MEMAHAMI SEKILAS TENTANG KTSP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Kurikulum, KTSP

Kurikulum yang sudah lama berjalan sejak ditetapkan  Standar isi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah mengalami berbagai kritik dan masalah dalam penerapannya di sekolah-sekolah. KTSP yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum yang bersifat operasional dan dilaksanakan dimasing-masing tingkat satuan pendidikan. Landasan hukum kurikulum ini yaitu Undang-undang Sikdiknas No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

CARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media dibuat dengan rancangan yang sistematis melalui berbagai langkah pengembangan dan melibatkan berbagai tenaga terampil dan ahli, serta menggunakan berbagai jenis peralatan. Dengan cara demikian diharapkan media yang dihasilkan dapat merupakan media yang efektif. Namun demikian betapapun banyak kelebihan suatu media, bila cara menggunakannya tidak benar tentulah tidak akan banyak manfaatnya. Karena itu yang perlu dirancang dengan baik bukan hanya pembuatan media itu sendiri melainkan pemanfaatan serta cara penggunaan media itu pun juga perlu diatur dan dirancang sebaik¬-baiknya. Lebih-lebih bila media itu merupakan media pembelajaran. Supaya media pembelajaran itu efektif maka pemanfaatan dan penggunaan media itu harus direncanakan dan dirancang secara sistematik. Berikut ini diuraikan cara-cara penggunaan dari beberapa media dan peralatannya yang paling umum dipakai dan tersedia di lembaga-lembaga diklat dalam menunjang proses pembelajaran.

TEKNIK PEMBELAJARAN NUMBER HEAD PADA PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING KESETARAAN


Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kesetaraan paket B dan Paket C.

Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992) Dalam Anie Lie (2007 : 59), teknik  ini memberikan kesempatan kepada warga Belajar untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong warga Belajar untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka dan meningkatkan kemampuan warga Belajar dalam mengemukakan ide dan pendapatnya.

KOTAK PENCARIAN