MENGENAL APBN DAN APBD

Warga belajar dan siswa-- sekalian dalam pembelajaran materi ekonomi berikut ini kita akan mencoba membahas tentang APBN dan APBD baik dalam pengertian umum maupun Arti. fungsi dan tujuan dari APBN DAN APBD tersebut, untuk lebih lengkapnya silakan disimimak materi di bawah ini:

A. ARTI, FUNGSI DAN TUJUAN APBN DAN APBD

1. Pengertian APBN DAN APBD

Dalam mengelola keuangan negara dan daerah, pemerintah membuat suatu anggaran. Aggaran itu disebut sebagai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ATAU Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran untuk pemerintah daerah, baik daerah tingkat I maupun daerah tingkat II.

Di dalam APBN, dicantumkan semua yang menjadi sember pendapatan negara dan untuk apa saja dana tersebut digunakan Dengan menyusun APBN, berarti dapat menghindari kekeliruan yang akan terjadi dan sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan negara. Seperti halnya dalam APBN, APBD juga mencerminkan keadaan yang sama, hanya ruang lingkup saja yang berbeda.

Penyusunan APBN berdasarkan UUD 1945 Pasal 23. Pasal tersebut menyatakan bahwa anggaran pendapatan dan anggaran belanja di tetapkan tiap-tiap tahun dengan undang-undang. Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah, maka pemerintah menjalankan anggaran tahun lalu. APBN disusun oleh pemerintah (presiden dan kebinetnya) berupa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dalam bentuk nota keuangan negara.

APBN dan APBD disusun oleh pemerintah setiap tahun Anggaran yang disusun disajikan dalam bentuk neraca. Di sebelah debet (D), dicatat semua anggaran pengeluaran negara. Penyusunan APBN dan APBD dilatarbelakangi oleh suatu kebijaksanaan yang hendak dicapai. Sasaran-sasaran tersebut tidak terlepas dari kondisi keuangan pemerintah. Setiap anggaran harus mampu menunjang pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sebagaimana yang direncanakan dalam Repelita, seperti kesetabilan moneter, perluasan kesempatan kerja, dan pelayanan kepentingan umum. Selain itu, APBN dan APBD yang disusun oleh pemerintah akan menggambarkan apakah pengumpulan dana sebagai sumber keuangan negara tersebut telah dipergunakan sesuai dengan ketentuan.

APBN yang disusun oleh pemerintah, haruslah memperoleh persetujuan DPR. Jika APBN yang diajukan oleh pemerintah ditolah oleh DPR, maka sebelum DPR mengadakan sidang lagi, pemerintah akan menggunakan APBN tahun sebelumnya. APBD  yang sedang disusun harus memperoleh persetujuan DPRD. Kebijakan APBN dan APBD dari tahun ke tahun mungkin akan berbeda. Hal ini tergantung pada kondisi keuangan negara tau daerah dan apa yang dipakai dalam penyusunan APBN atau APBD. Sebelum disahkan menjadi APBN, Anggaran ini masih berupa Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanjar Negara (RAPBN) yang disusun bersama-sama oleh pemerintah dan DPR.

RAPBN disampaikan oleh presiden kepada DPR untuk dimintai persetujuan (disahkan), melalui sidang paripurna DPR. Jika RAPBN tersebut diterima, maka menjadi APBN. Selanjutnya, oleh DPR diserahkan kembali kepada pemerintah untuk dilaksanakan. Jika RAPBN tersebut ditolak oleh DPR, maka pemerintah melaksanakan APBN tahun sebelumnya, tanpa adanya perubahan. Pelaksanaan APBN diatur dengan keputusan presiden. 

2. Tujuan Penyusunan APBN

APBN disusun dengan tujuan sebagai pedoman penerimaan dan pembelanjaan bagi negara. Dengan APBN, negara dapat melaksanakan fungsinya, yaitu agar produksi, kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran masyarakat dapat ditingkatkan.

3. Fungsi APBN dan APBD

APBN dan APBD mempunyai fungsi sebagai berikut :

a. Fungsi Alokasi
Dalam APBN, ditentukan besarnya anggaran pengeluaran tiap-tiap bidang. Negara dapat menggunakan pendapatan ini untuk pembiayaan program pembangunan dan mengalokasikan dana tersebut sesuai dengan sasaran yang dituju. Dengan adanya APBN, pemerintah dapat menentukan ke mana dana yang tersedia akan dialokasikan. Sebagai contoh, untuk membangun jalan dan jembatan, dan mendirikan sekolah-sekolah dan sarana-sarana lainnya. Proses alokasi ini juga akan memengaruhi struktur produksi dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

b. Fungsi Distribusi
Pendapatan negara dalam APBN digunakan untuk kepentingan umum. Namun, dapat juga disalurkan kembali kepada masyarakat. Misalnya, untuk dana subsidi dan dana pensiun. Pengeluaran pemerintah semacam ini disebut transfer Payment. Transfer payment ini dapat membatalkan pembiayaan ke salah satu sektor kemudian dipindahkan ke sektor lain. Fungsi inilah yang disebut sebagai fungsi distribusi pendapatan.

c. Fungsi Stabilitas
Penyusunan APBN akan menimbulkan efek ekonomis terhadap roda ekonomi bangsa. Jika dilihat dari sisi, yaitu penerimaan dan pengeluaraan (belanja). Oleh karen itu, APBN yang di susun dan dilaksanakan harus dapat menciptakan stabilitas ekonomi bangsa dan tertib anggaran mutlak harus dipegang dan dijalankan oleh pemerintah. 

Pengalokasian dan pendistribusiannya harus dapat menciptakan dan menjaga kestabilan arus uang dan barang sehingga dapat mencegah fluktuasi ekonomi yang tidak menentu.

Dengan demikian, jelaslah bahwa dibuatnya anggaran pendapatan dan belanja negara adalah sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perekonomian dan pembelanjaan negara. Dengan memahami fungsi dan kegunaan APBN atau APBD serta melaksanakan apa-apa yang telah ditetapkan, maka kondisi keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran pemerintah dapat tercapai.

d. Fungsi Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendali Inflasi
APBN berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan pengendali tingkat inflasi karena jumlah penerimaan dan pengeluaran APBN digunakan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi negara dan masyarakat. Besar kecilnya alokasi dana APBN yang dibunakan berpengaruh terhadap pengendalian inflasi.


B. SUMBER-SUMBER PENDAPATAN NEGARA DAN DAERAH

1. Sumber Pendapatan Negara
Untuk membiayai program pembangunan yang telah dirumuskan dalam APBN, pemerintah rus mencari sumber pendapatan yang dapat membiayai segala rencana dan program yang telah dibuat tersebut. Sumber pendapatan pemerintah antara lain berupa penerimaan dari pungutan pemerintah. Adapun penerimaan dan pungutan pemerintah tersebut adalah sebagai berikut :

a. Penerimaan pajak
Pajak adalah pembayaran iuran oleh rakyat kepada pemerintah yang diatur udang-undang tanpa balas jasa secara langsung. Misalnya, pajak kendaraan bermotor, penjualan, dan pendapatan. Selain itu, ada juga yang dikenal dengna bentul lain, yaitu retribusi. Retribusi adalah pembayaran dari rakyat kepada pemerintah karena prestasinya langsung diterima oleh masyarakat, misalnya sewa pasar, pembayaran air minum, dan pembayaran PLN. Berikut ini, jenis pendapatan pajak.
1) Pajak penghasilan yang terdiri dari migas dan nonmigas,
2) Pajak Pertambahan Nilai (PPN),
3) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),
4) Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),
5) Cukai (tembakau, minyak, gula bir, alkohol),
6) Pajak lainnya,
7) Bea masuk,
8) Pajak/ pungutan ekspor.

b. Penerimaan Bukan Pajak
Jenis-jenis penerimaan bukan pajak adalah sebagai berikut:
1) Minyak bumi,
2) Gas alam
3) Pertambangan umum,
4) Kehutanan,
5) Perikanan,
6) Bagian laba BUMN
7) Hibah.

2. Sumber Pendapatan Daerah
Dalam penyusunan APBD, Pemerintah daerah memiliki sumber-sumber pendapatan, baik pemberian dari pemerintah pusat maupun dari pendapatan asli daerah. Adapun sumber-sumber pendapatan daerah adalah sebagai berikut :

a. Pendapatan dari Pemerintah atau Instrnasi yang Lebih Tinggi
Pendapatan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk menyelenggarakan otonomi daerah, contohnya:
1) Bagi hasil pajak,
2) Subsidi daerah otonomi,
3) Bantuan pemerintah
4) Bagian hasil bukan pajak,
5) Penerimaan lainnya.

b. Pendapatan Asli Daerah
Yaitu penerimaan yang bersumber dari sumber-sumber pendapatan daerah yang terdiri dari pajak, retribusi, bagian laba usaha, dan penerimaan lainnya.

c. Bagian Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Lalu
Yaitu pendapatan yang diperoleh dari sisa lebih perhitungan tahun lalu dan dipergunakan pada anggaran dan belajar tahun berikutnya.

d. Dana Alokasi Umum
Yaitu dana yang ditujukan untuk pemerataan pengembangan daerah sehingga perbedaan antara derah yang maju dengan daerah yang belum berkembang dapat diperkecil.

e. Dana Alokasi Khusus
Yaitu pendapatan dana yang diperoleh daerah untuk menangani masalah mendesak seperti bencana alam.

f. Pinjaman Pemerintah Daerah
Yaitu pendapatan daerah yang berasal dari pinjaman yang ditujukan untuk pembangunan dan sekaligus dapat dipakai sebagai penyertaan modal kepada BUMD.

Demikianlah tentang APBN dan APBD baik dalam pengertian umum maupun Arti. fungsi dan tujuan dari APBN DAN APBD tersebut, semoga bermanfaat untuk menambah bahan belajar di rumah, terimakasih.

Baca juga tentang Sumber Pendapatan Negara dan Daerah !!

Sumber: Dari berbagai sumber !!
Referensi:
- Partaduredja, Ace. Pengantar Ekonomika. 1992. Yogyakarta: BPFE
- Soelistyo, Dr., MBA. Pengantar Ekonomi Makro. 1999. Universitas Terbuka.
- Suroso. Perekonomian Indoensia. 1995. Jakarta. Gramedia: Pustaka Utama dan APTIK
- Winardi. Pengantar Ilmu Ekonomi. 1975. Bandung: Tarsito.

MENCETAK GENERASI SPIDERMAN

Teman-teman, Sahabat dan warga belajar pengunjung setia blog visiuniversal, kali ini admin hanya bisa menulis kembali coretan ringan tetang salah satu sisi wajah pendidikan kita, sebagai salah satu refleksi terhadap kondisi pendidikan kita di sebagian wilayah Indonesia tercinta.

Kemaren ketika penulis membuka Facebook, satu teman entah yang mana profilexa mentake sebuah gambar di Beranda Facebook, tentang kondisi pendidikan di sebuah daerah kita. Melihat gambar-gambar tersebut penulis mempunyai refleksi sendiri, kalo di komentar FB kebanyakan menyayangkan dan berkomentar negatif tentang pemerintah dan aparat yang berwenang, sudah cukup banyak komentar miring ini, maka penulis hanya mananggapi dengan positif saja. Kita ambil hikmahnya, kita ambil nilai-nilai pendidikannya. Lihat ketiga ranah domain yang bisa dikembangkan. Yang luar biasa aspek psikomotorik anak akan berkembang sejalan dengan proses perjuangan yang mereka lalui dalam kesehariaanya. Siapa tau diantar sekian anak yang menjalani perjuangan ini ada yang bisa kaya Spiderman- itu lho pahlawan super yang mendapat berkat dari gen laba-laba, sehingga mempunyai kekuatan luar biasa. Siapa tahu dari anak-anak ini ada yang dapat menjadi atlet hebat dalam beberapa cabang olahraga, yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. 

Kita juga sangat perlu anak-anak dengan fisik-motorik hebat sebagai perwira dan tentara yang dapat melindungi bangsa dari penjahat-penjahat yang juga semakit kuat..nah..lho..??


CARA MENGOLAH UMBI KAYU 'GENDRUWO' BERACUN-HCN


Kita mengenal ada beberapa umbi Kayu atau singkong yang biasa di makan untuk kebutuhan pokok atau sekedar camilan yang dapat dibuat berbagai jenis penganan dan kue yang enak. Tetapi selain itu ada jenis ubi kayu yang beracun, tetapi kalau bisa mengolahnya akan sangat baik untuk dibuat tapai, yaitu jenis Mandioco Basirao. Jenis singkong ini lazim disebut "gendruwo", "hantu", SPP atau "Kastepe". Karena kadar asam birunya (nama kimi asam biru = asam cianida, HCN, sangat beracun) yang sangat tinggi, jenis singkong ini bisa memabukan. Bahkan bisa mematikan bila dimakan tanpa diolah dengan benar. Singkong jenis ini kebanyakan ditanam untuk dibuat gaplek atau tepung tapioka dan bukan untuk dimakan langsung. Umbinya gembung dan hasilnya banyak dan bertangkai pendek, tetapi rasa umbinya pahit. 


Cara mengolahnya yaitu kulit dikupas sampai bersih, kemudian direndam semalam, air rendamannya selama semalam itu diganti 2 tau 3 kali. Lebih baik bila direndam semalaman dengan air yang senantiasa mengalir. Maksud perendaman ini adalah untuk melarutkan zat asam biru yang terdapat dalam singkong. Paginya dicuci lagi, dengan menggosok lendir yang ada pada bagian luar samapai bersih betul. Baru kemudian dimasak untuk dibuat berbagai jenis makanan atau penganan. Dengan cara demikian maka jenis Mandioco Basiro yang tadinya berbahaya tersebut akan menjadi kue dan aneka hidangan yang enak dan manis.

Demikian cara mengolah umbi kayu yang dikenal dengan Umbikayu gendruwo atau Mandioco Basiro, semoga bemanfaat. Terimakasih. 

CARA MEMBUAT TAPAI SEBAGAI MATA PENCAHARIAN

A. TAPAI SEBAGAI MATA PENCAHARIAN

1. Tapai sebagai sumber mata pencaharian
Tapai dapat menjadi sumber mata pencaharian yang tetap bagi masyarakat, karena :

a. Bahan bakunya mudah didapat.
Baik tapai singkong maupun tapai ketan, secara umum bahan bakunya mudah didapat, baik di daerah pedesaan maupun di perkotaan.

b. Pengolahannya mudah.
Cara membuat tapai sangat mudah, setiap orang dapat membuatnya. Peralatan yang diperlukan sangat sederhana dan dipunyai oleh setiap keluarga.

c. Pemasarannya sangat mudah.
Tapai, baik tapai singkong maupun tapai ketan sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat kita, jadi konsumen tapai sangat besar. Sedang orang yang mengusahakan tapai sebagai sumber mata pencaharian masih sedikit. Disamping itu tapai dapat dijadikan bahan baku untuk membuat berbagai makanan yang juga sangat disukai oleh masyarakat, sehingga seandainya ad yang tidka laku terjual maka dapat dipasarkan dalam bantuk lain.

d. Tidak diperlukan modal yang besar
Usaha membuat tapai tidak memerlukan modal yang besar. Sebagai gambaran modal (Disesuai dengan kemahalan daerah masing-masing) untuk membuat tapai sebanyak 50 kg hanya dibutuhkan modal sebanyak Rp.25.000,-

Dengan demikian dapat dikatakan hampir semua orang mampu untuk mengusahakan tapai sebagai sumber mata pencaharian.

e. Keuntungan yang diperoleh lumayan.
Tapai dengan bahan baku yang harganya relatif masih murah, sedang penggemarnya cukup besar serta harganya dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, maka keuntungan yang akan diperoleh cukup menggembirakan. Sebagai contoh untuk tapai sebesar 50 kg tersebut biaya pembuatan (ongkos produksi) sebesar Rp.25.000,-, jika kita jual tiap kg  Rp.1.000,- Maka keuntungan bersih sekitar Rp.25.000,-, Apalagi kalau kita tangani sendiri dengan perkiraan ongkos tenaga Rp.5.000,- berarti penghasilan Rp.5.000,- + Rp.25.000,- = Rp.30.000,- (perincian perhitungan nanti dapat dilihat dibawah pada bagian tentang pemasaran).


2. Ada dua jenis tapai, jiki dilihat dari bahan bakunya, yaitu :
a. Tapai singkong/ubi kayu
b. Tapai ketan: Tapai ketan putih, tapai ketan hitam.



B. PROSES PEMBUATAN TAPAI SINGKONG/UBI KAYU

1. Peralatan yang perlu disiapkan untuk membuat tapai singkong.
a. Pisau untuk mengupas dan memotong singkong
b. Dandang untuk mengukus singkong
c. Nampan/penampi yang lebar untuk mendinginkan singkong setelah dikukus
d. Kompor/kayu bakar.
e. Keranjang untuk tempat memeram tapai
f. Daun pisang untuk alas dalam memeram tapai

Bahan baku untuk membuat tapai singkong/ubi kayu
a. Ubi kayu/singkong
b. Ragi Tapai
Ragi Tapai

2. Beberapa jenis ubi kayu/singkong
Di Indonesia ada beberapa jenis singkong yang baik untuk dibuat tapai antara lain:
a. Jenis Aipin Mangi : Jenis ini berasal dari Barzilia. hasilnya sedang, umbinya bertangkai agak panjang. Umbinya berwarna putih, rasanya agak manis dan kalu di rebus cepat lunak. Batangnya setelah tinggi biasanya bercabang.

b. Jenis betawi : jenis ini merupakan hasil perkawinan antara jenis Maleka dna Basirao. Umbinya gembung, rasanya manis bila direbus. Tinggi batangnya mencapai 1,5 m. Warna umbinya putih dan kulitnya mudah retak. Hasilnya banyak, dan tangkai daunnya berwarna merah.

c. Jenis mentega : Warna umbinya kuning seperti mentega, kadar airnya sedikit, cepat masak kalau direbus dan rasanya enak. Hasilnya per pohon cukup banyak. Tinggi batangnya bisa mencapai 2 m.

d. Disamping itu ada jenis ubi kayu yang beracun, tetapi kalau bisa mengolahnya akan sangat baik untuk dibuat tapai, yaitu jenis Mandioco Basirao. Jenis singkong ini lazim disebut "gendruwo", "hantu", SPP atau "Kastepe". Karena kadar asam birunya (nama kimi asam biru = asam cianida, HCN, sangat beracun) yang sangat tinggi, jenis singkong ini bisa memabukan. Bahkan bisa mematikan bila dimakan tanpa diolah dengan benar. Singkong jenis ini kebanyakan ditanam untuk dibuat gaplek atau tepung tapioka dan bukan untuk dimakan langsung. Umbinya gembung dan hasilnya banyak dan bertangkai pendek, tetapi rasa umbinya pahit. Agar aman untuk di komsumsi Cara mengolahnya sebagai berikut Baca di sini !! 

3. Cara membuat tapai singkong
Singkong dipotong-potong sepanjang 8 sampai 10 cm. Ini dimaksudkan agar mudah merebusnya, an capat masak serta memudahkan mengatur di keranjang untuk diperam. Setelah dipotong-potong lalu dikupas kulitnya, kemudian dicuci sampai bersih. Kemudian direndam di air kurang lebih 1 jam, lalu dimasukan ke dalam dandang untuk dikukus. Setelah kurang lebih 45 menit, biasanya singkong sudah masak. Tandanya kalua sudah masak, apabila ditusuk dengan garpu atau lidi yang bersih terasa lunak, atau potongan ubikayu tersebut telah kelihatana pecah-pecah. (Apabila selama 45 menit singkong tersebut belum menunjukan tanda-tanda seperti di atas, pertanda ubikayu tersebut tidak baik kalau dibuat tapai).


Add caption





Kemudian ubikayu yang telah tersebut, segera diturunkan ke dalam nampan/penampi yang lebar untuk didinginkan sampai singkong tersebut dingin betul. Kemudian ragi tapai kita haluskan, dengan takaran/ukuran setiap 1 kg singkong membutuhkan ragi 7 gram. Ragi tapai tersebut banyak di jual di pasar atau di toko yang berjualan bumbu masak.


Singkong yang telah dikukus dan telah didinginkan tersebut dimasukan ke dalam keranjang. Keranjang tersebut terlebih dahulu diberi alas daun pisang yang agak tebal di setiap sisinya.

Cara menyusunnya setiap lapis susunan singkong tersebut di taburi ragi tapai, kemudian disusun selapis singkong dan ditaburi ragi tapai lagi. Demikian seterusnya sehingga seluruh tapat tersusun. Kemudian tutup dengan daun pisang rapat-rapat, sehingga udara tidak mudah masuk. Kemudian ditarulah ditempat yang sejuk (temperatur/panas sekitar 30 Derajat Celcius, selama 3 hari. Maka jadilah tapai singkong yang sudah siap untuk dipasarkan.

Berikut beberapa masakan dan makanan enak yang dapat menjadi usaha dengan makanan yang bahan bakunya dibuat dari tapai singkong, Baca di sini !!

Sumber : Modul Keterampilan warga belajar "Tapai Sebagai sumber mata Pencaharian", Depdikbud tahun 1989.

CARA MEMBUAT KECAP AIR KELAPA

Warga belajar dan siswa--sekalian, Di Indonesia kelapa dapat hidup dan tumbuh di mana-mana, dari daerah pantai sampai pegunungan. Tanaman kelapa adalah sejenis tumbuhan Palm yang semua bagian-bagiannya dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia, baik buahnya, batang pelepah, maupun daunnya.

Pada tulisan ini akan diuraikan pemanfaatan air kelap. Air kelapa jarang dimanfaatkan orang, padahal air kelapa mengandung zat putih telur dan gula. Air kelapa murah dan mudah didapat terutama di daerah penghasil kopra dan di pabrik-pabrik pembuatan minyak kelapa.

Adapun salah satu manfaat minyak dari air kelapa yang terbuang-buang ini adalah sebagai bahan untuk membuat kecap.

Pembuatan Kecap Air Kelapa

1. Bahan-bahan

Dalam pengolahan kecap air kelapa maka diperlukan bahan-bahan lain sebagai bumbu ataupun bahan penyedap dan bahan pengawet antara lain:

Dalam pengolahan kecap air kelapa maka diperlukan bahan-bahan lain sebagai bumbu ataupun bahan penyedap dan bahan pengawet seperti :
  1. Keluak
  2. Bawang putih
  3. Kemiri
  4. Pekak
  5. Lengkuas
  6. Wijen
  7. Daun Salam
  8. Daun serei
  9. Gula jawa
  10. Vetsin/Ainomoto
  11. Kedai
  12. Benzoat
  13. Garam
  14. Air Kelapa.


2. Peralatan 

Peralatan yang diperlukan untuk pembuatan kecap air kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Tong yang terbuat dari kayu
  2. Selang plastik
  3. Kuali kecil, sudip
  4. Kompor atau tungku
  5. Tong dan beberapa ember
  6. Pengaduk dari kayu
  7. Saringan halus terbuat dari bambu atau dari kayu
  8. Gayung dan corong plastik
  9. Botol-botol kecap dan tutupnya
  10. Mesin penutup botol dan Thermometer.



Pengolahan Kecap Air Kelapa

Pembuatan kecap air kelapa dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Penjernihan air kelapa

a. Mengumpulkan air kelapa
Sebelum pengolahan dimulai kita terlebih dahlu harus mengumpulkan air kelapa dari berbagai tempat sehingga cukup jumlah yang diperlukan, misalnya dari pabrik minyak kelapa, tempat orang membuat kopra dan lain-lain.



b. Pembersihan air kelapa
Air kelapa yang telah terkumpul kemudian dimasukan ke dalam tong kayu, kemudian biarkan saja sampai air kelapa itu berpisah sendiri antara yang bersih (di atas), dan yang kotor (di bawah).



c. Penyulingan air kelapa
Air kelapa yang sudah bersih jernih disuling/disaring, cara yang mudah adalah dengan cara menyedot air kelapa di bagian atas dengan menggunakan selang plastik. 



2. Penyediaan bumbu-bumbu

Bumbu-bumbu yang dipersiapkan di bawah ini adalah untuk komposisi 10 liter air kelapa yang sudha dijernihkan, untuk ukuran ini akan menghasilkan sebanyak 6 s.d 6,5%. Menurut standar industri, mutu kecap dapat dibagi dalam dua tingkatan, Kecap mutu pertama dengan kadar protein 6 %, sedang mutu yang kedua dengan kadar protein 4 %.

Untuk memenuhi standar mutu pertama, maka dalam mengolahnya perlu ditambah dengan kedelai sebanyak 1 kg dan untuk mutu kedua perlu penambahan kedelai sebanyak 0,7 kg.

Untuk pengolahan tersebut tahap perama yang diharus dilakukan adalah :

a. Pekak 0,50 kg, keluak 0,75 kg digongseng jangan sampai hangus.


b. Kemiri 0,175 kg, bawang putih 0,250 kg ditumbuk halus, kemudian digoreng dengan sedikit minyak kelapa.




Penggorengan bumbu-bumbu tersebut usahakan jangan sampai hangus, karena apabila hangus kecapa akan menjadi pahit rasanya.

c. Kemudian siapkan bumbu-bumbu yang lain seperti wijen 0,100 kg, daun salam 20 lembar, daun serei 10 lembar dan lengkuas diiris-iris halus sebanyak 0,250 kg.

d. Kedelai sebagai bahan tambahan, sebelum digunakan harus menjalani proses penjemuran lebih dahulu dengan cara sebagai berikut :
  • Kedelai direbus setengah masak, kemudian biarkan selama 2-3 hari sampai tumbuh jamurnya.
  • Jamur ini keringkan kemudian tambahan pada kecap yang diolah.


3. Pemasakan

Untuk pemasakan kecap air kelapa harus mengikuti urutan-urutan kerja berikut agar hasilnya memuaskan :
a. Masukan air kelapa 10 liter yang sudah dijernihkan ke dalam tong pemasakan.



b. Bila air kelapa sudah mulai hangat, masukan gula jawa sebanyak 4 kg dalam keadaan hancur, kemudian masukan garam 2 kg dan kemudian jamur kedelai bersamaan dengan bumbu-bumbu yang lain.

c. Selama pemasakan berlangsung pengadukan harus terus dilakukan, maksudnya disamping untuk meratakan bumbu-bumbu juga untuk menghindari terjadinya kehangusan atau kegosongan.

d. Bahan penyedap dapat dimasukan bila adonan kecap mulai mengental (sebanyak 0,100 kg).

e. Air kelapa sudah menjadi kecap, bila cairan tersebut tidak putus tetesannya jika dituangkan. Kada gula mencapai 65 sd 80%, warnanya coklat kehitam-hitaman, tidak hangus rasanya lezat seperti kecap kedelai.

f. Untuk menghindari ikut sertanya kotoran atau kerak-kerak kecap, sebelum dimasukan ke dalam botol terlebih dahulu kecap disaring dengan saringan yang halus. Bahan pengawet benzoat dapat dimasukan setelah penyaringan selesai, penambahan bahan pengawet ini tidak boleh lebih dari 0,02% dari jumlah bahan kemudian diaduk sampai merata betul.

Penambahan bahan pengawet ini dimaksudkan untuk menghindari penjamuran dan perubahan rasa pada kecap sebelum dimanfaatkan.

Benzoat dapat dibeli di apotik dan toko-toko yang menjual bahan-bahan kimia.

g. Kecap air kelapa yang diberi bahan pengawet sudah dapat dimasukan ke dalam botol dan tahan disimpan selama 4 - 6 bulan.

PENGEMASAN KECAP AIR KELAPA

Botol kemasan harus dicuci lebih dahulu agar kotoran yang terdapat dalam botol hilang. Untuk menjamin kebersihan botol dari kotoran dan bakteri yang akan merusak mutu kecap sebaiknya botol harus disteril.

Cara Mensteril botol Kecap air kelapa:

  • Botol direndam dalam sabun pencuci  piring sampai tenggelam selama 2 jam
  • kemudian botol dicuci sampai bersih

  • Selanjutnya botol dimasukan kedalam ember yang lain dan berisi air bersih
  • Bilas lagi sampai benar-benar bersih
  • Sediakan tong untuk tempat merebus botol yang sudah dicuci, tong ini dasarnya diberi alas bambu atau kayu setinggi 5 - 7 cm
  • Tong tersebut jerangkan di atas tungku atau kompor kemudian botol-botol dimasukan dan tong diisi ari setinggi botol
  • Api dinyalakan dan biarkan sampai airnya mendidih.


panas air rebusan ini cukup mencapai 40 Derajat Celcius. Sesudah airnya dingin botol-botol dikeluarkan dari tong pemasakan, kemudian noda-noda atau kotoran yang ada dibagian luar botol dibersihkan. Pekerjaan selanjutnya adalah penempelan tanda produksi.

Kemudian botol-botol dikemas baik dengan cara diikat ataupun dimasukan ke dalam peti.


PEMASARAN PRODUKSI

Dalam memasarkan kecap yang diproduksi yang perlu kita perhatikan menarik hati para pembeli adalah :
- Bentuk botol yang indah dan menarik 
- Bubuhi cap atau tanda merk hasil produksi.
- Isi botol diatur tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kurang.

Untuk memasarkan kecap tidaklah sulit, karena kecap adalah salah satu bahan pangan yang senantiasa diperlukan oleh setiap keluarga.

Pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:
1. Dijual di pabrik atau ditempat pembuatan
2. Diedarkan atau titipkan pada kedelai-kedelai
3. Di koprasi 
4. Dijual langsung di pasar.

Demikian cara membuat kecap air kelapa sebagai salah satu kegiatan keterampilan pada usaha warga belajar yang dapat memberikan tambahan penghasilan. semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Sumber : Dirangkum dari buku Modul Keterampilan Life Skill warga belajar. Dirjend Diklusepa 1998.

PERATURAN PERMAINAN OLAHRAGA ASLI/TRADISIONAL SUMPITAN

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang telah menjadi permainan olahraga yang dilestarikan adalah sumpitan atau menyumpit, menyumpit atau sumpit pada jaman dahulu digunakan oleh suku-suku tertentu di pedalaman khususnya kalimantan, sebagai senjata, baik untuk berburu atau mempertahankan diri, biasanya sumpitan ini memiliki mata anak sumpit tajam yang diberi racun untuk melumpuhkan segera binatang buruannya. (Baca sejarah sumpitan di sini!!)

Berikut peraturan dari permainan olahraga Asli/tradisional sumpitan ini:
                   
1. Permainan

Permainan dapat beregu dan dapat pula perorangan, jumlah anggota regu disesuaikan dengan keadaan.

2. Peralatan 

a. Sumpitan
Terbuat dari kayu atau bambu dan panjang 150 - 175 cm.

b. Kaliber
Kaliber sumpit tidak ada standarnya tergantung kepada besar kecilnya besi untuk boor/ besar kecilnya lobang bambu, biasanya sebesar pensil.

c. Pisir 
Untuk meluruskan pembidikan, di sisi atas dari ujung batang sumpit dipasang sepotong kawat yang sejajar dengan batang sumpit. Kawat tersebut berfungsi sebagai pisir pada seperti pada senjata api yang meluruskan tembakan peluru. Pisir biasanya diikat dengan menggunakan rotan.




d. Anak sumpitan
Panjang 25 cm terbuat dari bambu atau kalam (lidi enau).

e. Gabus 
Pada pangkal anak sumpit dipasang gabus yang dibuat berbentuk kerucut. Besarnya gabus harus dapat masuk pada kaliber sumpit. Gabus ini berfungsi untuk meluruskan jalannya anak sumpit.



3. Cara penyumpitan

a. Cara memegang sumpit.
Karena batang sumpit cukup panjang, maka batang sumpit dipegang dengan kedua tangna pada pangkal sumpitan, kedua tangan menghadap ke atas. Hal ini untuk menjaga agar sumpitan tidak goyang. Ini tentunya disesuai kan dengan kemampuan dan kekuatan masing-masing orang.



b. Memegang sumpitan tidak dibenarkan menggunakan alat bantu.

c. Memasukan anak sumpit.
Anak sumpit dimasukan kedalam kaliber sumpit satu persatu. Sebelum dimasukan ke dalam kaliber sumpit, anak sumpit diperhatikan dahulu kalau belum lurus sebaiknya diluruskan dahulu.

d. Cara meniup.
Setelah anak sumpit dimasukan ke dalam kaliber sumpit, kemudian sumpit diangkat diarahkan ke sasaran dengan pertolongan pisir. Mulut ditempelkan ke kaliber sumpit, dengan konsentrasi dan menyiapkan udara sebanyak-banyaknya dari rongga dalam mulut dan rongga dada dengan meniupkan ke kaliber sumpit sehingga memungkinkan anak sumpit terlepas dengan kencang meninggalkan sumpitan.


4. Sasaran

Sasaran adalah sebagaimana sasaran pada memanah. Berbentuk lingkaran dengan penilaian jika mengenai lingkaran paling tengah memperoleh nilai 10, kemudian 9, 8 dan seterusnya pada lingkaran paling luar nilai satu. Lingkaran-lingkaran tersebut dibuat berwarna-warni sehingga menarik dan memudahkan fokus mata pada sasaran yang menjadi target.





5. Jenis pertandingan

a. Posisi berdiri
b. Posisi jongkok




6. Jarak

Jarak tembak dengan sasaran disesuaikan dengan keadaan setempat misalnya :
a. Puter
- Jarak 15 meter
- Jarak 25 meter
- Jarak 35 meter

b. Puteri
- Jarak 10 meter
- Jarak 15 meter
- Jarak 25 meter

Banyak anak sumpitan yang digunakan dalam satu seri adalah 5 (lima) buah. Jadi nilai dihitung berdasarkan jumlah poin yang didapat dari 5 (lima) buah anak sumpitan dengan lima kali tembakan pada sasaran.


7. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas tembakan.

a. Kemahiran menyumpit
- Kemampuan meniup
- Kemampuan tangan untuk memegang batang sumpit agar tidak bergerak
- Kemahiran membidik

b. Anak sumpit
Kehalusan membuat anak sumpit berikut gabus, sangat berpengaruh terhadap laju tidaknya lari anak sumpit.

c. Pengaruh angin
karena anak sumpit yang sudah ada gabusnya tersebut adalah benda yang ringan, maka pengaruh akan angin sangat besar terhadap lurus tidak larinya anak sumpit terutama angin dari samping.

d. Batang sumpit
Yang paling efektif batang sumpit adalah sepanjang sedepa ditambah sejengkal dari masing-masing penyumpit. Ini berarti sumpit yang bukan pegangannya sangat berpengaruh terhadap hasil maksimal tembakan. Besar kecilnya kaliber sumpit akan berpengaruh terhadap besar kecilnya gabus, sehingga bersar kecilnya gabus akan berpengaruh terhadap besar kecilnya tiupan. Sedangkan besar kecilnya batang sumpit akan berpengaruh terhadap berat ringannya sumpit, dimana akan berpengaruh juga pada pembidikan.


e. Halus tidaknya lobang sumpitan 
Lobang yang halus buatannya dan baik pemeliharaannya akan melancarkan jalannya anak sumpit. Oleh karena itu mata boor yang digunakan untuk mengebor batang sumpit harus mata boor satu jenis saja agar lobangnya tetap sama dan konsisten ukurannya dari ujung yang satu sampai ujung yang lain. 


8. Wasit dan pembantu wasit
a. Wasit
- melakukan undian dalam menentukan seri
- memimpin jalannya pertandingan
- menentukan pemenang

b. Pembantu wasit
- mengawasi penyumpit sesuai dengan jarak yang ditentukan 
- meneliti perkenaan yang sebenarnya
- melaporkan hasil kepada pencatat nilai

c. Pencatat (Scorer)
Mencatat hasil/nilai yang diperoleh penyumpit atas laporan pembantu wasit.

Demikian tetang Peraturan Permainan olahraga asli/tradisional sumpitan, semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber : Buku modul PERATURAN PERMAINAN OLAHRAGA ASLI/TRADISIONAL Dirjen Keolahragaan Jendral Diklusepora Depdiknas 1986.

7 ALASAN DAN BUKTI INDONESIA NEGARA TERKAYA DI DUNIA


Jika kita bertanya-tanya siapa negara terkaya di dunia. Negara Terkaya di Dunia Itu Ternyata adalah Indonesia sendiri. Banyak sebenarnya yang tidak tahu di manakah negara terkaya di planet bumi ini, ada yang mengatakan Amerika, ada juga yang mengatakan negera-negara di timur tengah. tidak salah sebenarnya, contohnya Amerika. negara super power itu memiliki tingkat kemajuan teknologi yang hanya bisa disaingi segelintir negara, contoh lain lagi adalah negara-negara di timur Tengah.

Rata-rata negara yang tertutup gurun pasir dan cuaca yang menyengat itu mengandung jutaan barrel minyak yang siap untuk diolah. tapi itu semua belum cukup untuk menyamai negara yang satu ini. bahkan Amerika, Negara-negara timur tengah serta Uni Eropa-pun tak mampu menyamainya.

Dan inilah negara terkaya di planet bumi yang luput dari perhatian warga bumi lainya. warga negara ini pastilah bangga jika mereka tahu. tapi sayangnya KITA tidak sadar "berdiri di atas berlian". Inilah 7 alasan dan bukti Indonesia adalah negara terkaya di dunia.


1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. namanya PT Freeport.

Apa saja kandungan yang di tambang di Freeport? ketika pertambangan ini dibuka hingga sekarang, pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. saya (penulis= suranegara) mencoba meng-Uangkan jumlah tersebut dengan harga per gram emas sekarang, saya anggap Rp. 300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000 Rupiah!!!!! ada yang bisa bantu saya cara baca nilai tersebut? itu hanya emas belum lagi tembaga serta bahan mineral lain-nya. Seharusnya nama kota di sana itu bukan Tembagapura tapi Emaspura.

Lalu siapa yang mengelola pertambangan ini? bukan negara ini tapi AMERIKA! prosentasenya adalah 1% untuk negara pemilik tanah dan 99% untuk amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana. bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM! bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir itu ditemukan disana. belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana, tapi kabar terakhir yang beredar menurut para ahli kandungan uranium disana cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi hanya dengan kandungan uranium disana. 


2. Negara ini punya cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA! tepatnya di Blok Natuna.
Berapa kandungan gas di blok natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik!! dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. DIKELOLA SIAPA? EXXON MOBIL! dibantu sama Pertamina.

3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.

Letaknya di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi dan. sebenarnya jika negara ini menginginkan kiamat sangat mudah saja buat mereka. tebang saja semua pohon di hutan itu makan bumi pasti kiamat. karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan Amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi. 



4. Negara ini punya Lautan terluas di dunia. dikelilingi dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain.

Saking kaya-nya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini.

5. Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia. dengan jumlah penduduk segitu harusnya banyak orang-orang pintar yang telah dihasilkan negara ini, tapi pemerintah menelantarkan mereka-mereka. sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup tentu saja mereka ingin di hargai. jalan lainya adalah keluar dari negara ini dan memilih membela negara lain yang bisa menganggap mereka dengan nilai yang pantas.

6. Negara ini memiliki tanah yang sangat subur. karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan.

Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah negara ini tentu saja jauh lebih kaya. coba kita semua bayangkan karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. bahkan tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

7. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini.

Demikian 7 Alasan dan bukti mengapa indonesia merupakan negara terkaya di dunia, semoga bermanfaat. Terimakasih.

CARA MEMBUAT KERUPUK UDANG RUMAH TANGGA/ HOME INDUSTRI

Warga belajar dan siswa--sekalian, dalam kegiatan program keterampilan Life skill berikut ini, kita akan membahas tentang cara membuat kerupuk udang yang dapat diproduksi sebagai usaha rumah tangga atau Home Industri kecil rumah tangga. Siapa tau diantara kalian ada yang bisa mengembangkan usaha yang cukup menjanjikan ini, karena kenyataannya siapa sich orang yang tidak suka makan kerupuk, banyak kisah-kisah sukses dari para pengusaha kerupuk ini. Tangan terampil dan kemauan kuat itulah kunci keberhasilan. Udang ikan murah harganya dan didapat. Kerupuk udang/ikan dapat dibuat dengan peralatan yang sederhana. Kerupuk udang/ikan murah harganya dan bayak penggemarnya selain itu juga mudah dipasarkan dan tidak kenal musim. 

Berikut cara dan langkah-langkah membuat kerupuk udang yang benar sebagai kegiatan usaha wargabelajar :

1. Persiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kerupuk udang ini adalah alat-alat Sederhana yang ada di rumah tangga seperti :







2. Proses dan langkah-langkah Pembuatan

a. Langkah pertama




b. Langkah Kedua


c. Langkah Ketiga


d. Langkah Keempat


e. Langkah Kelima


f. Langkah keenam


g. Langkah Ke tujuh


h. Langkah Ke delapan


i. Langkah Ke sembilan



j. Langkah Ke sepuluh




k. Langkah Ke sebelas




3. Cara Pemasaran

Untuk pemasaran dan penjualan produk kerupuk udang dan kerupuk ikan yang sudah kita oleh ini dapat dilakukan dengan cara antara lain :
a. Dijual sendiri
b. Dititipkan di Warung
c. Melayani Pemasaran
d. Melalui pertemuan/ arisan 



4. Perencanaan Harga/Cara menghitung laba  

a. 1/4 kg (seperempat) udang/ikan  Rp...........
b. 1 Kg tepung Kanji                        Rp............
c. 1 bungkus sepuhan                     Rp.............
d. 1 bungkus kecil vitsin/mecin       Rp .............

Jumlah :  Rp............

Dari 1 kg kanji dan 1/4 kg udang/ikan akan menghasilkan 1 kg kerupuk udang/ikan seharga  Rp. ....

Jadi setiap pembuatan 1 kg kerupuk udang/ikan adalah Rp. ..........

Jadi penghasilan/Laba yang didapat Rp. ..................


Demikian cara membuat kerupuk udang atau kerupuk ikan untuk dijadikan salah satu sumber penghasilan dan usaha rumah tangga. Semoga bermanfaat. terimakasih.


Sumber: Buku keterampilan Life skill Membuat Kerupuk Udang Direktorat Jendral PLS 2004.