Home » , , , » MENGENAL AGAMA WAHYU YANG ADA DI DUNIA INI

MENGENAL AGAMA WAHYU YANG ADA DI DUNIA INI

Visiuniversal---Agama wahyu atau disebut juga agama samawi, agama langit adalah agama yang menghendaki iman kepada Tuhan, kepada para rasul-rasul-Nya, dan kepada kitab-kitab-Nya serta pesannya untuk disebarkan kepada segenap umat manusia. Beberapa pendapat menyimpulkan bahwa suatu agama disebut agama Samawi jika sedikitnya mempunyai tiga hal, yaitu; mempunyai definisi Tuhan yang jelas; mempunyai penyampai risalah (Nabi dan Rasul); dan mempunyai kumpulan wahyu dari Tuhan yang diwujudkan dalam Kitab suci.

Berdasarkan hal tersebut, agama wahyu memiliki keteraturan tindakan dalam melaksanakan keyakinannya dan keteraturan dalam berhubungan dengan sesama makhluk, yang didasari oleh hal-hal berikut;

  1. Agama adalah satu sistem credo (tata keimanan atau tata keyakinan) atas adanya sesuatu yang mutlak di luar manusia.
  2. Disamping itu agama juga sebagai sistem ritus (tata peribadatan) manusia kepada yang dianggap Yang Mutlak itu.
  3. Disamping merupakan satu sistem credo dan sistema ritus, maka agama juga adalah satu sistem norm a (tata kaidah) yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam dan mahluk lainnya, sesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan.
Agama wahyu memiliki ciri-ciri yang dapat dibedakan dengan agama bumi, yaitu sebagai berikut :
  1. Agama wahyu berpokok pada konsep ke-Esa-an Tuhan (monotheis).
  2. Agama wahyu beriman kepada Nabi. Disampaikan oleh Rasul sebagai utusan Yang Maha Kuasa.
  3. Bagi agama wahyu maka sumber utama tuntutan dan ukuran bagi baik dan buruk adalah kitab suci yang diwujudkan. Kitab suci dibawa dan disebarkan kepada umat berdasarkan Wahyu Allah.
  4. Semua agama wahyu lahir di Asia Barat daya.
  5. Agama Wahyu timbul di wilayah yang berdasarkan sejarah berada di bawah pengaruh ras semitik, kemudian berhasil menyebar ke luar wilayah pengaruh semitik.
  6. Sesuai dengan ajaran agama wahyu dan historisnya maka agama wahyu adalah agama misionary.
  7. Ajaran agama wahyu tegas dan jelas. Tidak berubah dengan adanya perubahan masyarakat penganutnya, bahkan sebaliknya bahwa masyarakat dapat saja berubah tetapi agama tidak mengalami perubahan.
  8. Ajaran agama wahyu memberikan arah dan jalan yang lengkap kepada para pemeluknya, yang berpegang pada aspek duniawi maupun aspek spritual dan kehidupan ini
  9. Kebenaran ajaran dasarnya tahan uji terhadap kritik menurut akal manusia
  10. Sistem merasa dan berfikir tidak sama dengan sistem merasa dan berfikir masyarakat penganutnya.

Agama-agama Besar Samawi

Di dunia ini agama-agama besar yang dianggap sebagai agama samawi diantaranya adalah agama Yahudi, Nasrani, dan Islam. Berikut penjelasan dari masing-masing agama tersebut;

1. Yahudi
Yahudi ialah sebuah istilah yang dapat merujuk tidak hanya kepada sebuah agama melainkan juga kepada suku bangsa. Agama Yahudi ialah kombinasi antara agama dan suku bangsa. Kepercayaan semata-mata dalam agama Yahudi tidak menjadikan seseorang menjadi Yahudi. Di samping itu, dengan tidak memegang kepada prinsip-prinsip agama Yahudi tidak menjadikan seorang Yahudi kehilangan status Yahudinya. Tetapi, definisi Yahudi undang-undang kerajaan Israel tidak termasuk Yahudi yang memeluk agama yang lain.

2. Kristen

Agama Kristen (atau juga Kekeristenan) adalah sebuah kepercayaan yang bedasar pada ajaran Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja  dan kitab suci mereka adalah Alkitab.

Kekristenan adalah monotheisme, yang percaya akan tiga pribadi Tuhan atau Tritunggal. Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah juru selamatnya, dan memegang teguh setiap ajaran yang disampaikan Yesus Kristus.

Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebaga Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.

3. Islam

Islam dalam bahasa Arab, Al-Islam: "berserah diri kepada Tuhan" adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah SWT. Agama Islam termasuk agama samawi (agama yang dipercaya oleh para pengikutnya diturunkan dari langit) dan termasuk dalam golongan agama Ibrahim. Dengan lebih dari satu seperempat milyar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Perbandingan Agama Wahyu dengan Agama Bumi

Berikut ini adalah perbedaan antara agama-agama wahyu dengan agama-agama bukan wahyu (bumi) menurut Almasdoosi, yaitu yang terlihat dalam tabel sebagai berikut;


Tabel Perbandingan Karakteristik Agama Wahyu dan Agama Bumi

Demikian tentang agama-agama wahyu yang ada di dunia ini, untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang agama-agama yang ada di dunia ini. semoga bermanfaat terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel