CARA PENDAFTARAN SISWA BARU PPDB ONLINE BANJARMASIN

Visiuniversal---PPDB adalah singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru. PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang sebagai sumber atau pusat informasin dan pengelolaan proses seleksi penerimaan siswa baru jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang mulai proses pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleksi dilakukan secara online.

Seperti kita ketahui bersama, setiap menjelang tahun ajaran baru, masing-masing sekolah mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bagi kebanyakan masyarakat mengenal PPDB ini dengan nama Penerimaan Siswa Baru atau PSB. PPDB dan PSB ini sebenarnya memiliki makna yang sama walaupun istilahnya berbeda. Salah satu tujuan Penerimaan Siswa Baru (PSB) atau (PPDB) ini adalah memberikan kesempatan kepada calon peserta didik baru untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. 

PPDB Offline artinya penerimaan siswa baru dilakukan secara langsung di sekolah atau tempat pendaftaraan yang telah ditunjung dinas Pendidikan setempat.Sedangkan PPDB Online artinya penerimaan siswa baru dilakukan secara online mulai dari pendaftaraan, seleksi dan pengumuman kelulusan melalui situs resmi masing-masing sekolah atau masing-masing wilayah kota dan kabupaten setempat secara Online.

Download Aplikasi Android PPDB Online

Adapun tata cara pendaftaran PPDB Online seperti langkah-langkah di bawah :
  1. Buka situs PPDB Online Kota/ kabupaten tujuan  - - -> Klik di sini
  2.  Klik atau pilih salah satu jenjang Pendidikan yang dituju (SD/SMP/SMA/SMK) atau bisa klik pada salah satu jalur penerimaannya (jalur umum/jalur reguler/jalur prestasi/jalur keluarga miskin/jalur lainnya yang tersedia)
  3. Klik menu Daftar
  4. Isilah formulir Pra Pendaftaran Online (Khusus untuk calon siswa baru lulusan tahun sebelumnya atau lulusans luar kota/kabuaten atau lulusan Sekolah Luar Negeri atau lulusan Program Kesetaraan Paket A/B).
  5. Isilah formulir Pendaftaran Online dan pilih Loket Sekolah pilihan anda
  6. Cetak tanda Bukti pendaftaran Online
  7. Melakukan Verifikasi Pendaftaran ke Sekolah langsung
  8. Melihat pengumuman kelulusan PPDB Online-Kota Banjarmasin,bisa klik di sini 
  9. PPDB Online-Kota Banjarmasin dapat dilihat lewat HP atau tablet android, dengan mengunduh aplikasinya, Versi Android Telah Tersedia di Google PlayStore. Untuk Versi Android dari PPDB-Banjarmasin ini, kini bisa unduh juga lewat Gadget Android pada Google PlayStore. Silahkan bisa unduh, dengan kata kunci 'PPDB Banjarmasin' atau 'Banjarmasin' atau 'ppdb'.

PENGANGKATAN CPNS BAGI HONORER K1 DAN HONORER K2

Visiuniversal---Dalam isu-isu pengangkatan CPNS di daerah-daerah banyak terjadi pertanyaan dari sebagian honorer, termasuk kategori yang manakah honorer mereka selama ini, apa yang  dimaksud Honorer K1 dan Honorer K2, berikut penjelasannya :

Tenaga honorer adalah seseorang yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu pada isntansi pemerintah atau yang pengahsilannya menjadi beban APBN/APBD. Mungkin ada sebagian orang yang masih bingung, apakah yang dimaksud dengan tenaga Honorer K1 dan Honorer K2?

Honorer kategori 1 (K1) merupakan tenaga honorer yang pembiayaan honornya dibiayai langsung oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Untuk diketahui, tenaga honorer yang masuk kategori 1 sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 5/2010, adalah tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintahan terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2005, secara terus menerus. Honorer K1 memiliki peluang langsung diangkat menjadi PNS.

Adapun Tenaga Honorer K2 adalah tenaga honorer yang diangkat per 1 Januari 2005 dan tidak mendapat upah dari APBD/APBN. Untuk tenaga honorer kategori 2 apabila ingin diangkat menjadi CPNS harus mengikuti tes seleksi terlebih dahulu. Selain itu, tenaga honorer yang diangkat selepas kurun 2005-2008 termasuk ke dalam tenaga honorer kategori 3 (non-kategori). Peluang tenaga honorer kategori 3 menjadi CPNS tampaknya jauh lebih sulit dibandingkan dua kategori sebelumnya.

Tenaga Honorer K1 yang dinilai tidak memenuhi syarat bisa turun status menjadi honorer kategori 2. Bahkan untuk tahun 2013 ini, tenaga honorer Kategori 1 (K1) dan tenaga honorer Kategori 2 (K2) yang tidak memenuhi kriteria serta kemungkinan tidak lolos dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemerintah mempertimbangkan peluang untuk mengalihkan status mereka sebagai pegawai kontrak dengan gaji dan tunjangan yang sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bedanya, pegawai kontrak ini tidak akan mendapatkan uang pensiunan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan, ketentuan ini nantinya akan dimasukkan ke dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang saat ini RUU-nya masih dalam pembahasan pemerintah bersama DPR. Namun Kepala BKN itu menegaskan, tidak serta merta seluruh honorer K1 dan K2 langsung diangkat menjadi pegawai kontrak (PPK). Mereka harus tetap melewati seleksi, baik tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB). Selain itu juga harus ada formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang bersangkutan.

TERUNGKAP ! INILAH FUNGSI SEBENARNYA PENGHAPUS DUA WARNA

Visiuniversal---Para siswa dan warga belajar sekalian, dulu pada jaman-jaman masih banyak menggunakan pensil untuk menulis, kita menggunakan penghapus dan ada penghapus yang memiliki dua warna biru dan merah. Penulis sendiri awalnya tidak mengetahui fungsi yang warna biru ini, hanya meyakini jika bagian yang memiliki warna biru pada penghapus ini digunakan untuk menghapus tinta pulpen pada kertas. Ini memang seperti anggapan kebanyakan teman-teman penulis waktu itu !

Usut punya usut, ternyata apa yang kita pikir selama ini tentang fungsi sisi biru penghapus ini ternyata salah. Buktinya jika memang benar sisi biru digunakan untuk mengapus tinta pulpen mengapa berujung kertas buku Anda malah robek tak karuan? Pada dasarnya bagian merah memang bertugas untuk mengapus goresan pensil tapi tidak demikian dengan bagian berwarna biru.

Ternyata sisi merah dan biru memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama untuk menghapus pensil. Tapi, untuk sisi biru ini hanya digunakan untuk menghapus pensil di atas kertas yang memiliki tekstur yang lebih tebal dan kasar seperti kertas kartu atau kertas buram. Dengan memanfaatkan sisi biru ini, Anda tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghapus pensil dari kertas yang bertekstur tebal.

Mungkin Anda masih tak yakin karena adanya simbol pena pada bagian berwarna biru ini. Yang perlu Anda ketahui, ternyata ada bahan tinta pena yang tidak menyerap kuat pada kertas, nah, sisi biru ini digunakan untuk menghapus tinta pulpen khusus tadi. Jadi tidak semua bahan tinta dapat dihapus dengan bagian biru ini. Itulah mengapa, Anda selalu menghancurkan kertas saat menghapus dengan sisi biru ini.
 
Dewasa ini dengan bekembangnya penghapus cair untuk tinta pulpen (Corectionlaks) agaknya sudah jarang kita temukan penghapus dengan dua sisi warna biru dan putih tersebut. sekarang penghapus yang beredar dipasaran hanya penghapus yang berwarna putih saja untuk sekedar menghapus tulisan dari pensil kita.

Source: solo.tribunnews.com

LOGIKA DAN EMOSI ITU TERPISAH : MENURUT PARA ILMUAN

Visiuniversal--Warga belajar dan siswa sekalian, kita sering mendengar perkataan tentang Logika dan emosi, Semisal; orang berkata bahwa kamu tidak terlalu emosi, tidak pakai logika. Atau ada yang bilang berpikir logis jangan pakai emosi, karena itu pada dasarnya Logika dan emosi kerap dianggap dua hal yang tak pernah bisa bersatu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan peneliti pikiran membuktikan bahwa anggapan itu benar setelah mereka memindai cara kerja otak manusia.

Untuk mengetahui hal itu, Anthony Jack, peneliti sains kognitif dari Case Western Reserve University di Ohio, Amerika Serikat, menguji kemampuan otak manusia dalam mengolah logika dan empati.

Ia memindai otak 45 mahasiswa ketika dihadapkan pada permasalahan sosial dan soal fisika. Pemindai bisa menunjukkan bagian otak yang aktif ketika otak manusia melakukan dua aktivitas tersebut. "Ketika otak sibuk berempati, jaringan saraf untuk menganalisis masalah beristirahat. Pergantian ini bergantung pada aktivitas yang sedang dilakukan," ujar Jack.

Jack menganalogikan kondisi ini dengan ilusi optis ketika seseorang melihat gambar khusus. Ilusi membuat orang hanya bisa melihat foto tersebut sebagai itik atau kelinci. Tak mungkin bagi seseorang melihat kedua binatang tersebut dalam waktu bersamaan. Batasan pada indra penglihatan manusia ini disebut persaingan persepsi. "Emosi dan logika berada di dua lokasi yang berbeda di otak," kata Jack. 


Logika dan emosi kerap dianggap dua hal yang tak pernah bisa bersatu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti pikiran membuktikan bahwa anggapan itu benar setelah mereka memindai cara kerja otak manusia.

Untuk mengetahui hal itu, Anthony Jack, peneliti sains kognitif dari Case Western Reserve University di Ohio, Amerika Serikat, menguji kemampuan otak manusia dalam mengolah logika dan empati.

Ia memindai otak 45 mahasiswa ketika dihadapkan pada permasalahan sosial dan soal fisika. Pemindai bisa menunjukkan bagian otak yang aktif ketika otak manusia melakukan dua aktivitas tersebut. "Ketika otak sibuk berempati, jaringan saraf untuk menganalisis masalah beristirahat. Pergantian ini bergantung pada aktivitas yang sedang dilakukan," ujar Jack.

Jack menganalogikan kondisi ini dengan ilusi optis ketika seseorang melihat gambar khusus. Ilusi membuat orang hanya bisa melihat foto tersebut sebagai itik atau kelinci. Tak mungkin bagi seseorang melihat kedua binatang tersebut dalam waktu bersamaan. Batasan pada indra penglihatan manusia ini disebut persaingan persepsi. "Emosi dan logika berada di dua lokasi yang berbeda di otak," kata Jack.

Demikianlah wargabelajar dan siswa sekalian, pembaca setia visiuniversal, tentang logika dan emosi yang terpisah menurut para ahli, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. terimakasih.

Sumber: u.msn.com

NAMA PENEMU DAN PENEMUAN PENTING YANG SANGAT BERPENGARUH PADA DUNIA

Visiuniversal---Dalam perjalanan sejarah, kehidupan manusia di muka bumi terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Sekarang kita telah menikmati kemudahan dan beragam fasilitas yang mendukung terhadap kehidupan kita sehari-hari, hal ini karena jasa dan peran penting dari para penemu beserta penemuannya yang sangat berpengaruh dalam perkembangan dan kemajuan dunia ini.

Berikut Daftar Nama-nama para Penemu Dan Benda/temuan Yang sangat penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia ini :
  1. Albert Eistein adalah penemu Energi bom atom tahun 1903-1905
  2. Alessandro Volta Penemu baterei listrik tahun 1800
  3. Alexander Graham Bell Penemu Telepon tahun 1872
  4. Alexander Parkes Penemu Plastik tahun 1862
  5. Anthoni Van Leeuwenhoek Penemu Microskop tahun 1673
  6. Hargeaves Penemu Mesin Pemintal tahun 1967
  7. Kay Penemu Mesin tenun tahun 1733
  8. Charleas Goog Year Penemu Ban Karet tahun 1839
  9. Chester Charlson Penemu Mesin foto copy tahun 1948
  10. Cristian Huygens Penemu Jam Gandul tahun 1656
  11. Chistoper L. Sholes Penemu tahun 1867
  12. Cristoporus Colombus Penemu Benua Amerika tahun 1492
  13. Galileo Galilei Penemu Teleskop 1609
  14. Willhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X tahun 1895
  15. Lake Penemu kapal Selam tahun 1894
  16. Dr. Koji Ochizono Penemu Obat susah tidur (SPS)
  17. Elis Howe Penemu Mesin Jahit tahun 1846
  18. Dr. Vannevar Bush Penemu Komputer Mekanik tahun 1928
  19. Frederik Banting Penemu Insulin tahun 1922
  20. Colours Lineus Penemu Klasifikasi Hewan dan Tumbuhan
  21. Edward Jenner Penemu Vaksinasi
  22. Geogre Eastmann Penemu Roll Film tahun 1884
  23. Geogre Stephenson Penemu Lokomotif tahun 1829
  24. Hansen Penemu Baksil Lepra
  25. Howard Aiken Penemu Komputer Digital tahun 1944
  26. Igor Sikorsky Penemu Helikopter tahun 1939
  27. Yoseph Asdpin Penemu Semen Portland tahun 1924
  28. James Watt Penemu Mesin Uap tahun 1756
  29. John Logi Bair Penemu Televisi tahun 1925
  30. Johannes Gutenberg Penemu Mesin Cetak tahun 1940
  31. Josep Henri Penemu Motor listrik tahun 1840
  32. Karl Van Sanerbroan Penemu Sepeda
  33. Luois Braille Penemu Huruf Braille Tahun 1829
  34. Luois Pasteur Penemu Serum Anjing Gila Rabies
  35. Pierre dan Marie Currie Penemu Radium Polonium
  36. Marconi Penemu Radio tahun 1902
  37. Niclos Cugnot Penemu Mobil tahun 1770
  38. NJ. Conte Penemu Pensil tahun 1795
  39. Jouffroy Penemu Kapal Uap tahun 1778
  40. Robert Koch Penemu Bakteri TBC
  41. Robert Watson Watt Penemu Radar tahun 1935
  42. Rudolf Diesel Penemu Mesin Diesel tahun 1897
  43. Rene Leannec Penemu Stetoskop tahun 1819
  44. Samuel Colt Penemu Revolver tahun 1836
  45. Samuel Finley Brezee Morse Penemu Telegrap tahun 1837
  46. Sir Geogre Langle Penemu Kapal terbang di sempurnakan Wright Bersaudara
  47. Lewis Water Man Penemu Bulpen tahun 1884
  48. Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar tahun 1879
  49. Vladmir Squorykin Penemu Mikroskop Listrik
  50. Willian Havery Penemu peredaran Darah
  51. Willian Morton Penemu Narcosis atau Obat Bius
  52. John Willis IX Penemu Huruf Steno
  53. Zakarias Jensen Penemu Mikroskop
  54. Benyamin Flanklin Penemu Arus Listrik
  55. Archimedes Penemu Massa Jenis
  56. Dr. Dunlop Penemu Bann Pompa
  57. Faraday Penemu Dinamo Generator
  58. Brearky Penemu Baja Tahan Karat
  59. J.J. Thomson Penemu Elektron
  60. Issac Newton Penemu Garfitasi Bumi
  61. Ibnu Sina Penemu Ilmu Kedokteran
  62. Al Jabru Penemu Ilmu Hitung
  63. Franklin Penemu Lensa
  64. Emie Av. Behring Penemu Serem Dipteri
  65. Nikolaus Otto Penemu Mesin Uap.
Demikianlah para siswa dan warga belajar sekalian tentang para penemu beserta penemuannya yang sangat berpengaruh dan berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan dunia ini. semoga bermanfaat, terimakasih.

KOTAK PENCARIAN