INILAH PENTINGNYA KEGIATAN BERMAIN MUSIK DI SEKOLAH

Visiuniversal---Warga belajar dan siswa sekalian, Musik adalah salah satu cabang seni, Musik dapat diwujudkan dengan adanya bunyi, dengan kata lain media musik atau bahan untuk terwujudnya musik adalah bunyi dan diam. Menurut Remer (dalam buku: Elliot, 1992) musik dibangun oleh unsur-unsur ritme, melodi, harmoni, tekstur, bentuk yang dibungkus oleh kualitas musik yaitu unsur warna bunyi atau warna nada dan kekuatan (volume atau intensitas) atau dinamika bunyi. 

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. (wikipedia.org)


Kegiatan Bermain Musik di Sekolah
 
Bermain musik itu sangat penting bagi seseorang, karena dapat meningkatkan kemampuan musikal seseorang yang selanjutnya dapat mempengaruhi secara positif bidang kemampuan yang lainnya. Bidang kemampuan yang dapat dipengaruhi secara positif oleh musik ini adalah bidang bahasa, komunikasi, fisik, emosi, esetetika, sosial , kognitif dan science.

Teori Multiple Intelligences yang dikembangkan Gardner pada tahun 1980-an, memperkuat pendapat bahwa seni khususnya musik ini mempunyai fungsi dan pengaruh dalam mengembangkan intelegensi seseorang. Teori ini memberikan wacana yang lebih luas dalam memandang seseorang secara holistik. Secara khusus tentang musik dan sekolah ini, teori multiple intelligences yang dikembangkan Garner ini memberikan perluasan wawasan bahwa manusia memiliki intelegen khususnya intelegen musikal.

Kecerdasan musikal didefinisikan sebagai kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal. Kemampuan ini, meliputi (1) kemampuan mempersepsi bentuk musikal, seperti menangkap atau menikmati musik dan bunyi-bunyi berpola nada, (2) kemampuan membedakan bentuk musikal, seperti membedakan dan membandingkan ciri musikal bunyi, suara, dan alat musik, (3) kemampuan mengubah bentuk musikal, seperti mencipta dan memversikan musik, dan (4) kemampuan mengekspresikan bentuk musikal, seperti menyanyi, bersenandung, dan bersiul-siul. Hal ini berarti, kecerdasan musikal meliputi kemampuan mempersepsi dan memahami, mencipta, dan menyajikan bentuk-bentuk musikal (Armstrong, 2003). 

Seseorang siswa di sekolah yang menonjol dalam perkembangan musik akan peka terhadap suara-suara di sekelilingnya, termasuk suara dari alat musik dan suara orang yang sangat mungkin tidak diperhatikan oleh anak sebaya lainnya. Seseorang yang mempunyai kepekaan tinggi ini suatu ketika terlihat sedih apabila tanpa musik. Mereka lalu bersenandung untuk memecah keheningan yang terjadi.

Tujuan kegiatan seni musik di sekolah bukanlah membuat anak mampu menghasilkan keterampilan khusus dalam bermusik, tetapi lebih pada membantu anak untuk mampu mengungkapkan diri melalui seni musik tersebut. Dengan kegiatan bermain musik seorang siswa mampu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik karena kemampuannya untuk mengungkapkan dirinya menjadi lebih jelas dan terarah.

Demikian tentang pentingnya kegiatan bermain musik di sekolah ini, semoga bermanfaat, Terima kasih.

CARA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN POIN DARI GOOGLE MAPS

Visiuniversal---Warga belajar dan siswa sekalian, buat kamu yang senang jalan-jalan dan menjelajah ketempat-tempat menarik, sering mengabadikan tempat-tempat indah dan menarik itu, alangkah baiknya jika hasil perjalanan wisata kamu tersebut dikontribusikan pada google maps. Banyak keuntungan yang akan kita peroleh sebagai reward dari google maps. Untuk mendapatkan reward dan hadiah google ini kita cuma diminta mengumpulkan poin dari hasil kontribusi konten kita ynag bisa berupa tempat, gambar atau foto, mencantumkan tempat yang ada digoogle maps atau mengedit informasi tempat google maps tersebut.    Warga belajar dan siswa sekalian. Berikut ini cara Berkontribusi pada Google Maps dan mendapatkan poin :

Terlebih dahalu anda harus punya akun Google, yang belum punya akun daftar klik di sini !
Selanjutnya mendaftar menjadi Local Guide yang akan berkontribusi konten di Google maps. Lihat caranya menjadi Local Guide di sini!!

Daftar menjadi Local Guide dan dapatkan banyak manfaat dengan menyumbangkan konten ke Google Maps. Kumpulkan poin melalui lima cara:
  1. Mengulas tempat
  2. Menambahkan foto ke suatu tempat
  3. Menjawab pertanyaan tentang tempat
  4. Menambahkan tempat yang belum tercantum
  5. Mengedit informasi tempat
Cara Menambahkan Tempat yang belum tercantum

Anda akan mendapatkan satu poin untuk setiap jenis kontribusi yang Anda berikan untuk suatu tempat. Misalnya, jika Anda menambahkan tiga foto ke suatu tempat, Anda akan mendapatkan satu poin. Jika Anda menambahkan ulasan ke tempat yang sama, Anda akan mendapatkan poin lagi.
 
Melihat perincian poin Anda

Komputer AndroidiPhone & iPad

Pada komputer Anda, buka Google Maps.
Klik Menu > Kontribusi Anda.
Klik nama Anda.
Poin Anda akan muncul di profil. Setelah Anda memberikan kontribusi, mungkin dibutuhkan hingga 24 jam sebelum poin Anda muncul di profil.

Catatan: Sebagai Local Guide, Anda juga bisa naik level jika mendapatkan lebih banyak poin. Cari tahu manfaat yang ada di setiap level.

Demikian cara mendapatka keuntungan poin dari berkontribusi kontens pada google maps, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Sumber : Google/ Google Maps

MENGENAL ALGA, LUMUT, DAN PAKU-PAKUAN

Visiuniversal---Warga belajar dan siswa sekalian, dalam pembahasan materi IPA kali ini kita akan mempelajari mengenai alga, lumut dan paku-pakuan, Perlu kalian ketahui Di seluruh dunia ada kurang lebih 350 ribu spesies tumbuhan yang hidup di dunia. Hampir semua jenis tumbuhan tersebut memiliki ciri khas sendiri sendiri. Ciri ciri tersebut yang akan membedakan bentuk tumbuhan yang satu dengan tumbuhan yang lainnya. Termasuk tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut memiliki ciri khas atau ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan tersebut untuk membedakan tumbuhan itu dengan tumbuhan yang lainnya, seperti berikut ini:

A. ALGA/GANGGANG

Alga-Ganggang

Alga atau merupakan tumbuhan talus (thallophyta) yang memiliki pigmen klorofil sehingga berfotosintesis dan bersifat autotrof, bnetuk tubuh ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak, hidup sendiri-sendiri atau berkoloni, selnya bersifat eukariotik, habitat laut, air tawar, dan tanah yang lembab.

Alga atau ganggang dibagi menjadi empat kelas yaitu:

1. Alga Hijau (Chlorophyta)
2. Alga Keemasan (Chrysophyta)
3. Alga Perang (Phaeophyta)
4. Alga Merah (Rhodophyta).

Berikut penjelasan masing-masing jenis alga tersebut :

1. Alga Hijau (Chlorophyta)

Mengandung kloroplas (plastisida berpigmen hijau) dengan butiran pirenoid tengahnya. Bentuk kloroplas menunjukan ciri genus. Butiran-butiran berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan amilum, tubuh bersel satu, berkoloni, bersel banyak membentuk benang dan berbentuk lembaran. Berkembang biak secara vegetatif dengan membentuk zoospora dan secara generatif dengan konyugasi.
Contoh:
a. Spirogyra, alga hijau berbentuk benang memiliki kloroplas terpilin seperti sepiral.
b. Chorella, alga hijau bersel satu serupa bola-bola kecil dengan kloroplas berbentuk mangkok.
c. Ulva, alga ini terkenal dengan nama selada laut karena berbentuk lembaran seperti selada bokor.

2. Alga Keemasan (Chrysophyta)

Memiliki pigmen kuning-keemasan (chrysos) tidak memiliki pirenoid dan kloroplasnya kecil-kecil, beberapa jenis memiliki dinding sel dari silikat pektin. Zat makanan cadangan utamanya adalah minyak/lemak laminarin dan sedikit pati.
Contoh:
a. Navicula sp, dinding sel terdiri dari senyawa kersik, bentuk tubuhnya seperti kotak (hipotekaepitek)
b. Voucheria sesilis, merupakan contoh dari alga kuning dengan thallus berupa buluh tak bersekat.

3. Alga Perang (Phaeophyta)

Memiliki pigmen coklat dan mengandung minyak laminarin dan asam alginat.
Contoh:
a. Turbinaria, memiliki filoid (daun) serupa turbin/corong   
b. Sargasum, memiliki filod (daun) serupa tumbuhan tinggkat tinggi.
c. Padina, memiliki filoid (daun) serupa jamur/telinga
d. Fucus vesiculostis, filoid seperti tumbuhan tinggi.

4. Alga Merah (Rhodophyta)

Umumnya memiliki pigmen merah dan mengandung zat makanan bahan agar-agar (floridean), zat kapur (corallina) dan zat pektin (chodrus gigartina).
Contoh:
a. Euchema siponisum, warna kemerahan
b. Gelidium sp, warna kehijauan
c. Gracilaria sp, warna kecoklatan
d. Chondrus crispus, warna kemerahan


B. LUMUT (BRYOPHYTA)

Lumut
Ciri umum:
1. Daun belum memiliki pertulangan atau urat daun
2. Belum memiliki akar sejati, hanya rhizoid sebagai alat penghisap makanan.
3. Batangnya belum memiliki berkas pembuluh angkut
4. Berkembang biak dengan sepora yang dibentuk di dalam sporogonium
5. Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis).

Tumbuhan lumut (Bryophyta) dibagi menjadi dua kelas, yaitu:

a. Kelas Hepaticeae (lumut hati)
Ciri khas:
1. Bemntuk tubuh pipih
2. Arah tumbuh tidak tegak (umumnya mendarat)
3. Umumnya tidak berdaun
4. Sporofit tersembunyi.

Beberapa ordo dari hepaticae:
1. Ordo Jungermanjales, contoh: Jungermania sp
2. Ordo Marchantiales, contoh Marchatia sp
3. Ordo Anthocerotales, contoh Anthoceros sp

b. Kelas Musci (lumut daun)

Ciri khas:
1. Bentuk tubuh dan arah tumbuh tegak
2. Berdaun serupa sisik yang rapat
3. Sporophyt.

Beberapa ordo dari musci:
1. Ordo Polytrichales, contoh Polytrichum sp
2. Ordo Bryales, contoh Mnium sp
3. Ordo Hypnobryales, contoh Mniodendron sp


C. PAKU (PTERIDHOPYTA)


 
a. Ciri umum :
 
1. Batang bercabang dan ada yang berkayu.
2. Daunnya sudah memiliki urat-urat daun tetapi ada yang tidak berdaun atau daunnya berupa sisik
3. Rhozoidnya sudah berkembang ke bentuk akar
4. Sudah memiliki berkas pembuluh akut (xilem dan floem)
5. Berkembang biak dengan spora. Spora dibentuk di dalam sprangium
6. Mengalami pergiliran keturunan (matagenesis). Fase sporofit dapat dilihat, sedangkan pada fase gametofit tidak terlihat karena kecil.

b. Berdasarkan jenis sporanya, tumbuhan paku terdiri atas:

1. Paku homospor/isospor
- Spora yang dihasilkan sama ukuran dan sejenis
- Prothalium menghasilkan anteridia dan archegonia
- Contoh Lycopodium sp dan Nephrolepis.

2. Paku Heterospor
- Sepora yang dihasilkan berbeda ukuran, masing-masing ukuran berbeda jenis
- Makrospora tumbuh menjadi prothalium yang menghasilkan archegonia
- Mikrospora tumbuh menjadi prothalium yang menghasilkan antheridia
- Contoh Salvinia, Marsilea, dan Selaginella.

3. Paku Peralihan/campuran
- Sepora yang dihasilkan berukuran sama dan bentuknya sama tetapi jenisnya berbeda
- Protalium hanya menghasilkan antheridia atau archegonia saja
- Contoh Equisetum debile

c. Klasifikasi tumbuhan paku;

Tumbuhan paku dibagi menjadi empat:
1. Kelas Psilotinae (paku telanjang)
Ciri-cirinya mempunyai daun, sporangium dibentuk di ketiak buku.
Contohnya Psilotum sp.

2. Kelas Equsetiinae (paku ekor kuda)
Daunnya berdaun berupa sisik dan susunannya berkarang, batang berongga, berbuku-buku atau beruas-ruas, sporangium dibentuk di dalam strobilius yang membentuk seperti seekor kuda.
Cotohnya Equisetum sp.

3.  Kelas Lycopodiinae (paku kawat)
Ciri-cirinya berdaun serupa sisik atau rambut dan batangnya seperti kawat, sporangium tersusun dalam strobilus, dibentuk diujung cabang.
Contohnya Lycopodium sp.

Demikian tentang mengenal Alga, lumut dan paku-pakuan semoga bermanfaat sebagai bahan belajar dan menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi kita semua. Terimakasih.   

INILAH PENAYANG RESMI GOOGLE UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN

Uang Penayang Goggle, Google adsense, Dolar dari Google, Google Adsense-uang gratis
Visiuniversal--Warga belajar dan siswa sekalian--Bagi kalian yang mencari penghasilan dari internet dan memanfaatkan iklan dari per Klik di situs Google dan jaringan penayang google seperti google adsense, berikut ini beberapa penayang resmi Google tersebut yang dapat kalian pelajari untuk menambahkan penghasilan ini seperti berikut ini :
  1. Google AdSense      
  2. DoubleClick Ad Exchange (AdX)        
  3. Google AdMob
  4. DoubleClick for Publishers (DFP)   
Berikut penjelasannya singkatnya tentang keempat penayang resmi google tersebut yang dapat dijadikan acuan untuk usaha kamu mencari penghasilan dan pendapatan buat uang saku di internet terkait dengan google tersebut :

Visiuniversal--Warga belajar dan siswa sekalian--Bagi kalian yang mencari penghasilan dari dan memanfaatkan iklan dari per Klik di situs Google dan jaringan penayang google seperti google adsense, berikut ini beberapa penayang resmi Google tersebut seperti berikut ini :


1. Google AdSense

Adsense adalah layanan iklan dari Google untuk para publisher. Publisher di sini adalah orang mempublikasikan layanan iklan baik blogger, situs berita, situs belanjar, forum atau apapun yang bisa dinikmati lewat internet, termasuk di dalamnya adalah video-film seperti Youtube dll.

Jika warga belajar dan siswa mempunyai blog atau situs yang di kunjugi ribuan orang perhari, kalian bisa menggunaan layanan ini untuk mendapatkan uang dan tambahan penghasilan bagi pemasukan yang kita dapatkan dari Google..duitnya lumayan mulai dari bisa buat tambahan ngisi Kouta Internet atau bisa beli mobil baru..he 

Adsense in dibagi menjadi 3 jenis yaitu adsense forcontent, adsense for search dan adsense for video. Adsense for content adalah iklan yang muncul saat anda mengunjung blog atau website dan ada tulisan kecil ad by google atau AdChoice.   


2. DoubleClick Ad Exchange (AdX)     

Layanan Google DoubleClick Ad Exchange adalah layanan untuk mengelola beberapa sumber monetisasi dari inventaris iklan tampilan online. Di Layanan Ad Exchange, pengiklan dan jaringan iklan dianggap sebagai "Pembeli", dan penayang serta jaringan penayang dianggap sebagai "Penjual".

Penjual yang berpartisipasi dalam transaksi apa pun di AdX, termasuk namun tidak terbatas pada Langsung Terprogram, Transaksi Pilihan, Lelang Pribadi, atau Lelang Terbuka harus mematuhi, dan memastikan bahwa pihak ketiga yang mereka beri akses ke layanan AdX dengan akun mereka juga mematuhi, kebijakan berikut: (i) kebijakan program Platform; dan (ii) kebijakan khusus Program Penjual AdX yang dinyatakan sebagai berikut pada laman ini. Harap perhatikan bahwa pernyataan baru apa pun mengenai kebijakan program Platform dalam Pedoman Program Penjual AdX ini hanya untuk tujuan klarifikasi dan tidak membatasi penerapan kebijakan program Platform kepada Penjual. Penjual yang sebelumnya ditangguhkan atau dihentikan karena melanggar persyaratan dan/atau kebijakan yang berlaku dari produk sindikasi Google lainnya tidak dapat menggunakan Ad Exchange.

Penjual tidak boleh memalsukan informasi yang terkait dengan konten Situs mereka kepada Pembeli sehingga Pembeli salah menargetkan iklan ke Situs tersebut. Lihat pedoman kualitas webmaster untuk panduan tentang praktik terbaik.

   
3. Google AdMob

AdMob adalah layanan Iklan dari Google khusus untuk aplikasi mobile. Kalian bisa menampilkan iklan di aplikasi android ataupun Game android. Jenis iklan di AdMob ada dua yaitu Banner dan Interstitial.

Banner adalah iklan yang mncul dibaigan bawah atau atas sebuah aplikasi. Biasanya hanya memakan 10% tampilan layar. Jenis iklan kedua adalah interstitial adalah iklan fullscreen, biasanya di implementasikan di Game seperti angrybird. Penempatan interstitial disarankan diantara level game. Misalkan saat user sukses di level satu dan akan naik level2 makan haru dimunculkan interstitial tersebut.
   
AdMob sendiri adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 Juta. Akuisisi ini diselesaikan pada tanggal 27 Mei 2010. Apple Inc, juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan  mereka sendiri yaitu iAd.
      
   
4. DoubleClick for Publishers (DFP)
   
DoubleClick for Publishers (DFP) adalah sebuah program kelanjutan yang singkron dengan Google Adsense untuk memaksimalkan penghasilan penayang/publisher iklan Adsense. Publisher banyak menggunakan DFP untuk pengelolaan iklan untuk bersaing secara langsung dari iklan mereka.

Nanti kita akan mengenfal yang disebut dengan Doubleclick for publisher / DFP Small Business, banyak pertanyaan muncul mengenai hal tersebut, DFP Small Business adalah Server Iklan atau saluran yang melayani Iklan anda. DFP Small Business bertindak sebagai perantara untuk memaksimalkan iklan yang muncul dalam situs. Dalam hal penerapan iklan untuk Doubleclick for publisher / DFP Small Business sedikit berbeda daripada adsense. namun dalam hasil tanyangannya akan sama dengan iklan adsense. Iklan yang dibuat dari Doubleclick for publisher / DFP Small Business melayani iklan AdSense secara langsung pada halaman web Anda.

Manfaat dari melakukan hal ini melalui  Doubleclick for publisher / DFP Small Business adalah proses yang disebut Alokasi Dinamis, atau bersaing dengan Iklan Jaringan lain berdasarkan BPT. Penerbit Banyak menggunakan DFP untuk mengelola persaingan langsung dari iklan mereka. Jadi pada intinya fungsi dari Doubleclick for publisher / DFP Small Business adalah memaksimalkan Iklan terbaik yang muncul dari sebuah halaman web.    
   
Demikian tentang keempat penayang resmi Google ini, semoga dapat bermanfaat. terimakasih.    

   
Baca juga cara menghasilkan uang dari penayang resmi Google !! di sini !!
  1. Google AdSense      
  2. DoubleClick Ad Exchange (AdX)        
  3. Google AdMob
  4. DoubleClick for Publishers (DFP) 

PENGERTIAN DAN CABANG-CABANG BIOLOGI

Visiuniversal--para siswa dan warga belajar sekalian, sebagai dasar dalam kita mempelajari ilmu Biologi maka terlebih dahulu kita harus memahami apa pengertian dan cabang-cabang Bilogi tersebut :

1. Pengertian Biologi:
Kata biologi berasal dari bahasa Yunani yang katanya yaitu : bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu atau belajar tentang. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup serta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.

Biologi mempelajari semua makhluk hidup, tidak saja tumbuhan atau hewan yang hidup di bumi sekarang ini, tetapi juga tumbuhan dan hewan yang telah hidup pada masal lampau.

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang. Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi, dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil, dan vital. (wikipedia.org)

2. Cabang-cabang Biologi
Seperti yang telah kita kethaui bahwa pengertian biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup atau organisme, maka berdasarkan jenis organisme yang dipelajari, secara umum biologi dapat dibagi menjadi :

a. Botani:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang bentuk dan susunan organ-organ tubuh suatu organisme

b. Anatasi:
Adalah cabang biologi yang khusus memperlajari tentang semua segi yang berhubungan dengan operasi atau pembedahan.

c. Bakteriologi :
adalah cabang bilogi yang khusus mempelajari tentang bakteri

d. Ekologi :
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya (interaksi faktor biotik dan faktor abiotik)

e. Embriologi :
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang perkembangan emrio, mulai zigot sampai menjadi dewasa.

f. Entomolig:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang semua segi kehidupan serangga

g. Evolusi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang proses perubahan struktur tubuh pada makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang cukup lama sehingga terbentuk species baru.

h. Fisiologi:
adalah cabang bilogi yang khusus mempelajari tentang fungsi (faal) alat-alat tubuh organisme.

i. Genetika:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang pola pewarisan atau cara-cara penurunan sifat menurun pada makhluk hidup

j. Histologi:
adalah adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang jaringan dan saraf

k. Mikrobilogi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang organisme yang berukuran mikroskopis (mikro organisme)

l. Mikologi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang jamur

m. Morfologi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang bentuk dan susunan luar suatu organisme

n. Paleontologi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang kehidupan hewan atau tumbuhan zaman lampau yang telah menjadi fosil

o. Patologi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang penyakit yang pengaruhnya terhadap kehidupan organisme

p. Parasitologi:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang organisme-organisme yang dapat menimbulkan penyakit

q. Phylogeni:
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari bentuk tidak sempurna menjadi sempurna

r. Taksonomi;
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup

s. Terratologi;
adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan.

t. Virologi, adalah cabang biologi yang khusus mempelajari tentang virus.

Demikian tentang pengertian dan cabang-cabang biologi semoga bermanfaat, terimakasih.

INILAH INDERA MANUSIA YANG WAJIB KITA KETAHUI

Visiuniversal---Warga belajar dan siswa sekalian, dalam pembahasan materi IPA kita akan menemukan tentang indra manusia ada beberapa indra yang utama yang harus kita ketahui seperti berikut ini :

A. INDERA PENGLIHATAN


Mata sebagai alat indra (reseptor) yang peka terhadap rangsang cahaya, terletak di dalam rongga mata yang dilindungi oleh alat pelindung mata dan digerakan oleh otot penggerak bola mata.
  1. Pelindung bola mata, terdiri dari alis mata, rambut mata, kelopak mata, dan kelenjar air mata.
  2. Otot penggerak bola mata, teridiri atas rectus superior (menggerakan ke atas), rectus interior (menggerakan berputar-putar ke atas), dan obligus interior (menggerakan berputar ke bawah).
  3. Bagian-bagian bola mata terdiri atas :

a. Sklera (selaput luar), pada bagian depan terdapat kornea mata yang mengatur cahaya yang masuk ke dalam mata.

b. Koroid (selput hitam), lapisan yang terletak di tangah-tengah, terdapat:
- Iris atau selaput pelangi untuk memperlebar atau memperkecil lubang pupil.
- Pupil untuk mengatur banyak sedikit cahaya yang masuk ke dalam bola mata.

c. Retina (selaput jala), merupakan lapisan paling dalam, yang banyak mengandung sel saraf, terdapat bagian:
- Sel batang (rod), peka terhadap rangsangan cahaya redup (remang-remang)
- Sel kerucut (cone), peka terhadap rangsangan cahaya yang terang.
- Bintik buta (blind spot), tempat membelokan serabut saraf menuju pusat saraf
- Bintik kuning (fovea), retina yang banyak mengandung sel saraf penglihatan sebagai tempat pembentukan  bayangan
- Cairan pengisi rongga, yang terdiri atas aquueous humor (cairan yang terletak antara cornea dan lensa) dan humor (Cairan yang terletak antara lensa dna retina).

d. Lensa mata, lensa mata dapat mencembung dan memipih (daya akomodasi) dengan otot silirsis.


B. INDERA PENDENGAR

 Telinga sebagai alat indera (reseptor) yang peka terhadap rangsang suara/bunyi. Terdiri atas bagian-bagian :

1. Telinga luar, terdiri atau daun telinga (pinna)

2. Telinga tengah terdiri atas:
a. Selaput gendang (membran tympani)
b. Tulang-tulang pendengaran terdiri atas tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sangurdi (satpes).

3. Telinga dalam, terdiri dari :
a. Rumah siput (cochlea), di dalamnya terdapat alat pendengar (organ corti)
b. Alat keseimbangan, terdiri atas saluran setengah lingkaran (canalis semi aircularis) dan ampulia yang di   dalamnya terdapat saculus dan utriculus.

Telinga bagian tengah dan ronggi hidung (nasoparynk) di telinga dalam, dihubungkan oleh dua lubang yaitu tingkap bundar (Fenestra rotunda) dan tingkap jorong (fenestra ovalis)



C. INDERA PERABA


Kulit merupakan alat indera (reseptor) yang peka terhadap rangsang-rangsang khusus sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan seperti::

1. Reseptor meisner, reseptor yang khusus yang merespon sentuhan
2. Reseptor paccini,resept
or yang khusus merangsang yang berupa tekanan
3. Reseptor tanpa selaput, reseptor yang khusus merespon rangsang yang berupa nyeri/sakit
4. Reseptor ruuffini, reseptor yang khusus merespon rangsang yang berupa panas.
5. Reseptor krause, reseptor yang khusus merespon rangsang yang berupa dingin.


D. INDERA PEMBAU DAN PENGECAP


 
1. Indra Pembau
Hidung sebagai alat indera (reseptor) yang peka terhadap rangsang bau gas. Karena pada rongga hidung terdapat tiga lapisan yang dipisahkan oleh tulang, rongga atas berisi ujung-ujug cabang saraf dan saraf kranial, yaitu saraf alfaktori (saraf pembau).

2. Indera Pengecap
Lidah sebagai indera (reseptor) yang peka terhadap rangsang cita rasa kecap, ada empat cita rasa yang dapat dirasakan oleh lidah, yakni manis di ujung lidah, asin di tengah lidah, masam di pinggir lidah dan pahit di pangkal lidah.

KOTAK PENCARIAN