di sini !!
  3. Pembahasan tentang Musik Modern baca di sini !!
  4. Pembahasan tentang Musik  Musik Kontemporer baca di sini !!
  5. Pembahasan tentang Musik Komposer dan Arranger baca di sini !!

Visiuniversal, pembahasan tentang jenis-jenis musik untuk materi pembelajaran kesenian Kejar Paket C Setara SMA dan SMA (Sekolah Menengah Tingkat Atas) kelas X dan XI.

 

PENGERTIAN ATAU APA ITU INOVASI ?

Belajar Berinovasi
Visiuniversal--Para GTK PAUD dan Dikmas, Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. yang akan mengikuti kegiatan Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2016. Dalam beberapa jenis lomba di tekankan pada kegiatan yang sifatnya inovasi, termasuk inovasi media dan inovasi pembelajaran dalam PAUD dan Dikmas.

Apa itu Inovasi ?

Kenyataannya masih banyak para Guru, Pendidik dan tenaga kependidikan yang masih ragu-ragu dan belum memahami seutuhnya tentang inovasi yang dimaksud. 

Menurut pengertiannya Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. 

secara umum, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

Inovasi Motor Gas Tabung 3 Kg ???
Dari pengertian di atas sudah jelas bahwa inovasi itu sifatnya pembaruan dan merupakan penemuan hal-hal baru yang bermanfaat baik bagi inovator atau pun orang lain yang dapat memanfaatkan hasil inovasi tersebut. Tetapi kesalahan pemahaman yang selama ini terjadi khususnya pada GTK PAUD dan Dikmas, adalah menganggap inovasi hanyalah sesuatu yang benar-benar baru yang sebelumnya tidak ada ditemukan orang lain, hingga kita menjadi kesulitan untuk menentukan dan membuat inovasi tersebut. Sebenarnya inovasi bisa mudah jika merupakan hasil dari:

1. Subtitution (Mengganti)

2. Combination (Menggabung/ mengkombinasi)

3. Adaftation (Mengadaptasi atau penyesuaian)

4. Modification (modifikasi)


Sebuah hasil karya tulis atau karya nyata dapat juga dikatakan merupakan inovasi jika sebagai hasil dari proses ke empat hal di atas; Subtitution, Combination,  Adaftation, Modification .

Demikian pengertian ringkas dari pengertian tentang Inovasi, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih,

MANFAAT IKAN GABUS UNTUK KESEHATAN IBU MELAHIRKAN

Visiuniversal---Penulis masih ingat ketika masih tinggal di Batola sebuah perkampungan Marabahan, di Kalimantan, ada kepercayaan masyarakat setelah melahirkan tidak boleh makan ikan lain selain ikan Haruan  (Ikan gabus) yang dibakar tanpa minyak dan bumbu. Ini berlaku hingga 40 hari setelah proses kelahiran anak, alasannya agar sang ibu tidak terkena penyakit tertentu atau yang disebut penduduk setempat penyakit "Kalalah" (Inveksi).

Ternyata apa yang dilakukan orang tempo dulu di daerah kalimantan ini, untuk menjaga kesehatan ada benarnya, ini terkait juga mengkonsumsi ikan Haruan atau ikan gabus tadi yang ternyata sangat baik untuk kesehatan seseorang, khususnya ibu yang baru melahirkan.


Ikan gabus atau yang bahasa Ilmiahnya dikenal dengan Chana striata selain mengandung albumin dalam jumlah banyak, juga mempunyai unsur seng (Zn) yang berperan dalam pengobatan luka. Oleh karenanya masyarakat di Makassar, Sulawesi Selatan atau Suku Dayak di Kalimantan Barat serta Kalimantan Selatan sejak lama memakai ikan haruan (ikan gabus dalam bahasa setempat) untuk menyembuhkan luka khitan pada anak ataupun luka ibu setelah bersalin.
Pemberian infus albumin sebenarnya terapis medis dalam meningkatkan albumin di tubuh karena sebelumnya turun (hipoalbumin). Tetapi ada cara lain dengan terapi nutrisi yaitu dengan memberi albumin ikan gabus dalam bentuk segar, kapsul, jel, atau cair.

Albumin ikan gabus juga mengandung senyawa asam amino penting untuk tubuh seperti
arginin, lisin, vialin, isoleusi, histidin, serta glutamin. Nah glutamin, umpamanya, berperan didalam tubuh dalam merangsang kekebalan tubuh hingga membantu mempercepat pengobatan luka. Secara umum kehadiran asam amino itu penting untuk pembentukan sel-sel baru serta mengganti sel-sel yang rusak di tubuh.(Baca kandungan dan khasiat Ikan Gabus)

Beberapa kasus pasien kanker, gagal ginjal, stroke, tuberkolusis, serta diabetes yang sudah menjalani terapi nutrisi dengan albumin ikan gabus memberi kondisi memuaskan. Sebagai contoh yaitu Amir Hamdan di Bandung Jawa Barat. Amir yang sejak 3 tahun lalu divonis menderita kanker kandung kemih harus menjalani kemoterapi sebagai salah satu pencegahan supaya sel-sel tumor di tubuhnya tak berkembang.

Pada kasus kemoterapi, efek samping yang diakibatkan biasanya : rambut rontok serta mudah lemas. Amir Hamdan yang selalu teratur mengkonsumsi 6 kapsul per hari albumin ikan gabus memperlihatkan kondisi menggembirakan. Setiap usai menjalani kemoterapi kanker, ia segera bugar serta rambutnya juga tak mengalami kerontokan.




Resep Sehat Konsumsi Ikan Gabus segar :

Resep 1
  • Ambil ikan gabus yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
  • Siang/ bersihkan sisik dan isi perut ikan, bersihkan juga dari lendir yang masih menempel.
  • Baluri ikan gabus dengan campuran asam jawa dan garam sedikit
  • biarkan beberapa saat untuk meresapkan campuran tadi
  • kemudian panggang/bakar ikan hingga matang.
  • Sajikan bersama nasi putih panas-panas.
Resep 2 
  • Siapkan 2 kg ikan gabus, bersihkan.
  • Kukus ikan gabus selama 30-40 menit dengan suhu pemanasan tak lebih dari 50 derajat Celsius.
  • Pisahkan pada daging serta tulang, lalu jus daging dengan air seperlunya. Untuk menyingkirkan amis tambahkan sedikit jeruk nipis serta sereh.
  • Ukuran 2 kg gabus dapat untuk 3-4 hari mengkonsumsi. Hasil blender berbentuk jus diminum 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi sekitar jam 07. 00 dan malam sekitar jam 18. 30. 
  • Dengan cara umum albumin dengan konsumsi segar bisa mencapai normal dalam waktu 5-6 hari mengkonsumsi.

Demikian tentang manfaat Ikan Haruan atau Ikan Gabus untuk ibu atau wanita yang habis melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog Visiuniversal, silakan melihat-lihat artikel kami yang lainnya..terima kasih.

Sumber: http://www.faktabeud.xyz

PENGERTIAN VARIABEL BEBAS, RESPON DAN KONTROL DALAM PENELITIAN

Pembelajaran_Paket C, Warga Belajar, Penelitian_Paket C
Penelitian_Paket C_Setara_SMA

Visiuniversal---Warga Belajar dan siswa sekalian, dalam materi pelajaran tentang penelitian sosial ini, kita menemukan salah satu pembahasan tentang Variabel. Begitu juga pada suatu laporan hasil percobaan, kita tentunya mengenal Variabel. Di SMA dan Kejar Paket C ada beberapa Variabel yang tentunya akan digunakan dalam laporan penelitian Ilmiah yang harus kita buat suatu saat nanti. dan masalah Variabel merupakan bagian terpenting pada laporan ilmiah tersebut.
Untuk memahami tentang variabel ini memang sedikit sulit sebab memiliki beragam jenis dan pengertian yang berlainan dari para ahli, karenanya kita akan coba ringkas dan bahas tentang 3 (tiga) variabel penting yang sering ditemukan dalam penelitian Ilmiah SMA saja.


Variabel yang harus kita pelajari ada 3, yaitu Variabel Bebas, Variabel Respon, dan Variabel Kontrol. Banyak memang pengertian mengenai variabel tersebut akan tetapi tidak jarang karena sulitnya pembahasan teoritsnya menyebabkan tidak semua orang dapat memahaminya dengan mudah. Kenyataannya memang sulit dalam mendefinisikan variabel-variabel tersebut. Karena itu dalam postingan kali ini akan kita coba untuk memahaminya dengan pengertian yang sesederhana mungkin sehingga para siswa dan warga belajar memahaminya dengan cepat dan benar.

Pengertian "Variabel" merupakan istilah yang tidak akan pernah lepas dalam setiap jenis kegiatan penelitian, F.N Kerlinger menjelaskan bahwa variabel adalah sama halnya dengan sebuah konsep seperti halnya laki-laki dalam konsep jenis kelamin, Jauh dalam konsep jarak, dan insaf dalam konsep kesadaran.  dan variabel ini adalah merupakan sebuah gejala yang bervariasi misalnya jenis kelamin, karena jenis kelamin mempunyai variasi: Laki-laki--Perempuan; Berat badan, karena ada berat 40 kg, 50 kg, dan sebagainya, gejala sendiri adalah objek penelitian sehingga variabel adalah objek penelitian yang bervariasi (Suharsimi Arikunto, 2002).

Pengertian Variabel Bebas
Variabel Bebas Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua perlakuan kamu terhadap percobaan tersebut yang dapat memicu suatu perubahan/hal lain atau bisa juga diartikan sebagai variabel yang mengakibatkan perubahan bagi variabel terikat/respon. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Bebasnya adalah Melakukan perendaman terhadap benda A.

Pengertian Variabel Respon
Variabel Respon Adalah Variabel yang mendefinisikan tentang semua hal yang terjadi apabila kamu melakukan tindakan terhadap percobaan tersebut (bukan Goal-nya) atau singkatnya akibat dari Variabel Bebas. Misalnya "...melakukan perendaman terhadap benda A akan memicu perubahan warna pada benda A.", maka Variabel Responnya adalah Perubahan warna pada benda A.

Pengertian Variabel Kontrol
Variabel Kontrol Adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable bebas terhadap variable terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.

Demikianlah warga belajar dan siswa sekalian ringkasan sederhana tentang 3 variabel; Variabel Bebas, Variabel Respon, dan Variabel Kontrol. Semoga uraian sederhana itu dapat membantu kita memahami lebih jauh tentang apa itu variabel dalam sebuah penelitian dan penulisan laporan ilmiah. terimakasih. sukses selalu untuk kita semua.

PERMENDIKBUD NO 4/2016 TENTANG ALIH FUNGSI SKB SEBAGAI SATUAN PENDIDIKAN

Visiuniversal---Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pedoman Alih Fungsi SKB menjadi Satuan Pendidikan Nonformal

Setelah melewati beberapa langkah dan proses perjalannya, akhirnya telah terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Alih Fungsi Sanggar Kegiatan Belajar Menjadi Satuan Pendidikan Nonformal yang ditandatangani pada tanggal 18 Februari 2016.

Dengan di tandatanganinya Permendikbud No 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Alih Fungsi Sanggar Kegiatan Belajar menjadi Satuan Pendidikan Nonformal oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan pada tanggal 18 Februari 2016, di harapkan setiap Kepala Daerah Kabupaten/ Kota dapat mengalih fungsikan UPTD SKB menjadi Satuan Pendidikan Nonformal berdasarkan usulan Kepala Dinas Pendidikan.  Pedoman alih fungsi Sanggar Kegiatan Belajar menjadi satuan Pendidikan Nonformal dapat di Download disini.

Satuan PNF alih fungsi dari UPTD SKB yang di tetapkan dengan peraturan Bupati/ Walikota, dapat melaksanakan tugas dan fungsi Satuan PNF. dalam melaksanakan Tugas sebagai penyelenggara program PNF, satuan PNF menyelenggarakan fungsi penyelenggaraan program percontohan pendidikan nonformal, pelaksanaan program pengabdian masyarakat di bidang PNF, pelaksanaan dan pembinaan hubungan kerjasama dengan orang tua peserta didik dan masyarakat serta pelaksanaan administrasi pada Satuan PNF alih fungsi dari SKB.

Satuan PNF alih fungsi dari SKB, berhak memperoleh Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasiional (NPSN), memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dan memperoleh pembinaan dari pemerintah dan pemerintah daerah serta pihak lain yang tidak mengikat. selain itu jug, Satuan PNF alih fungsi dari SKB dapat menyelenggarakan ujian nasional pendidikan kesetaraan dan/atau uji kompetensi program PNF sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, dan dapat menerbitkan  ijazah dan/atau sertifikat kompetensi bagi peserta didik sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Satuan PNF alih fungsi dari SKB juga memiliki kewajiban melaksanakan penjaminan mutu pendidikan nonformal. 

Download Permendikbud No 4 Tahun 2016
http://adf.ly/1Xsfes


KOTAK PENCARIAN