MATERI BELAJAR BAHASA INGGRIS : DAILY ACTIVITIES

Untuk memudahkan warga belajar dan siswa pemula yang mempelajari bahasa Inggris dasar, maka berikut ini akan kita lakukan kegiatan belajar dengan mengulas secara perbagian-bagian, mulai dari Bacaan, dialog, Struktur Kalimat, Menulis dan Kosakata secara sederhana dalam materi Bahasa Inggris "Daily Activities". Agar mudah dipahami dan membantu dalam belajar bahasa Inggris secara mandiri di rumah : 

A. Bacaan

I always get up at 4 : 30
[ ai e : lwiz get ap aet fowr : 0 : ti ]

After I get up, I go to
[ aef t e ai ger ap ai gou t uw ]

the bathroom
[ de ba : erum ]

Then, I pray. After thet
[ den ai prei aef t e aet

I riview my lesson
[ ai revju mai l e s an ]

I study Package B.
[ ai stadi paekedz bi ]

At seven o'clock, I have
[ aet sevae ekljk ai haev ]

I leave for the office
[ ai li : v fe de ofis ]

at 7 : 30
[ aet seven oi : ti ]

I begin working at 8 : 00
[ ai begin wa : ki n aet eit ]

I finish working
[ ai finis wa : ki n ]

at 3 p.m. I get home at
[ aet tri pi em ai get hom eat ]

4.00 I play tennis
[ fe ai plei teniz ]

At seven, I
[ aet seven ai ]

have dinner
[ haev' di na ]

After I watch TV, I go
[ aef t a ai wate tivi ai gou ]

to bed
[ ta bed ]


Terjemahan
Saya selalu bangun pada pukul 4.30 pagi. Setelah saya bangkit, saya pergi kekamar mandi. Kemudian saya sholat. Sesudah itu saya mengulang pelajaran saya. Saya belajar bahasa Inggris. Saya memperlajari buku Paket B.

Pukul 7 saya makan pagi. Saya pergi ke kantor pukul 7.30. Saya mulai bekerja pukul 8. Saya selesai bekerja pukul 3 sore. Saya sampai di rumah pukul 4. Saya main ternis. Pukul 7, saya makan malam Setelah saya menonton TV, saya pergi tidur. 

Sesudah mengucapkan "cara baca" coba ucapkan lagi dengan menutup telinga.


Keterangan
- "Always, often, usually", dan lain-lain disebut keterangan. Kata-kata ini ditempatkan di depan kata kerja atau di belakang "to be"
Contoh : I always go there
               I am always there

- Setelah kata "begin" dan "finish" boleh diikuti kata kerja berbentuk "ing".

Contoh : begin working
              begin dancing
              finish working
              finish dancing


B. Dialog

Dialog atau percakapan antara Umar dan Ali mengenai kegiatan di pagi hari :

Umar  :  What time do you get up every morning Ali?
Ali       :  I get up at five o'clock
Umar  :  Do you have break-fast every morning:
Ali       :  Yes, I do
Umar  :  What do you have for breakfast?
Ali   :  I have rice and fish.

Umar dan Ali bekerja di kantor Kepala Desa. Mereka bicara mengenai kegiatan mereka ini.

Umar  :  What are you doing?
Ali       :  I am reading a letter
Umar  :  Whose letter is it?
Ali       :  It is a letter from Pak Kepala Desa
Umar  :  Is he ill?
Ali       :  Yes, he is ill
              He is absent today.


Percakapan Ali dengan Ibunya sepulang dari kantor.

Ali   :  Good evening, Mum
Mather:  Good evening, Ali How is Pak Kepala Desa?
Ali   :  He is absent
Mather:  Why?
Ali   :  He is ill



C. Struktur Kalimat

1. Kata keterangan "always, often, usualiy" dipakai bersama kata kerja dan "to be".


Gambar struktur Kalimat Daily Activities


Keterangan:
"Always, usually" ditempatkan sebelum kata kerja atau setelah "to be"

Gambar struktur Kalimat Daily Activities


2. Perhatikan bentuk berikut :


Gambar struktur Kalimat Daily Activities


3. Perhatikan kata kerja berbentuk "ing" setelah "to be" dan setelah kata-kata" begin, finish, stop.


4. Pemakaian "after dan "before".



D. Menulis

1. Tulis kembali kalimat-kalimat berikut, lengkapi dengan kata yang sesuai (stelah selesai, baru kemudian dicocokan dengan bacaan).
I ....... get ....... at 4 : 30 a.m ..... I get ........
I go ....... the bathroom, .......that, I review my 
lesson ...... seven o'clock, I ........ breakfast. 
I leave ........ the office at 7 : 30. I .......working 
at 8, and ....... at 3 p.m. I ......... home at 4.
............... I watch TV, I go ............. bed 


2. Buatlah kalimat-kalimat sesuai dengan contoh :

Contoh : I always get up at 5
You        You always get up at 5
?            Do you always get up at 5?
She        Does she always get up at 5?

- They
- ( + )
- at 7
- often
- ( - )
- he
- go to work
- at 8
- begin working
- ( + )

Keterangan :
Tanda  +  =  mengubah kalimat menjadi kalimat berita postif
Tanda  -  =  mengubah kalimat menjadi kalimat negatif
Tanda  ?  =  mengubah kalimat menjadi kalimat tanya.


E. Kosakata

a.m [  'aenti meri : diem ]   = pagi sebelum jam 12 siang
p.m [  'Poust meri : diem ]   = setelah jam 12 siang
absent [ aebsant ] = bolos; tidak hadir.
after [ aef ta : ] = sesudah
always [ e : l wi z ] = selalu
bed  [ bed ] = ranjang
before [ bi' fa : ] ] = sebelum
begin [ befin ] = mulai
breakfast [ 'brekfast ] = sarapan pagi
busy  [ 'bi zi ] = sibuk
evening [ 'i : Vnin ] = malam
fish [ fis ] = ikan
finish [ 'finis ] = selesai
from [ fram ] = dari
get up [ 'get ap ] = bangun
ill [ il ]  =  sakit
leave  [ li : v ] = pergi; berangkat
letter [ 'lete ] = surat
O'clock  [ e'klak ] = masing-masing.



July 26, 2017

0 comments:

Post a Comment