SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME POKEMON GO

Game, Pokemon, Pikacu, permainan Pokemon go.
Pokemon Go With Monas
Visiuniversal---Di era teknologi digital yang semakin canggih ini, Kehadiran Pokemon Go yang fenomenal ini sepertinya tidak terbendung lagi, karena semakin banyak saja orang-orang yang menyukainya. Pokemon Go memang menawarkan game yang berbeda, dengan berbasis augmented reality, game ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengeksplor tempat-tempat baru saat lagi mencari karakter baru.

Untuk sebagian orang ada yang berpendapat bahwa Pokemon Go ternyata memiliki dampak positif untuk diri mereka, seperti meningkatkan aktivitas fisik dengan bergerak menyusuri sejumlah lokasi, membuat tubuh kita semakin aktif dan sehat, serta aktif mencari mitra tanding membangun persahabatan baru. Pokemon juga menyehatkan, Katanya Dengan bermain Pokemon Go, kita juga bisa menurunkan berat badan, entah karena terlalu sering bergerak atau mungkin karena lupa makan ?? hehe

Apa itu Pokemon Go?

Awalnya kita mengenal film serial kartun Pokemon yang sangat terkenal dan digandrungi anak-anak hingga orang dewasa sekitar tahun 1998–2006'an.  Pokémon itu (singkatan dari nama Jepang Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā?)) adalah salah satu serial animasi asal Jepang, yang masih tetap berjalan dan ditayangkan hingga saat ini. Selain di versi Jepang, serial ini juga telah diadaptasikan ke dalam versi bahasa Inggris untuk menjangkau seluruh pecinta Pokémon di seantero dunia. Basis serial ini adalah dari permainan video game Pokémon, dan sebagian lagi dari beragam promosi dari franchise Pokémon.

Aslinya, serial ini hanya memiliki satu judul saja, yaitu Pokémon, tetapi setelah franchise Pokémon diperluas dan diperlebar jalan ceritanya, maka dibuatlah dua serial lagi yang berjudul Pokémon: Advanced Generation dan Pokémon Diamond & Pearl, dimana kedua serial tadi masih ada kaitannya satu sama yang lain dengan versi original. Satu versi lagi, yaitu Pokémon Chronicles atau dikenal di Jepang dengan nama Pokémon Sunday (versi aslinya Shūkan Pokémon Hōsōkyoku) adalah sebuah serial dengan cerita tentang beberapa karakter tambahan yang biasa muncul dalam serial Pokémon yang utama, dan juga highlights dan preview tentang episode Pokémon berikutnya.

Dari Pokemon tersebut diatas di tahun 2016 telah dirilis game Pokémon Go, adalah sebuah game atau permainan realitas tertambah dalam telepon pintar yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan sempalan milik Google, yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman. Permainan ini diluncurkan secara beta pada bulan Juli 2016.Permainan ini memungkinkan pemainnya untuk menangkap, melatih, menukar, dan mempertarungkan setiap karakter Pokémon yang ada di dalam telepon di setiap tempat dalam dunia nyata. Meskipun permainan ini gratis untuk diunduh dan dimainkan, Pokémon Go melayani pembelian dalam aplikasi.Rencana Ke depannya, permainan ini dapat menggunakan perangkat sandang yang mendukung keberjalanan permainan bernama Pokémon Go Plus. Alat yang menggunakan koneksi Bluetooth ini berfungsi untuk memberitahu pemain ketika karakter Pokémon yang dicari dekat dengan pemain. Alat ini dilengkapi dengan sebuah layar LED dan alat getar ringan.


Alur dan Cara permainan Pokemon Go

Setelah pemain masuk ke dalam permainan untuk pertama kali, pemain harus membuat sebuah karakter sebagai penangkap dan pelatih Pokémon. Pemain akan memilih warna kulit, gaya rambut, warna mata dan pakaian untuk karakter mereka di Pokémon Go. Setelah karakter dibuat, pemain akan melihat karakter sekaligus peta lingkungan sekitar yang digunakan sebagai latar permainan.

Di dalam peta itu terdapat PokéStops dan Pokémon Gym. PokéStops adalah tempat untuk mendapatkan beberapa item di dalam permainan Pokémon Go. Sedangan Pokémon Gym adalah tempat di mana pemain bisa melatih atau bertarung Pokémon dengan pemain yang lainnya.

Pemain Pokémon Go harus berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar karakter di dalam permainan bergerak. Jenis Pokémon yang ditangkap biasanya berada di tempat-tempat sesuai dengan jenis Pokémon tersebut; misalnya, Pokémon jenis air biasanya akan ditemui di tempat-tempat yang dekat dengan air seperti di sungai, kolam, dan sebagainya. Pemain juga dapat melakukan pertarungan dengan pemain lain dan memilih tim sendiri untuk menguasai daerah tertentu.

Dalam permainan Pokemon Go Kita akan dikenalkan dengan berbagai jenis Monster Pokemon yang tangguh dan petarung tetapi tetap lucu-lucu seperti:
Monster Pokemon Go
Pikachu
Raichu
Charmander
Charmeleon
Charizard
Squirtle
Wartortle
Blastoise
Bulbasaur
Ivysaur
Venusaur
Ekans
Arbok
Koffing
Weezing
Abra
Kadabra
Alakazam
Snore
Doduo
Hitmonchan
Hitmonlee
Seel
Starmie
Staryu, dll....

Dalam Game Pokemon Go ini juga, Pemain dapat merasakan sensasi menangkap monster-monster Pokémon tersebut seperti di dunia nyata dengan adanya teknologi realitas tertambah (augmented reality) yang menggunakan kamera telepon pintar, selain itu telepon pintar para pemain juga harus memiliki sensor giroskop agar dapat menggunakan teknologi tersebut.

Demikian semoga bermanfaat. terimakasih.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pok%C3%A9mon_Go
http://kawankumagz.com/Feature/News/3-Rahasia-Pembuatan-Pokemon-Go-Yang-Perlu-Kita-Tahu
http://www.duniaku.net/2016/07/18/rahasia-pokemon-go/
http://tekno.merahputih.com/berita-tekno/2016/07/19/rahasia-di-balik-nama-monster-monster-pokemon/43723/
Gambar: Google and editing with Photoshop CS4

MENGENAL JENIS-JENIS JAMUR DAN MANFAAT JAMUR

Jamur Tiram
Visiuniversal--warga belajar dan siswa sekalian, kita sering menemukan beberapa jamur yang ada di alam atau disekitar lingkungan kita, bahkan kita mengenal jenis jamur yang dapat kita makan dan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan perut kita. Tapi tahukah kamu diantara jamu-jamur yang ada didunia ini ternyata ada lho yang juga berbahaya dan ada yang bermanfaat untuk kita. Berbahaya jika menimbulkan penyakit dan bermanfaat jika dapat membantu kebutuhan manusia seperti jamur yang dapat dimakan atau dapat menjadi obat. Untuk jelasnya tetang jenis-jenis dan manfaat jamur-jamur tersebut dapat kita lihat dalam postingan berikut ini :

A. Jamur (Fungi)

Jamur merupakan tumbuhan yang tidak berklorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis, hidup bersifat heterotrof (parasit atau saprofit), tubuh bersel satu atau bersel banyak. Jamur bersel banyak tubuhnya terdiri atas benang-benang yang disebut hifa, hifa bercabang-cabang membentuk seperti jaringan-jaringan disebut miselium, bersifat eukariotik, berkembang biak secara vegetatif dengan spora tunas atau konidia, secara generatif dengan konyugasi.

1. Oomycotina

Ciri-ciri jamur Oomycotina antara lain hifa tidak bersekat, reproduksi aseksual dengan zoospora, reproduksi seksual dengan bersatunya garnet betina dan jantan

membentuk oospora.
Contoh:
a. Saprolegina, umumnya hidup saprolitik pada rangkai seerangga
b. Phytophthora, umumnya hidup parasit pada tamaman kentang.
c. Pythium, menyebabkan penyakit busuk pada kecambah, tembakau, kina dan bayam.

2. Zygomycotina


Ciri-ciri jamur Zygomycotina antara lain hifa membentuk anyaman tidak bersekat, reproduksi aseksual dengan membentuk spora, reproduksi seksual dengan konyugasi antara

dua hifa yang akan menghasilkan spora.

Contoh :
a. Rhizopus oryzae, digunakan untuk membuat tempe
b. Phytophtora infestans, parasit pada daun kentang

3.
Ascomycotina

Ciri-ciri jamur Ascomycotina antara lain hifa bersekat-sekat, tubuh bersel satu, atau bersel banyak, alat pembentuk spora disebut acus reproduksi vegetatif dengan

spora dan tunas (budding), reproduksi secara generatif dengan askospora.

Contoh :
a. Saccharomyces cerevisae, untuk membuat tempe.
b. Penicillum camemberti, untuk membuat keju
c. Penicillum notatum, menghasilkan zat anti biotik (penisilin)
d. Aspergilus oryzae, untuk membuat sake di Jepang
e. Aspergilus wenti, untuk membuat kecap.

4. Basidiomycotina
     
Ciri-ciri jamur ini mempunyai hifa yang bersekat, dan tubuh buahnya mudah dilihat oleh mata, menghasilkan basidiospora di luar basidiannya. Bentuk basidioskarnya ada yang berupa piala (Cyatus), serupa kuping (Auricula), dan serupa payung yang memiliki pembungkus (Volva).

Contoh :
a. Auricularia auricula, Jenis ini seperti: jamur kuping (dapat dimakan)
b. Volvariella volvacea, Jenis ini seperti: jamur payung (dapat dimakan)
c. Lycoperdon gematum

5. Deuteromycotina

Deuteromycotina merupakan kelompok jamur yang belum diketahui pembiakan generatifnya. Sedangkan pembiakan vegetatifnya dengan konidium.

Contoh:
a. Epidermaphyton floocusum, jenis ini seperti jamur penyebab penyakit kulit pada atlit
b. Marsenina sp, Jenis ini seperti jamur dengan konidia bentuk sabit bersekat.

Bonus :
"Penicillum notatum yang dapat menghasilkan zat antibiotik, yaitu penisilin. Penisilin dapat menghambat pertumbuhan jamur lain yang bersifat pathogen, sehingga jamur jenis ini berguna untuk bidang kedokteran, kesehatan dan farmasi.


B. Lichenes (Lumut Kerak)

Lichenes dikenal dengan nama lumut kerak, disebut lumut tetapi sebenarnya termasuk famili Jamur, lumut kerak ini karena bentuknya menyerupai kerak yang menempel di pohon-pohon, tebing atau batu-batuan.

Lumut kerak sesungguhnya bukan golongan lumut, tetapi merupakan simbiosis dua macam tumbuhan, yaitu :
1. Golongan algae, dari Cyanophyta dan Chlorophyta.
2. Golongan jamur dari Ascomycotina dan Basidiomycotina

Jamur pada lichenes berfungsi mengokohkan tubuh pada tempat tubuh dan menghisap air atau zat-zat makanan, sedangkan alganya berfungsi melakukan fotosintesis.
Contohnya:
a. Usnea dasypoga Jenis ini seperti untuk bahan obat/jamu
b. Usnea misaminensis, Jenis ini seperti untuk bahan obat/jamu
c. Rosella tictoria, jenis ini seperti bahan lakmus.

Demikian tentang jenis-jenis jamur dan manfaat jamur ini, semoga bermanfaat. terimakasih

CARA DAN MEKANISME PENGGUNAAN KARTU KREDIT

Warga Belajar dan siswa sekalian, dalam pelajaran ekonomi kemaren yang membahasa tentang perbankkan kita menyinggung masalah penggunaan kartu kredit. Ada pertanyaan dari salah satu rekan kalian tetang bagaimana sih cara penggunaan kartu kredit tersebut. Nah berikut ini akan kita ulas secara ringkas tentang bagaimana cara dan mekanisme penggunaan kartu kredit tersebut.

Pada Kartu kredit, nasabah Bank pengguna fasilitas kartu kredit diberikan pagu (limit-batas kredit) yang besarnya berdasarkan atas penilaian bank. Limit tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di berbgai macam merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit secara bebas tanpa nasabah harus membayar saat itu juga. Semua transaksi yang terjadi akan ditalangi oleh bank. Setiap bulan, seluruh transaksi dilakukan pemegang kartu akan ditagihkan kepada nasabah. Nasabah dapat membayar tagihan tersebut secara penuh ataupun sebagian dari jumlah tagihan itu. Jika pembayaran penuh, maka nasabah tidak anak dikenakan bunga. Sementara apabila tagihan dibayarkan tidak penuh, maka nasabah akan dikenakan bunga sesuai dengan ketentuan bank. Setiap bulannya, seluruh transaksi menggunakan kartu kredit yang dilakukan nasabah akan ditagihkan sesuai dengan jumlah penggunaan kartu kredit. Nasabah dapat  membayar tagihan tersebut secara penuh ataupun sebagian. Jika pembayaran penuh, maka nasabah tidak akan dikenakan bunga. Sementara apabila tagihan dibayarkan tidak penuh, maka nasabahakan dikenakan bunga sesuai dengan jumlah jumlah tagihan dan ketentuan bank.

Mekanisme Penggunaan dan cara kerja Kartu Kredit
  1. Nasabah terlebih dahulu memiliki kartu kredit yang telah disetujui bank pemberi fasilitas kartu kredit.
  2. Bank Nasabah pemegang kartu kredit melakukan transaksi dengan kartu kredit lalu Bank membayarkan sesuai dengan jumlah transaksi tersebut ke Toko/Mall/atau Merchant tersebut.
  3. Bank menentukan jumlah tagihan sesuai transaksi, lalu mengirim tagihan transaksi kepada Nasabah setiap bulannya. Nanti dalam pembayaran nasbah dapat menentukan dua pilihan, dengan membayar penuh seluruh tagihan atau dengan membayar hanya sebagian dan melakukan cicilan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan masing-masing bank pemberi kartu kedit.
  4. Jika nasabah membayar penuh, maka nasabah tidak dibebankan bunga dan kredit limit akan kembali seperti semula. Jika pembayaran sebagian, maka nasabah akan dikenakan bunga berjalan pada tagihan berikutnya  dan kredit limit akan berkurang (kredit limit-sisa hutang).
Karena itu Sebelum menggunakan Kredit ada beberapa istilah dan ketentuan yang diterapkan bank penerbit yang harus kita pahami sebagai nasabah dan pemegang kartu kredit seperti :

Berbagai Biaya – Beberapa penerbit kartu mengenakan biaya tahunan – sejumlah uang yang haris Anda bayarkan untuk mendapatkan atau memperpanjang kartu tiap tahunnya. Beberapa bank juga mengenakan biaya untuk pengajuan aplikasi, keterlambatan pembayaran, penarikan uang di muka, penggunaan yang melampaui batas kredit atau tidak ada penggunaan sama sekali. Bacalah lembaran laporan transaksi untuk mengetahui ketentuan dan persyaratan.

Masa Tenggang – Ini adalah jumlah hari dimana bank memperbolehkan Anda meminjam uang mereka tanpa dikenakan bunga. Masa tenggang bisa bervariasi hingga 25 hari tergantung bank penerbitnya. Masa tenggang ini biasanya berlaku untuk transaksi-transaksi baru, namun hanya ada jika tidak ada sisa tagihan dari bulan sebelumnya. Jika masa tenggang berakhir, jika Anda belum melunasi tagihan anda, bunga akan diperhitungkan mulai dari tanggal pembelanjaan. Namun, beberapa kartu tidak memberlakukan masa tenggang bebas bunga, dan Anda dikenakan bunga mulai dari tanggal pembelanjaan.

Penarikan Uang Tunai – Bank atau institusi penerbit kartu memperlakukan penarikan uang tunai seperti pinjaman, bukan seperti pembelanjaan. Saat Anda menarik uang tunai dengan kartu kredit Anda, maka Anda dikenakan bunga yang kadang disertai masa tenggang dan bunga lebih tinggi. Tanyakan kepada bank penerbit ketentuan tentang biaya-biaya serta bunga yang berlaku.

Perhitungan bunga – Saat Anda menggunakan kartu kredit, bank atau institusi keuangan penerbit kartu sebenarnya memberikan Anda pinjaman sejumlah nilai pembelanjaan Anda. Bank kemudian mengenakan biaya – yang disebut bunga – atas penggunaan uang itu. Kemudian penerbit kartu akan melunasi pembelanjaan Anda dalam tempo beberapa hari setelah transaksi, dan Anda harus mulai mengangsur atau menulasi hutang itu saat tagihan bulanan Anda diterima.

Semua beban bunga bisa dihindari dengan membayarkan tagihan secara penuh sebelum jatuh tempo pembayaran yang sudah ditentukan. Periksalah dengan seksama teks berhuruf kecil yang tertera dalam tagihan, karena sejumlah bank mengenakan biaya untuk taguihan Rp. 0 atau tidak memiliki masa tenggang.

Bagaimana Mekanisme Bunga tagian kartu kredit

Bunga tagian kartu kredit ditentukan tiap tahun, tapi diperhitungkan tiap bulan. Beberapa kasus bunga kartu kredit dari bank tertentu dapat dihitungkan per hari namun ditagihkan per bulan.

Sebagai contoh, misalnya saja suku bunga tahunan kartu Anda 18%, jika total pembelian Anda adalah Rp. 100.000 termasuk pajak maka Anda harus membayar tambahan bunga Rp. 18.000 jika Anda memutuskan untuk menyicil tagihan Anda sepanjang 1 tahun dan Anda tidak melakukan transaksi-transaksi baru. Dengan bunga berbunga (bunga majemuk) yang berlaku, maka total bunga yang harus dibayarkan lebih banyak dari suku bunga tahunan.

Untuk memperhitungkan tagihan bunga bulanan Anda, bank menggunakan suku bunga tahunan 18% dan membaginya dengan 12 bulan dalam setahun. Sehingga suku bunga bulanan yang diberlakukan terhadap tagihan rata-rata harian di bulan tersebut adalah 1,5%.

Jumlah tagihan rata-rata harian adalah adalah metode untuk menentukan jumlah hutang anda, yang bisa berfluktuasi dari hari ke hari karena pembayaran atau pembelanjaan. Perhitungan-perhitungan untuk mengetahui nilai tagihan rata-rata harian terdengar sangat rumit, padahal sebenarnya cukup simpel.

Jadi, bank mengakumulasikan total tagihan kartu kredit Anda tiap hari dalam sebulan, dan kemudian dibagi dengan jumlah hari dalam bulan itu. Untuk penjelasan yang lebih rumit tentang bagaimana nilai tagihan rata-rata harian diperhitungkan, kita gunakan contoh kasus berikut.

Misalnya Anda memutuskan untuk membayar tagihan pembelian baju impian sebesar Rp. 100.000 dalam dua kali pembayaran @Rp. 50.000. Dengan suku bunga tahunan 18% dan suku bunga bulanan 1,5%. Rp. 50.000 pertama dibayarkan 3 minggu setelah Anda menerima tagihan, lalu Anda melakukan pembayaran sisanya di akhir bulan.

Maka selama dua bulan penagihan ke depan, Anda akan menerima 2 kali lembar tagihan dan melihat beban-beban biaya yang ditagihkan. dengan perhitungan sebagai berikut:

Bunga Tahunan = 18%
Bunga Bulanan = 1.5%

TAGIHAN 1
(Berdasarkan pembelanjaan Rp. 100.000 yang dilakukan di hari pertama siklus penagihan)
Sisa/awal tagihan = Rp. 100.000
Tagihan yang dikenakan biaya = Rp. 0
Biaya keuangan = Rp, 0
Pembayaran yang dilakukan 25 hari dalam siklus itu = Rp. 50.000
Jumlah tagihan akhir = Rp. 50.000

TAGIHAN 2
Sisa/awal tagihan = Rp. 50.000
Tagihan yang akan dikenakan biaya (Rp.100.000 x 25 hari/30 hari) + (Rp. 50.000 x 5 hari/ 30 hari) =
(Rp. 83.333 + Rp. 8.333 = Rp. 91.666 atau Rp. 92.000 (pembulatan)
Biaya keuangan
(1,5% bunga bulanan dikalikan total tagihan yang dikenakan biaya Rp. 92.000 = Rp. 1.380) = Rp. 1.380

Tagihan Akhir
(Rp. 50.000 + Rp. 1.380 = Rp. 51,380) = Rp. 51.380

Cara membacanya begini, Anda memiliki tagihan Rp. 100.000 dan pembayaran Anda sebesar Rp. 50.000 telah diperhitungkan dalam penagihan ini. Dana tersebut akan tiba 25 hari dari siklus kartu kredit Anda. Anda tidak perlu dibebani biaya tambahan dan saat lembar tagihan bulan berikutnya tiba.

Di lembar penagihan kedua, Anda melihat ada sisa tagihan sebesar Rp. 50.000, beban bunga Rp. 1.380, tagihan yang dikenakan biaya adalah Rp. 92.000, dan nilai tagihan akhir sebesar Rp. 51.380.

Bagaimana bank bisa mendapatkan angka Rp. 1.380 sebagai bunga?

Jadi, karena Anda tidak membayar lunas tagihan Rp. 100.000 Anda, maka bunganya diperhitungkan mulai dari tanggal pembelanjaan menggunakan metode tagihan rata-rata harian.

Dalam menghitung tagihan rata-rata harian, bank melihat berapa jumlah hari Anda memiliki sisa tagihannya. Karena pembayaran pertama Anda sebesar Rp. 50.000 diterima dalam siklus kartu kredit 25 hari, maka Anda memiliki tagihan Rp. 100.000 selama 25 hari (Rp. 100.000 x 25 hari dibagi 30 hari dalam sebulan = Rp. 83.333, nilai tagihan rata-rata harian untuk 25 hari).

Setelah pembayaran pertama Anda diterima, Anda akan memiliki sisa tagihan Rp. 50.000 selama sisa lima hari dalam bulan itu (Rp. 50.000 x 5 hari dibagi 30 hari dalam sebulan = Rp. 8.333, nilai tagihan rata-rata harian selama 5 hari).

Jika Anda menambahkan kedua jumlah tagihan rata-rata harian, Anda akan mendapatkan nilai tagihan yang dikenakan beban biaya sebesar Rp. 92.000. Maka, 1,5% (bunga bulanan) dari Rp. 92.000 adalah Rp. 1.380 – biaya bunga yang ditagihkan pada Anda.

5. Berapa kemampuan Anda – Gunakan rumus "20-10" untuk memahami berapa jumlah hutang yang mampu Anda bayar. 20 merujuk pada: jangan pernah meminjang lebih dari 20 persen pendapatan bersih tahunan Anda. (tidak termasuk KPR). 10 merujuk pada: pembayaran bulanan tidak boleh melebihi 10 persen pendapatan bersih bulanan.

Apa keuntungan Bank pemberi kartu kredit ?

Bagi bank pemberi fasilitas kartu kredit ada beberapa keuntungan yang didapatkan yaitu :
  • Keuntungan yang diproleh dari bunga kredit yang dibebankan kepada nasabah
  • Keuntungan iuran tahunan dan pendapatan dari berbagai kerjasama dengan merchant dan retailer produk barang atau jasa.   
  • Keuntungan domain dari kartu kredit yang diterbitkannya untuk nasabah.
Demikianlah warga belajar dan siswa sekalian tentang bagaimana cara dan mekanisme penggunaan kartu kredit, semoga bermanfaat buat kalian yang ingin membuat dan menggunakan kartu kredit baru. terimakasih.

Sumber:
https://www.practicalmoneyskills.co.id/
http://cosmopolitanfm.com/2015/01/05/cara-cerdas-menggunakan-kartu-kredit/
http://mykartukredit.com/sistem-kerja-kartu-kredit/
https://www.futuready.com/artikel/keuangan/Cara-Bijak-Menggunakan-Kartu-Kredit

Gambar : Google

KOTAK PENCARIAN